Sepeda Motor Satu Tangan


Sebuah keanehan menurutku melihat kondisi sebuah motor Yamah Vega R dengan adanya handle/hendel di stang sebelah kiri, layaknya handle kopeling pada motor kopling manual, setahuku Vega itu kopling otomatis. Mungkinkah rem kaki (rem belakang) di pindah ke setang ? Karena rem depan jelas masih ada handle di setang kanan. Hmmm… jadi sedikit mikir.

Usut-usut ternyata handle kiri adalah handle gas, lho kok pakai handle rem tangan, kenapa mesti dirubah demikian. Kawanku bercerita mengenai kondisi Bapaknya, bahwa bapaknya hanya memiliki satu tangan, dan yang ada adalah tangan kiri, merubah/modifikasi handle gas yang tadinya di grip setang kanan memakai handle rem di setang kiri, agar lebih mudah mengoperasikan motor dengan satu tangan, alias dari 5 jari tangan kiri, cukup satu jari untuk menarik handle gas, misalnya telunjuk, sedang sisanya tetap erat memegang grip setang.

Yah semenjak mengalami kecelakaan di pabrik tempatnya bekeja, sang bapak harus keluar dari pabrik tersebut, karena kecelakaan yang terjadi memaksa tangan kanannya diamputasi. Meskipun demikian, sang bapak tak pernah menyerah begitu saja, di rumahnya dia buka bengekel motor kecil-kecilan, meskipun kadang motor gede yang ditangani.

Seorang pekerja keras, itu pasti, pancaran kerja keras tercermin dari anaknya juga yang cuma lulus SMP, menjadi OB dan nyambi kerja pengumpul barang sisa alat produksi di suatu industri untuk direkondisi dan dijual kembali. Semua dilakukan untuk biaya adiknya 2 orang. 1 masih kecil, sedang adiknya persis masih sekolah  dan berharap segera lulus sekolah menengah atas. Sekarang si anak sudah lulus ikut kejar paket C dan masih bekerja, beberapa kali aku lihat dia berganti motor harian, terakhir memakai Satria FU….

Yah mungkin semangat bapaknya yang mobilitas mengendarai motor, mengerjakan pekerjaan rumah memakai satu tangan, menjadi inspirasi bagi si anak, bahwa rezeki  itu harus dijemput dengan giat dan lewat jalan manapun yang penting halal.

Yah mengendarai motor satu tangan karena memang memiliki tangan satu, kiri lagi padahal aselinya tidak kidal. Akupun kadang mengendarai satu tangan, karena semutan kupukul-pukulin tangan kanan dan kiri bergantian ke badan/kaki agar semutan cepat hilang, kadang malah lepas tangan saat ingin mengetes komb steer, sepertinya oblak, roda depan soalnya geal-geol (bergetar). Yah satu tangan, atau tangan satu, apakah pembaca pernah berkendara dengan satu tangan ? Wassalamu’alaikum.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle, safety ride, sosial dan tag , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Sepeda Motor Satu Tangan

  1. compumoto berkata:

    jaman SMU dulu tahun 94 udah ada astrea grand bapaknya temenku. rem kiri & gas kiri.

  2. pecundangtangguh berkata:

    pernah dahulu kala..weks..kayak udah tua aja ..yah kira2 taon 2001

    nulungin orang kesrempet mobil ditengah hutan (mobilnya kabur)
    ane berdua ama teman naek ‘thole” GL PRO pertama ku perjalanan ke PACITAN
    pas dihutan wonogiri ngeliat tangan goyang2 kirain hantu ternyata ada orang dan motornya yg nyungsep di hutan ini KING dengan stang jepit (pas nyungsep stang sebelah kanan patah)
    jadi ane bawa KING dia, dan temen ane mbocengin dia ampe kerumah
    jaraknya WONIGIRI ke LOROK(pacitan) gak tau berapa KM gak ngitung
    well cuman setir pake tangan kiri aja, stang kanan patah jadi cuman buat pegang gas (max kec 50Kpj)
    sampai dengan selamat dirumahnya cuman tuh bocah tangannya patah

  3. MENONE berkata:

    semoga kita sll bersyukur karena udah dianugrahi tangan yg komplit dan normal sob…..

  4. candra pratama berkata:

    saya nau nanya gan, motor matic bisa di ubah ngx gas nya ke kiri ?

  5. lia berkata:

    Kalo motor matic gas nya sblh kiri dengan kondisi tangan ga bisa dipke sblh kanan apa rem harus ganti juga?? Mhon info nya

  6. anas berkata:

    Mas triyanto, kalo boleh tau mas bisa ngga mengganti gas motor matik honda beat thn 2009, dari kanan ke kiri, soalnya saya juga kondisinya hampir sama dengan bapak itu. Terima kasih mohon penjelasannya

  7. ridho berkata:

    Pindah gas motor jdi sblh kiri dan rem dpan bsa gak mas,mhon infony

  8. ridho berkata:

    gas ny tetep d stang kan mas?

  9. kasim berkata:

    ass mas mau tanya, gimna tu cara modifnya gas dari kanan kekiri, kebetulan temen saya juga ingin pindahkan gas ke kiri, karna tangan kanannya tidak berfunsi dengan baik, mohon bantuannya
    trimajasih

    • Kalo bebek bisa pakai tambahan handle rem di setang kiri, tali gas tinggal disangkutin ke handle tsb. Bisa juga mindahin grip gas kanan ke kiri tentu sekalian panelnya.
      Kalo masih bingung, bawa bengkel motor terdekat, pasti paham

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s