WordPress Tidak Galak


Beberapa bulan belakangan, banyak komentar tidak jelas yang masuk ke kolom komentar di postingan lawas. Setelah saya teliti komentar berbahasa Inggris tersebut tidak “nyambung” dengan tulisan pada postingan. Sebagian besar mencantumkan situs pada nicknamenya.

klik biar jelas
klik biar jelas

Mereka komentar berurut hampir dalam setiap tulisan, setelah cek dan ricek saya memutuskan untuk membuang komentar-komentar tersebut alias menghapusnya. Ratusan komentar ini terpaksa saya bumihanguskan, karena mencantumkan komentar dan link yang tidak berkaitan dengan postingan, serta dengan nickname yang mencurigakan. Saya takutkan akan berakibat hukuman dari wordpress, misalnya kena suspend atau semacamnya.

Biasanya komentar macam ini nyangkut di spam, entah mengapa belakangan ini bisa lolos, saya yang jarang buka dashboard dan ngutak-atik blog sekarang jadi rajin sekedar mengusir hama komentar ini. Sekalian mengosongkan spam yang sudah menumpuk, selanjutnya komentar inggris-inggrisan langsung saya spamkan. Saya tidak telaten memfilter.

ada yang paham ? Wassalamu’alaikum

 

9 respons untuk ‘WordPress Tidak Galak

Tinggalkan komentar