Fenomena Mistis Masyarakat Indonesia, Yang Aneh Jadi Obat dan Jimat


Gambar di atas memang terlihat aneh dan tidak sewajarnya, tapi apa hal yang tidak wajar terus mampu menjadi obat, bahkan dikeramatkan ?

Juga hal aneh lain dari ketidakwajaran tumbuhan atau benda lain yang muncul ditengah masyarakat Indonesia yang mudah mempercayai hal tahayul dan kurafat, dan yang terbaru adalah Melon dengan kalimat tauhid

Aneh ?

Kabarnya melon ini ditawar sejuta aja ga dikasih sama yang jualan, karena melon ini keramat, padahal kalo pakai logika, ada kemungkinan melon ini diukir waktu masih kecil atau muda, hal ini pernah aku lakukan pada buah Waluh atau labu kuning (mirip blewah tapi beukuran besar) yang dicorat-coret waktu kecil maka saat besar akan semakin jelas…

Entahlah, apakah tulisan di buah melon itu benar aseli muncul dengan sendirinya atau seperti dugaanku, Wallohua’lam, tapi apapun alasannya tak seharusnya hal aneh apapun terus menjadi rujukan obat dan penglaris serta dikeramatkan… Karena hal tersebut jelas mengarah kepada perbuatan Syirik..

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (An Nisa : 48)

Kalopun yang diyakini masyarakat yang berobat atau untuk hal lain menemui kesembuhan atau tercapai apa yang diharapkan, tak lebih dari kebetulan dan atas kehendak Alloh SWT, atau bisa jadi iblis bermain di dalamnya, menyembuhkan sementara untuk menyesatkan selanjutnya…. Wallohua’lam

Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al An’am : 82)

Semoga bermanfaat ………. Wassalam…

ilustrasi dr sini

Disinilah biasanya setan berperan yang secara teknis bisa dirasionalisasikan.
secara tehnis biasanya barang yang aneh bisa membuat akal pikiran seseorang ngebleng dan kalah oleh yang aneh tersebut. Dalam kondisi ini yang aneh tersebut menjadi sugesti untuk orang tersebut sebagai apa saja, baik obat, ajimat, pesugihanm dll. dalam kondisi inilah muncul sayton mengambil peran memuluskan jalan mereka yang terkena sugesti sehingga orang akan terjerumus pada kemusyrikan apabila tak hati2

 

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh, Ngaji dan tag , , , , , . Tandai permalink.

30 Balasan ke Fenomena Mistis Masyarakat Indonesia, Yang Aneh Jadi Obat dan Jimat

  1. Assalamualaikum. .
    Pertamax ndulu. .
    . .Ojo lali mbacane. .

  2. shumy27 berkata:

    rolupatmanemtulungono…..eh…luh…..

  3. agungsevi berkata:

    wah ini… rumah saya masih sangat kental mas bro..

  4. pakbambangnunggangjaran berkata:

    apik apik apik

  5. Gus Pur berkata:

    bener banget itu bro….

  6. Gus Pur berkata:

    hanya percayalah pada Allah semata

  7. Gus Pur berkata:

    semoga kita selalu terjaga dari perbuatan syirik

  8. Darmawan berkata:

    Fenomena yang dibuat buat, yang aneh makin laris wah…

  9. varioputiih berkata:

    hlah, jangan salah lo.
    fenomena kayak gitu bisa mendatangkan berkah. buat tukang parkir, tukang obat, pedangan mainan ato pedagang mijon.

  10. @Gorengan : Wa’alaikum salam
    @Syumi : belajar beritung lg sono !
    @sama dikampungku jg, kikis pelan-pelan
    @Vixi : salah satunya itu
    @Pak Bambang : kesuwun
    @Roso : tambaih 4 maning jempole Aura
    @Den Gus Pur : Semoga. Amin
    @ Pak Dar : betul, padahal ga jualan tp makin laku tuh

  11. ysalma berkata:

    Semoga kita terlindung dari perbuatan yang menyetukan-Nya tanpa kita menyadarinya..

  12. girifumi berkata:

    kalo melon sepertinya diukir.
    dulu,pernah iseng pada tanaman.eh..heboh sekampung,hahahaha…
    gak lagi2 ah…

  13. @Mba Ysa : smoga. Amin
    @Mas Giri : sependapat, brarti kemungkinan melon diukir adalah benar adanya. Makasih telah memperkuat

  14. Bonsai Biker berkata:

    Disinilah biasanya setan berperan yang secara teknis bisa dirasionalisasikan.
    secara tehnis biasanya barang yang aneh bisa membuat akal pikiran seseorang ngebleng dan kalah oleh yang aneh tersebut. Dalam kondisi ini yang aneh tersebut menjadi sugesti untuk orang tersebut sebagai apa saja, baik obat, ajimat, pesugihanm dll. dalam kondisi inilah muncul sayton mengambil peran memuluskan jalan mereka yang terkena sugesti sehingga orang akan terjerumus pada kemusyrikan apabila tak hati2

  15. extraordinaryperson berkata:

    hihihi……tapi bnyk orang asal percaya aja tuh gambar2 gituan….asal mirip lafad ( bener gak?) langsung jadi heboh….padahal gk ada mirip miripnya hehe

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  16. aditninjamaniac berkata:

    mau berbagi ilmu ahh..gpp ya mas?

    ini dari sudut pandang mahasiswa pertanian, gambar pisang diatas itu memang mungkin terjadi hal seperti itu. Entah apa namanya aku lupa, yg jelas setiap tanaman pasti suatu waktu mungkin mengalami hal seperti itu. Hal itu bisa terjadi karena adanya metabolisme pada tanaman yg berlebihan. itu juga bisa disebabkan karena tanaman memang sedang berada pada kondisi yg sangat produktif, maka terjadilah hal itu..CMIIW 😀

    maaf kepanjangan mas

    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/04/replace-disc-brake-si-ijo/

  17. aditninjamaniac berkata:

    nambahin lagi..

    orang2 kaya ga tau aja ya..apapun yg menjadi kehendak Allah SWT. pasti akan terjadi..mau yg masuk akal ataupun diluar logika manusia juga pasti bisa terjadi selama Allah berkehendak..Namun disamping itu, bacalah Al-Qur’an. Pasti ada ilmu yg menjelaskan peristiwa tersebut apabila dikaji lebih dalam lagi.. CMIIW

  18. @Pak Bons : Bahasanya lebih dapat di mengerti, aku tambahkan ke tulisan. makasih
    @Ekstra : Ya begitulah bro
    @Adit : terimakasih tambahan penjelasannya

  19. Gus Pur berkata:

    berkunjung lagi moga tidak bosen

  20. @Rewian : semua, trmasuk pemerintahannya jg penuh misteri
    @Gus : enggak lah…

  21. Bonsai Biker berkata:

    Kang Jamin
    monggo saja

  22. Postingan yang mencerahkan Mas,,, 🙂

    Salam semangat selalu

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s