Cara Mengatasi AC Splits Tidak Dingin


image

Cara mengatasi AC atau Air Conditioning type splits yang tidak dingin bisa banyak faktor. Apalagi jika umur ac yang sudah tua dan kurang perawatan.
Tips mengatasi AC yang tidak dingin pada umumnya mengacu pada evaporator yang kotor berdebu dan berkurangnya freon. Mengatasi AC yang kurang dingin ini cenderung dengan mencuci unit indoor dan outdoor dan jika freon berkurang maka ditambah tanpa dicari musabab berkurangnya freon tersebut.
Padahal, ac tidak dingin bisa banyak faktor selain faktor di atas, antara lain : kompressor yang kinerjanya menurun.
Kompressor AC kinerjanya tidak maksimal biasanya karena umur yang sudah uzur, ada endapan di pipa kapiler AC, kapasitor lemah dan sebagainya.

Indikasi menurunya kinerja kompressor ditandai, salah satunya, saat di cek dengan pressur freon analyzer atau manifold gauge (biasa disebut manipol ac), freon meninggi, presure atau tekanan dan amphere listrik juga naik, padahal tidak pernah dilakukan penambahan freon. Misal pada AC Splits 2 PK merk Panasonic. Sewajarnya presure freon pada 60Psi dan amphere pass listrik pada kisaran 8 Amphere. Tapi jika kinerja kompressor menurun karena terlalu lama tidak terawat, adanya penyumbatan oleh endapan di pipa kapiler, akhirnya, tenaga hisap kompressor menurun tapi tenaga semburan tetap baik. Sehingga kompressor hanya mampu mendorong tidak mampu menarik. Padahal fungsi kompressor AC adalah mensirkulasi freon. Artinya memiliki inlet dan outlet. Pada kasus ini fungsi inlet hampir tidak ada. Otomatis pressure naik bisa sampai 120PSi bahkan lebih, amphere listrikpun naik sampai 15 Amphere lebih.

image

Cara mengatasi AC splits tidak dingin pada kasus normal dengan indikasi seperti itu, karena kelebihan freon (pressure dan amphere tinggi) seharusnya  cukup mengurangi (membuang) freon sampai batas semestinya, otomatis amphere akan turun. Selebihnya lain waktu. (Tri)

 

——————————–
Posted from Android The Doctor

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di acessories rumah tangga dan tag , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Cara Mengatasi AC Splits Tidak Dingin

  1. Amamoto berkata:

    kapasitor AC untuk ukuran 1 pk kisaran berapa lek harganya?

  2. dimensiontripper berkata:

    nginep dirumah sodara… ac yang kata tuan rumahnya nggak dingin aja udah bikin masuk angin apalagi yang udah dipermak begini…
    kelihatan ndesonya ya 😦

    • Emang cocok cocokan. Kalo ga biasa mending ga usah, cuma utk mengatasi udara dalam rumah yang lembab kayaknya perlu utk kesehatan, maklum rumah dempet sama tetangga kanan kiri belakang jadi minim sirkulasi udara yg bagus dalam ruangannya

  3. Adelia Putrie berkata:

    jebule,pakde mbukak service ac tho?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s