Juging dan Teman-Temannya


Pembaca pernah membuat lubang di tanah? Untuk menanam pohon, tempat sampah organik atau mengubur binatang mati barangkali. Atau menggali umbi-umbian dan sebagainya. Alat apa yang anda gunakan? Cangkul, linggis atau sekop pasir?
Di Banyumas, lubang yang dibuat di tanah untuk tempat sampah  atau hal lain disebut jugangan. Kalo lubang kecil tidak perlu alat khusus, cukup menggunakan juging.
Juging adalah kayu/ranting/bambu yang ditajamkan salah satu  ujungnya dan berfungsisebagai pembuat lubang. Bisa disebut linggis sederhana. Juging tidak harus ditajamkan menggunakan pisau atau semacamnya, selama salah satu ujungnya bisa digunakan membuat lubang di tanah maka disebut juging.
Berbeda dengan kayu atau besi pembuat lubang yang akan ditanam biji jagung atau biji-bijian lain, mirip juging tapi bagian tajam cenderung rapi tirus membulat, panjang bisa lebih dari satu meter dan besar, seperti alu penunbuk lesung, yang ini namanya ceblok.
Ada lagi alat semisal ceblok, besar hampir sama tapi pendek, kurang dari satu meter dan bagian yang runcing cenderung pipih, bisa dari kayu (umumnya pakai glugu) atau besi dan digunakan untuk mengupas kulit kelapa (kelapa tua), alat ini disebut slumbat. Penggunaan slumbat berbeda dengan juging dan ceblok. Kalo juging dan ceblok dipegang, bagian tajam di bawah, sedangkan slumbat bagian tajam/runcing di atas, sedang bawah biasanya pakai kedudukan balok kayu sebagai kaki slumbat. Jadi penggunaan slumbat tidak dipegang, tangan memegang kelapa, kulit kelapa diarahkan ke mata slumbat sampai tertancap, lalu kelapa ditekan ke samping bawah sampai kulit terkelupas, dilakukan kontinyu, sampai habis atau disisakan sedikit kulitnya (seperti rambut mohawk) sebagai pegangan kelapa.
Orang yang sudah terampil kadang menggunakan slumbat sederhana tanpa kaki, jadi kaki dia sendiri digunakan sebagai penyangga slumbat.
Oh iya glugu adalah pohon kelapa tua yang sudah ditebang, pohon kelapa yang belum ditebang jarang disebut glugu, tapi tetap disebut wit klapa atau wit krambil alias pohon kelapa.
Ceblok dan slumbat bisa bertukar beralih fungsi, termasuk sebagai juging, tapi juging tidak bisa menggantikan ceblok dan slumbat.
Lantas bambu runcing yang ikut andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia termasuk apa ya?(tri)

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di banyumasan. Tandai permalink.

9 Balasan ke Juging dan Teman-Temannya

  1. ahmadfaisolat berkata:

    panja, nggo manja 😀

  2. Aa Ikhwan berkata:

    nambah kosakata..semoga gak lupa 😀

  3. adityaprad berkata:

    Gawe jugangan go ngapa lik

  4. Ping balik: Manja, bukan karena Kolokan | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s