Solusi Shockbraker Depan Keras pada Suzuki Hayate


perbaikan shockbraker depan, Hayate serasa PCX :D

perbaikan shockbraker depan, Hayate serasa PCX  😀

Suzuki Hayate, banyak yang beranggapan bahwa Hayate adalah penjelmaan dari SUzuki Skywave, sayapun demikian. Ciri Suzuki Skywave yang pernah saya coba adlah, tarikan awal lemot atau lelet dibanding matik/skutik SUzuki lainnya dan Shockbraker keras. Hal ini bisa saya bandingkan langsung, karena saya punya suzuki Skydrive, dimana karakter SUzuki Skydrive mirip Honda Beat, mesin responsif dan shockbraker yang lembut.

Skywave pinjaman

Skywave pinjaman

Saat meminang Skydrive pada Mei 2011 di makelar sepeda motor second, saya juga membandingkan dengan Skywave yang kebetulan tersedia di shorum makelar tersebut. Dulu tidak begitu mempermasalahkan shockbraker, karena tidak riding jauh, hanya tarikan awal yang lemot saja. Dan isteri sebagai calon pemakai juga lebih memilih Skydrive. Akhirnya meminang si biru, blue skydrive.

ganti seal shock depan hayate, sekalian kanan dan kiri

ganti seal shock depan hayate, sekalian kanan dan kiri

Awal saya meminang si Jeng Maryate (nama Suzuki Hayate second saya), shockbraker serasa tidak pakai per, keras membanting di jalanan bumpy, meski minim bumpy tapi rebound Hayate sangat kasar, membuat pinggang sakit. Saya pikir comb steer kendor, atau tidak beres. Saat Penggantian Vanbelt (lik link) karena putus, saya juga berpesan pada tukang bengkel untuk mengganti oli, dengan keluhan keras, shock depan ga enak. Tapi ternyata penggantian oli shock depan itu tidak membuat rebound atau suspensi si Jeng Maryate membaik, tetap membanting dan pada pengereman mendadak as shock mudah sekali beradu dengan segitiga atau semacamnya, suara ‘jeduk-jeduk’ menyiksa.

Akhirnya saya kembali menyerahkan jeng Maryate pada kawan yang lebih paham, kebetulan dia ngebengkel di rumahnya, ternyata per hayate ini pendek, ada kesan bekas dipotong. Seal shock juga sudah bocor. Akhirnya Seal ganti baru, sedangkan per shock disambung/ganjel, mungkin pakai ring beberap lapis dengan diameter menyesuaikan tabung as shock atau lebar per. Karena saya tidak ikut ke bengkel, cuma dapat laporan.

kalo membandingkan N-Max dan Suzuki hayate, Kejauhan ya?

kalo membandingkan N-Max dan Suzuki hayate, Kejauhan ya?

Kalo gitu yang ini aja.

Suzuki hayate versus Vario 125, sesama 125 cc

Suzuki hayate versus Vario 125, sesama 125 cc

Hasilnya, Jeng Maryate menjadi nyaman buat riding, rebound empuk layaknya skutik berkelas semacam PCX, yah apes-apesnya mirip N-Max 😀 .(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Solusi Shockbraker Depan Keras pada Suzuki Hayate

  1. agoey berkata:

    sayang penerus hayate tidak dipasarkan di Indonesia..

  2. yuds berkata:

    per shock depan hayate memang pendek makane sering terasa mentok, klo punya saya diganti dgn per astrea grand/ atau supra 125 yang lebih panjang , tapi di potong dulu krn mekaniknya kesusahan masang, di coba pake per variio, lebih panjang dr punya grand akhirnya pakai yg grand saja…

  3. Dian Amami berkata:

    kenapa impulse gak masuk indonesia ya? padahal manteb bener tu romannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s