Asal Broadcast, Menyesatkan


Mudahnya penyebaran berita lewat media sosial, kadang membuat beberapa oknum memanfaatkannya untuk menghembuskan isu yang tidak benar. Misal berita pembegalan, waspada perampokan di suatu tempat, ada korban ini itu dan semacamnya. Berita bohong yang disertai desturbing picture belakangan marak dikaitkan dengan begal motor.

Terakhir yang saya baca adalah pembegalan di Harapan Indah, Bekasi. Setelah dikroscek ternyata berita itu hoax alias bohong. Jika tidak teliti, dan sayangnya banyak pengguna sosial media lewat smatphone yang tidak teliti dan langsung broadcast mentah-mentah berita tersebut.

Di sinilah letak kecanggihan smartphone yang membuat penggunanya menjadi bodoh. Bahkan jadi bahan bully oleh netizen yang sudah melek informasi. Smartphone harus dipegang orang yang smart, biar tidak disalahguanakan, atau parahnya tidak tahu kapan seharusnya digunakan.

Smartphone and Dumb People seperti video di atas layak ditonton, agar kita melek teknologi tapi tidak merem pada dunia nyata. Pemeberitaan asal-asalan dengan smatphone justeru bisa membuat masyarakat bodoh, bukan berarti kita meninggalkan teknologi yang terus berkembang, tapi bijaksanalah dalam menggunakan. Jangan sampai berita yang anda sebar justeru menimbulkan kepanikan di masyarakat dan membuat anda terlihat bodoh.(tri)

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Asal Broadcast, Menyesatkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s