Ganti Oli Mesin Hayate Cukup 0,8Liter


Kapan biasanya Anda mengganti oli mesin sepeda motor? Berdasarkan jarak tempuh atau waktu pemakaian? 

Ada dua acuan dalam mengganti oli mesin kendaraan, yaitu berdasarkan pada jarak temouh, jika pemakaian rutin dan berdasar waktu, umur oli, jika pemakaian tidak rutin. Artinya, jika anda memakai rutin, oli akan sirkulasi melumasi mesin kendaraan, hal ini berakibat oli lebih cepat mengalami perubahan karena gesekan pada mesin dan terpapar panas. Berdasar umur oli, karena meski kendaraan tidak dipakai, oli tetap memiliki umur kadaluwarsa, semakin lama oli mengalami perubahan partikel. Cmiiw
Pada Suzuki Hayate, yang lebih sering dipakai jarak pendek, ke pasar, antar jemput anak sekolah dan aktifitas sekitar rumah, saya menerapkan penggantian i mesin berdasar umur pakai. Tapi, karenanya, saya sampai lupa, kapan saya terakhir ganti oli. 

Menghitam pekat, jenuh, ganti pada odometer 5.632,9

Cara-ganti-oli-mesin-hayate-cepat-dan-mudah

Sampai 2 hari kemarin, saya niatnya ganti oli Honda Vario 125 fi lawas, ternyata saya salah ingat oli yang biasa diadopsi si Vario Pasir Putih 2013 itu. Biasanya memakai oli MPx nya Honda matik, saya ingatnya Pertamina Enduro matik. Padahal oli plat merah tersebut biasa saya aplikasi ke Hayate dan SkyDrive. Akhirnya, Hayate lah yang minum lebih dulu.
Mungkin saking lamanya, oli nampak hitam pekat dan kental, bahkan takaran juga tidak maksimal, mungkin karena penguapan oleh panas mesin. Saya coba cari history kapan terakhir ganti oli Hayate, tapi tidak ketemu. Penggantian i Hayate yang tercatat di blog adalah pada November 2015 silam (klik Ganti Oli Hayate kedua kalinya). Tidak mungkin selama itu, tapi biasanya memang saya catat di blog sebagai pengingat, jika dari November 2015 sampai Agustus 2017, hampir 2 tahun, tidak masuk akal, pasti ada yang tidak tercatat. Entahlah.

Makanya, untuk pengingat, kali ini saya catat, biar bisa ketahuan kapan ganti lagi.

Jangan asal campur oli

Dan saya salah lagi, kapasitas oli mesin Hayate adalah 1 liter, sedang oli pengisian saat ini, niatnya buat Vario, cuma 0,8liter, dan terlanjur diisikan. Yasudah besok beli lagi buat nambah. Sayang, saya masih salah fokus. Salah beli. Seperti gambar di atas, seharusnya Pertama Enduro matic SAE 10-30, ternyata yang saya beli buat nambah adalah oli produk baru, nampaknya begitu, Pertamina syintetic oil, matic-G, dengan SAE 20W-40. 

Karena beda spek, saya batal nambah oli mesin Hayate, jadi, oli mesin Hayate cuma diisi 800mili liter atau 0,8 liter, kurang 200ml atau 0,2 liter. Semoga aman deh.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ganti Oli Mesin Hayate Cukup 0,8Liter

  1. Maskur berkata:

    aku bar ganti oli nggo SW minggu wingi, SGO bae
    sedurunge wulan apa kae lah, 6 wulan yang lalu kayane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s