Kelebihan Sepeda Motor Memakai Ban Besar


tiger-revo-lawan-pulsar220.jpgBan besar berat? Itulah pertanyaan yang sering saya dapat dari beberap orang yang melihat ban belakang Jalitheng Pulsar 220, yang saya ganti dari ukurang 120/80 menjadi 160/70. (baca juga Modifikasi Pulsar Ban Gambhot, Arm Ducati 999s, Brutal)

Awalnya dari pengin gagah
Awalnya dari pengin gagah kaya Honda Tiger di sebelah

Bagi saya, sepeda motor dengan ban besar lebih gagah, meski suka diledek moge wannabe, no problem. Handling sepeda motor juga makin mantap, tidak mudah goyah. Oks kita urutkan saja kelebihannya :

  1. Sepeda motor makin terlihat gagah
  2. Handling lebih stabil
  3. Lebih percaya diri menerjang jalanan berkontur jelek
  4. Masih aman jika kena paku panjang, karena ban lebih tebal. Seperti gambar berikut
Paku gila
Paku gila

Bayangkan jika saya mengganti dengan ban yang lebih kecil demi speed atau alasan lain, bisa tembus tuh paku ke velg. Adalagi kelebihan lainnya. Oh iya apa kekurangannya,

  • BBM makin boros? pengaruhnya sangat sedikit, tentu subyektif, maklum Pulsar memang terkenal irit, bahkan dengan pertamax Jalitheng masih bisa mendekati angka 40 kilometer setiap liternya untuk lalu lintas Jakarta – Bekasi.
  • Berat ? Kalo say ditanya ini, selalu saya jawab, “Sepeda motor untuk dinaiki, buak ndipanggul.” Hahaha, lucu. Berat tarikannya yang dimaksud penanya. Tentu saja, karena tapak ban makin lebar yang bergesekan dengan jalan. Bagi saya pengaruhnya sangat minim. Kecepatan kendaran harian Jakarta – Bekasi mau seberapa cepat? Jika jalanan memungkinkan, 130KPJ, Jalitheng masih mampu. Tapi cek kondisi jalanan di jam berangkat dan pulang kerja deh, bisa kecepatan segitu? Realistis, kerap sepeda motor bagi saya yang Penting Ngglinding.
  • Rantai cepat aus ? Tentu saja, saya 2 tahun terakhir mengganti rantai Pulsar memakai rantai Honda Tiger KW 2 kali, tanpa mengganti gir. Satu buah rantai tiger KW yang saya pakai seharga 60 ribu rupiah, jadi 2 tahun saya mengeluarkan biaya 120 ribu buat rantai 😀 mahal? Nanti dibahas diartikel kenapa ga perlu ganti GIR. Bahkan pada penggantian yang akan datang nampaknya belum perlu ganti gir, cukup rantai 60 ribuan.

Nah, masih ada yang suka pakai ban mini atau Ban ‘Cacing’ pada sepeda motor harian?(tri)

4 respons untuk ‘Kelebihan Sepeda Motor Memakai Ban Besar

Tinggalkan komentar