Jangan Percaya Tulisan di Karung Media Tanam


image

Tulisan pada bungkus sekam bakar Menggiurkan

Media tanam yang dijual pedagang tanaman pinggir jalan maupun yang keliling memakai gerobak, umumnya berisi sekam bakar, seperti yang saya beli. Saya pikir sekam bakar ini sudah memiliki cukup gisi buat tanaman, dalam hal ini cabe. Seperti tertulis pada karung plastik kemasannya, yaitu cocok untuk bermacam tanaman, baik buah maipun sayur.
Sehingga karena pupuk organik habis, saya sempat menanam cabe hanya mengandalkan media tanam sekam bakar ini, sedang pupuk organik menyususl beberapa hari berikutnya setelah saya sempat membeli, saya tabur di atas sekam bakar, dengan harapan, gizi pupuk yang dibutuhkan tanaman akan terserap oleh akar saat saya siram nantinya.

image

Pupuk kompos organik cocok buat media tanam dalam pot

Ternyata hasilnya mengecewakan dibanding menghunakan campuran pupuk organik dengan di mix atau murni pupuk kompos organik

image

Hasil tanaman dengan media tanam yang berbeda

Lihat tanama cabe di atas, yang subur ditanam menggunakan media tanam kompos organik, sedang yang kurus menggunakan sekam bakar. Perbedaannya mencolok.
Jadi jangan percaya begitu saja dengan tulisan pada karung bungkus media tanam, apalagi jika menanam pakai pot. Harus dicampur kompos atau minimal ada campuran tanah. (Tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di flora & fauna dan tag , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Jangan Percaya Tulisan di Karung Media Tanam

  1. ardiantoyugo berkata:

    lombok neng sekam cen ra cocok…

  2. Bikin pupuk sendiri aja mas Tri, klo kompos juga bisa bikin sendiri dari sampah dapur (kulit telor, kupasan bawang, sisa sayuran dll).. Di Indo memang banyak penipunya hehe yg penting dagangan laris manis gak peduli nipu.

  3. k5538gl berkata:

    wah, jangan salahkan bungkusnya Mas. tulisannya sudah betul, cocok untuk segala tanaman. dan itu betul, tidak nipu. cuma kadang orang nggak tau fungsi arang sekam, dikiranya sama kayak pupuk padahal tidak. bahkan bisa dibilang arang sekam itu nutrisinya nggak ada sama sekali. fungsi arang sekam untuk mencegah tanah menjadi padat sehingga tanah tetap “pourus” . jadi saat kita siram air bisa masuk ke area akar, tidak menggenang dipermukaan, dan pertumbuhan akar akan menyebar memenuhi pot

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s