Fenomena Mistis Masyarakat indonesia (Analog Gangguan Iblis)


Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu [*] dan dikeluarkan dari keadaan semula [**] dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan.” (Al Baqarah : 36)
[*] Adam dan Hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. Yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah Iblis yang disebut dalam ayat 34 surat Al Baqarah di atas.
[**] Maksud keadaan semula ialah keni’matan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang Fenomena Mistis Masyarakat indonesia dimana pada Bagian 2 saya mengatakan kan mencoba menceritakan analogi terhadap godaan atau gangguan iblis laknatulloh’alaih..

Analogi yang saya maksud adalah berkenaan dengan kekuatan seseorang yang diluar logika kita di zaman moderen ini, kemampuan seseorang yang mampu melihat bahkan berkomunikasi dengan mahluk halus, atau orang yang mempercayai kekuatan tertentu yang menguasai suatu wilayah atau benda, nah jika kita menemui atau berteman dengan orang seperti ini janganlah sekonyong-konyong menyalahkan dan mengatakan bahwa dia telah ditipu ojeh iblis.

Karena hal itu bisa jadi bumerang bagi kita sendiri, apalagi orang tersebut memiliki pendirian yang kuat dan bahkan mungkin bisa membuktikan apa yang diyakininya itu. Karena iblis sekali lagi luar biasa licik dan jeli melihat segala peluang untuk menancapkan pemahaman yang mengarah agar manusia lupa akan Kemaha Kuasaan Alloh.

Kita boleh menolak keyakinan tersebut, tapi harus memakai adab sopan santun, karena penolakan yang frontal bisa mengakibatkan kemarahan pribadi orang tersebut juga kemarahan iblis yang menjadi bekingnya. Hal ini bisa di analogikan begini :

Jika seorang suami yang digoda oleh seorang wanita nakal, ada tiga kemungkinan jawaban yang akan terlontar, yaitu

  1. mungkin dia akan memenuhi ajakan tersebut ini berarti dia kemakan tipuan iblis secara mentah-mentah
  2. mungkin dia akan menolak dengan halus, dengan mengatakan bahwa dia sudah beristeri dan tidak mau mengkhianati isterinya.
  3. mungkin dia akan menjawab dengan disertai makian, seperti, …..”dasar wanita sudal, gak tahu malu, tuna susila brengsek”………. dan sebagainya

Dari ketiga jawaban di tas dapat disimpulkan yaitu

  1. Jawaban 1 mengindikasikan seseorang yang dengan mudah percaya dengan tipu daya iblis, dimana dia akan membenarkan apa yang dia lihat, dengar dan alami sebagai suatu hal yang memang bersumber dari Alloh, dan pada akhirnya akan menjadikan hal tersebut sebagai satu acuan dalam bersikap dan bertingkah laku
  2. Jawaban 2 mengindikasikan seseorang yang penuh kehati-hatian dalam menyikapi berbagai kejadian aneh atau hal yang dianggap ghoib, dia tidak mudah tertipu oleh segala tipu daya iblis karena senantiasa menyandarkan keputusan pada sumber yang shohih yaitu Alloh SWT
  3. Jawaban 3 mengindikasikan seseorang yang frontal dan apa adanya, ketidak hati-hatian ini akan menyebabkan kemarahan iblis dimana di atas digambarkan sebagai wanita nakal, jika wanita tersebut mendapat jawaban dan makian yang menyakiti, si wanita akan marah dan dendam, bisa saja wanita tersebut akan menyebarkan fitnah dengan mendatangi isteri si laki-laki dan mengadu bahwa suaminya berselingkuh dengannya. Nah hal ini mungkin juga akan dilakukan oleh iblis dengan mempengaruhi orang disekitar kita yang pasti akan merepotkan kita…

Nah dari analogi ini mungkin sedikit membantu menggambarkan hal yang kadang kita bingung menganalisanya. Mohon maaf, pendapat ini adalah murni pendapat pribadi berdasarkan temuan-temuan dalam pergaulan sehari-hari, jika tidak berkenan atau ada yang kurang pas, silahkan klarifikasi di kolom komentar.

Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi di antara mereka dengan ajakanmu, dan kerahkanlah terhadap mereka pasukan berkuda dan pasukanmu yang berjalan kaki dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak dan beri janjilah mereka. Dan tidak ada yang dijanjikan oleh syaitan kepada mereka melainkan tipuan belaka [*]. (Al Isra : 64)
[*] Maksud ayat ini ialah Allah memberi kesempatan kepada iblis untuk menyesatkan manusia dengan segala kemampuan yang ada padanya. Tetapi segala tipu daya syaitan itu tidak akan mampu menghadapi orang-orang yang benar-benar beriman.

Terimakasih

Semoga bermanfaat……. Wassalam……

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh dan tag , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Fenomena Mistis Masyarakat indonesia (Analog Gangguan Iblis)

  1. selamat siang kk šŸ™‚
    salam kenal šŸ™‚
    btw kita tukeran link yuk.
    ditunggu kabar baiknya ya šŸ™‚

  2. darmareja berkata:

    Bagus banget sanngat bermamfaat terimakasih n salam kenal…

  3. ridertua berkata:

    waaaaaaaaaa serial………..mantaf

  4. ridertua berkata:

    tips menghadapi mahkluk halus… bilang “pahit..pahit..pahitttttt ” pasti semua setan takut…. aplagi bilang “pedas..pedassss”

  5. ysalma berkata:

    mudahan hanya bertemu dengan makhluk bernama manusia aja šŸ™‚

  6. @Kaskus : oks, makasih
    @Darma : salam juga
    @Pak Tua : “paitttttttttt , pedezzzzzzzzzz”
    @Mba Ysa : Amin

  7. Bonsai Biker berkata:

    Jadilah anda orang yang ketika gondoruwo menakuti anda malah dia takut anda menakuti dia
    Jadilah anda orang yang ketika setan menggoda anda untuk diajak ke neraka malah dia takut pada anda karena anda genti mengajak ke surga
    Jadilah anda orang yang ketika syaitan masuk ke alam kita untuk menggoda malah takut karena kita bisa mengejarnya sampek alam mereka
    Jailah anda orang yang ketika ada syetan mau merasuki tubuh kita sehingga kesurupan malah justru setan takut karena justru kita yang bisa merasuki jiwa mereka untuk diajak beribadah pada Allah

  8. @Pak Mukhsin : mantep Pak, blajar lg.
    @pak Tua : manizzz!..
    @dolan : awas dibelakangmu

  9. Anugrha13 berkata:

    subhanallah šŸ™‚ jadi tahu sekarang šŸ™‚
    terimaksih infonya

    anugrha13 recently posted : http://anugrha13.wordpress.com/2011/01/31/abbreviated-english-internet-slang/

  10. Tonnie berkata:

    Janganlah km Mencari Tuhan,tapi carilah setan, setan yg ada di hatimu,kemudian kuasai dia (jgn Lp kuasai dirimu sndiri), maka senantiasa kau akan dekat dgn Tuhanmu.. Cmiiw..

  11. Ping balik: Apakah Sebenarnya Jin itu ? (4) | Imtaq Online

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s