Halfoworlds, Serial HBO Asia dari Indonesia


film-halfworlds-serial-hbo-asiaHalfworlds, adalah film seri HBO Asia produksi Indonesia, bisa dikatakan begitu. Saya tahu saat secara tidak sengaja menonoton :THE MAKING OF HALFWORLDS” di HBO, sore tadi. Melihat sekilas, wajah pemainnya tidak asing, apalagi saat sutradara menceritakan scene demi scene dari film ini. Meski menyampaiakan dengan bahasa Inggris yang cukup faseh, tapi wajah Joko Anwar Indonesia banget. Apalagi saat adegan pengambilan gambar, nampak Reza Rahardian si aktor multytalenta. Saya suka saat Reza berperan sebagai Habibi dalam film layar lebar Habibi dan Ainun. Aksen, logat Habibinya begitu memukau.

reza-rahardian-dalam-halfworlds-film-serial-hbo-asiaDalam film seri Halfworlds ini, nampaknya Reza berperan sebagai devil, iblis yang haus darah. Ya, film seri HBO Asia ini berkisah tentang pergaulan antara manusia dan iblis, entah inspirasi darimana. Saya jadi ingat dengan film underworld saat manusia biasa yang katanya generasi dari pangeran vampire oroginal digigit Lican, dan menjadi kuat mengalahkan Manusia Serigala dan Vampire. Silahkan tonton trailer dari serial Halfworld berikut, sebagai gambarannya:

Hanya saja, kisah underworld bersetting di negeri barat sana, sementara Halfworlds setting latarnya ada di Jakarta, Indonesia, yang kental dengan pocong dan kuntilanak. Iblis tidak ada dalam perwujudan sebagai iblis dalam mitos yang saya kenal. Iblis identik hantu dlam wujud yang berbeda-beda dan lebih akrab disebut hantu atau jin. Tapi halfworld seolah keluar dari mitos ktradisionalabn masyarakat Indonesia.

Tapi karena film Halfworlds ini hadir di HBO Asia, artinya lebih luas, mencakup peradaban yang berbeda secara kedaerahan, bisa jadi film ini akan diterima dengan baik. Apalagi menghadirkan aktor dan aktris yang bertampang Asia. Tidak Indonesia secara kesukuan.

HALFWORLD dibintangi sejumlah aktor Asia termasuk dari Indonesia Salvita Decorte dalam debut akting pertamanya, Arifin Putra (The Raid 2; Macabre), Reza Rahadian (Habibie & Ainun; Guru Bangsa: Tjokroaminoto), Aimee Saras (Musikal Onrop), Adinia Wirasti (Tentang Dia; Laura & Marsha), Hannah Al-Rashid (Ritual; V/H/S/2); Tara Basro (Catatan (Harian) Si Boy; Pendekar Tongkat Emas), Alex Abbad (The Raid 2), Ario Bayu (Soekarno; Serangoon Road di HBO Asia), dan Verdi Solaiman (The Raid; Java Heat); serta aktor Singapura Nathan Hartono (Musikal Spring Awakening) dan aktor Malaysia Bront Palarae (Terbaik Dari Langit; Psiko: Si Pencuri Hati). Menghadirkan bintang tamu asal Malaysia berusia 8 tahun Puteri Balqis (Balqis), pemenang aktris terbaik dalam ajang Asian Television Awards 2014. Ditulis oleh Collin Chang dan Joko Anwar, HALFWORLDS diproduksi oleh HBO Asia bersama Infinite Studios yang akan difilmkan di soundtage dan backlot mereka di Batam juga di Jakarta. Ini merupakan produksi Original ke-empat dari HBO Asia setelah DEAD MINE (2012), SERANGOON ROAD (2013) dan GRACE (2014).(sumber: esquire)

kerambit-senjata-tradisional-minangkabau-dalam-serial-halfworlds-hbo-asiaBagi saya, yang menarik adlah, munculnya kembali senjata tradisional Minangkabau, KERAMBIT. Setelah kemunculannya (saya baru tahu) saat dimainkan oleh Iko Uwais dalam The Raid 2: The Brandal. Senjata mungil yang memukau dan kurang dikenal layaknya senjata tradisional lain di Indonesia seperti Keris dan Cundrik dari Jawa, Kujang dari Pasundan, Mandau dari Kalimantan (dayak), Clurit dari Madura, Rencong dari Aceh dan sebagainya.

kerambit-senjata-tradisional-minangkabau-dalam-the-raid-2-the-brandal-iko-uwaisMudah-mudahan dengan film ini, meski menurut saya sedikit keluar dari tradisi dan kearifan lokal masyarkata Indonesia secara umum, paling tidak ada unsur Indonesia yang kenatal yang diperkenalkan ke kancah Internasioanal meski sebatas Asia.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di movie dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Halfoworlds, Serial HBO Asia dari Indonesia

  1. Kamen Reblog berkata:

    bahasane inggris :mrgreen:

  2. Ping balik: Kerambit, Mengenal Senjata Minangkabau | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s