Pembatasan Ruang Gerak Pemobil di Ibukota


Setelah diberlakukan pengurangan ruang gerak sepeda motor di beberapa ruas jalan protokol DKI Jakarta. Meski baru uji coba, saya berharap banyak, bahwa hal ini akan berjalan dengan baik. Tentu saja pro dan kontra selalu beriringan dalam tiap pemberlakuan aturan. Bahkan hukum agama yang haq saja masih diperdebatkan, apa lagi hukum bikinan manusia.

image

Kemarin ada notifikasi/pemberitahuan di email dari twitter seperti gambar captur di atas. Memang, untuk hal-hal yang menjadi trending topik dan menyangkut beberapa follower atau akun yang kita  follow, biasanya twitter mengirim notif ke membernya.
Terkait aturan pemberlakuan pembatasan ruang gerak sepeda motor di Ibukota, saya harap twitt yang nampaknya dari Pak Gubernur Basuki ‘Ahok’ Tjahya Purnama ini merupakan percepatan pemberlakuan aturan sama buat mobil pribadi.
Saya berharap, penasaran, buka email dan telusuri.

image

“Ahok_BasukiTP tweeted: “Aturan Baru Berlaku, Ahok Imbau Warga DKI Hati-Hati Beli Mobil”
Makin penasaran, Scroll ke bawah

image

Ternyata memuat link sebuah situs. Saya klik link yang dimuat, ternyata saya salah sangka. Aturan baru yang dimuat berita dari link tersebut, sekedar aturan baru kepemilikan mobil baru oleh warga DKI. Yaitu akan disesuaikan dengan Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Bahwa untuk memiliki mobil baru, seorang warga DKI harus benar-benar layak secara finansial sesuai NPWP yang dimiliki serta disesuaikan dengan KTP, sehingga tidak ada pemanfaatan nama seseorang (saudara, tetangga dan sebagainya) untuk memiliki kendaraan. Hal ini bertujuan mengurangi jumlah mobil di DKI yang semakin padat.

Aturan selalu memiliki kelemahan, apalagi terkait administrasi. Mudah diakalin. Sedangkan kendaraan di DKI bukanlah semata milik warga DKI, tapi banyak dari warga satelit Ibukota (Jabodetabekkar). Berbeda jika pemberlakuan pembatasan ruang gerak mobil pribadi, otomatis ini akan signifikan mengurangi kemacetan. Hanya kendaraan umum yang boleh melintas.

Barangkali ada yang mau buat petisi PERCEPATAN PEMBERLAKUAN PEMBATASAN RUANG GERAK MOBIL PRIBADI DI DKI JAKARTA. Silahkan siapkan data pendukungnya terlebih dahulu. Saya siap login dan teken.(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di opini dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Pembatasan Ruang Gerak Pemobil di Ibukota

  1. Dirimu wong jakarta,mbanyumas opo karawang om?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s