Pak Raden dan Pahlawan Budaya


pak-raden-pahlawan-budayaMuncul notifkasi di email saya seperti capture di atas. Tentang petisi dari change.org yang mengusung usulan kepada Menteri Sosial, dalam hal ini Ibu Khofifah Indar Parawangsa, agar menetapkan Pak Raden atau Drs Suyudi, sebagai Pahlawan Budaya.

Saya sangat jarang mendengar kata pahlawan budaya, bahkan mungkin baru pernah menemuinya. Setahu saya, kata pahlawan dikaitkan dengan kata Nasional, Revolusi, kemerdekaan dan semacamnya. Sepintas, arti kata pahlawan budaya adalah orang yang berjuang mempertahankan budaya, ‘nguri-uri” budaya leluhur agar tidak hilang tergerus modernisasi zaman. Mungkin demikian yang dimaksud pahlawan budaya.

pict Asep Sunandar Sunarya from tribunnews

pict Asep Sunandar Sunarya from tribunnews

Saya coba cari kata pahlawan budaya di google search, ternyata yang munculo tentang pemberitaan usulan Pak Raden ini oleh netizen. Saya coba tambahkan kata lain dari keyword. Lalu muncul berita ungkapan dari seorang politikus, bahwa Bapak Dalang Wayang golek, almarhum Asep Sunandar Sunarya, layak menyandang gelar pahlawan budaya. Hal ini diungkapkan saat Dalang senior ini wafat pada Senin 31 Maret 2014.

Mungkin Pak dalang ini kurang membumi di Tanah air secara menyeluruh, sehingga saat itu tidak cukup beralasan untuk mengangkatnya sebagai pahlawan budaya, padahal di belahan bumi Pasundan, Dalang wayang golek Asep Sunarya sangat dikagumi. Alias, secara nasional, wayang golek kalah tenar oleh boneka Unyil. Meskipun keduanya bercerita lewat boneka.

Bagi pembaca yang ingin ikutserta menandatangani petisi usulan Drs Suyudi menjadi Pahlawan Nasional, silahkan klik link besar di bawah ini. Tercatat sudah 19 ribu lebih tanda tangan terkumpul, dengan target 25 ribu.

Mensos @KhofifahIP, Jadikan Pak Raden (Drs Suyudi) sebagai Pahlawan Budaya.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di sosial dan tag , , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Pak Raden dan Pahlawan Budaya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s