Hewan-Hewan yang Masuk Surga


Idul Adha 1436 H AncolBismillah. Selamat Idul Adha 1436 H. Tulisan ini hanya melengkapi dengan ayat Al Quran dari banyak tulisan serupa. Kebetulan bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1436 H. Yang erat kaitannya dengan hewan, yaitu hewan Qurban. Semoga qurban yang kita berikan, menjadi amal yang mampu menghantar kita ke Jannah. Aamiin.

Bukan hanya manusia, hewan pun bisa masuk surga/sorga (jannah). Hewan-hewan ini dikisahkan dalam Al Qur’an. Sebagian besar memiliki keterikatan dengan para Nabi dan Rosul Allah swat. Berikut 10 Hewan Penghuni Surga menurut Imam Almuqatil:

  1. Unta Nabi Saleh as.
    Unta yang merupakan salah satu mukjizat yang diberikan ALlah SWT kepada Nabi Saleh as telah dibunuh oleh kaumnya, yaitu kaum Tsamud.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):73 – Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu mengganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih”.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):74 – Dan ingatlah olehmu di waktu Tuhan menjadikam kamu pengganti-pengganti (yang berkuasa) sesudah kaum ‘Aad dan memberikan tempat bagimu di bumi. Kamu dirikan istana-istana di tanah-tanahnya yang datar dan kamu pahat gunung-gunungnya untuk dijadikan rumah; maka ingatlah nikmat-nikmat Allah dan janganlah kamu merajalela di muka bumi membuat kerusakan.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):75 – Pemuka-pemuka yang menyombongkan diri di antara kaumnya berkata kepada orang-orang yang dianggap lemah yang telah beriman di antara mereka: “Tahukah kamu bahwa Shaleh di utus (menjadi rasul) oleh Tuhannya?”. Mereka menjawab: “Sesungguhnya kami beriman kepada wahyu, yang Shaleh diutus untuk menyampaikannya”.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):76 – Orang-orang yang menyombongkan diri berkata: “Sesungguhnya kami adalah orang yang tidak percaya kepada apa yang kamu imani itu”.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):77 – Kemudian mereka sembelih unta betina itu, dan mereka berlaku angkuh terhadap perintah Tuhan. Dan mereka berkata: “Hai Shaleh, datangkanlah apa yang kamu ancamkan itu kepada kami, jika (betul) kamu termasuk orang-orang yang diutus (Allah)”.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):78 – Karena itu mereka ditimpa gempa, maka jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka.

image

Tempat yang tertinggi (Al-‘A`rāf):79 – Maka Shaleh meninggalkan mereka seraya berkata: “Hai kaumku sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku, dan aku telah memberi nasehat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat”.

2. Anak Sapi Nabi Ibrahim as.
Anak sapi ini digunakan oleh Nabi Ibrahim as untuk disembelih dan disuguhkan kepada ketiga tamunya yang ternyata tamu tersebut adalah malaikat utusan Allah SWT yang menjelma menjadi manusia.
Nabi Hud:69 – Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: “Selamat”. Ibrahim menjawab: “Selamatlah,” maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.
Nabi Hud:70 – Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh perbuatan mereka, dan merasa takut kepada mereka. Malaikat itu berkata: “Jangan kamu takut, sesungguhnya kami adalah (malaikat-ma]aikat) yang diutus kepada kaum Luth”.
Nabi Hud:71 – Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan dari Ishak (akan lahir puteranya) Ya’qub.
Nabi Hud:72 – Isterinya berkata: “Sungguh mengherankan, apakah aku akan melahirkan anak padahal aku adalah seorang perempuan tua, dan ini suamikupun dalam keadaan yang sudah tua pula?. Sesungguhnya ini benar-benar suatu yang sangat aneh”.
Nabi Hud:73 – Para malaikat itu berkata: “Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji lagi Maha Pemurah”.

3). Kambing Nabi Ismail as.
Kambing tersebut merupakan sebagai pengganti Nabi Isamail as yang telah ikhlas dan pasrah ketika hendak disembelih oleh Nabi Ibrahim as setelah mendapat petunjuk Allah SWT.

4). Sapi Nabi Musa as.
Sapi tersebut terkenal dengan sebutan sapi Bani Israil yang disembelih oleh Nabi Musa as untuk membuktikan kepada kaumnya dengan mukjizat dapat menghidupkan kembali mayat.

5). Ikan Nabi Yunus as.
Ikan tersebut adalah ikan Nun dalam Al Qur’an telah disebut, yang telah menelan Nabi Yunus as. Ikan tersebut akhirnya mengeluarkan Nabi Yunus dari perutnya dalam kondisi hidup.

6). Khimar Nabi Uzair as.
Khimar ini merupakan tunggangan setia Nabi Zubair hingga mati.

7). Semut Nabi Sulaiman as.
Semut ini merupakan semut yang ditemui oleh Nabi Sulaiman as, semut yang banyak berpuasa dan separuh kurma saja tidak habis dimakannya meski dalam satu tahun lamanya.

8). Burung Hud-Hud Nabi Sulaiman as.
Burung ini merupakan pembawa pesan Nabi Sulaiman as kepada RatuBilqis yang di dalamnya terdapat ajakan untuk menyembah Allah SWT.

9). Unta Nabi Muhammad SAW.
Unta ini datang ketika Rasulullah SAW tengah dalam peperangan dan bercerita bahwa dirinya (Unta ini) akan disembelih pemiliknya meski tenaga Unta sudah dikerahkan untuk membantu pekerjaan pemiliknya.
Unta ini akhirnya meminta perlindungan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan pada
alhirnya Unta ini dilepaskan dan bisa hidup bebas.

10). Anjing Pemuda Ashabul Kahfi.
Anjing ini merupakan anjing setia yang selalu menemani 7 orang pemuda Ashabul Kahfi
yang ditidurkan Allah SWT selama lebih dari 300 tahun. Anjing itu akhirnya mati sebelum ketujuh pemuda Ashabul Kahfi bangun dari tidurnya

Maaf baru 2 point yang saya lengkapi, mau sholat ied dulu, mudah-mudahan besok bisa direfisi biar lengkap.(tri)

—————————-
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di agama, Al-Quran, Religi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Hewan-Hewan yang Masuk Surga

  1. uungferi berkata:

    sangat mencerahkan,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s