Sulitnya Mencipta Lagu


Dapat PR dari adeku yang SMU, minta dibikinin lagu plus not nya, lah ini kan pelajaran SMP dulu, wis lupa babar pisan. Minta bantuan sono sini (gogling) termasuk ke Kang Benny yang DTwannabe, ealah malah dikasih lagunya Dream Thetre yang aku saja gak tahu sama sekali, lebih sering ndengerin lagunya Rial Roma Irama daripada barat soale 😀 . Nah saking bingungnya googling juga gak dapet titik terang, samapai larut dan buntu. Coba ngarang asala nada, malah makin pelik.

Jadi inget jaman bahela, suka nulis sekenanya yang di otak dan dinyanyiin tanpa instrument, pernah satu waktu sepulang dari negeri BORNEO (kapan-kapan ditulis), bertolak naik feri dari Banjarmasin ke Surabaya, dianjungan paling ujung layaknya film Titanik (padahal gak boleh penumpang duduk di sini) melamun dan terciptalah lagu, gampang banget bisa beberapa bait dalam sekejap. Tapi sekarang susah banget kenapa ya? coba mengingat yang dulupun gak ketemu di otakku, perlu di defrag nih otak kayaknya :mrgreen:

Menurutku syir lagu ataupun puisi lebih banyak tercipta karena pengalaman pribadi yang di dramatisir, jadi melankolis, emosional dan semacamnya. Juga mengenai keadaan sekeliling yang digubah menjadi syair. Seperti lagunya Iwan Fals atau puisinya Rendra. Oks..kucoba dari situ aja dan hasilnya, baru dua baris buntu lagi, hal ini mungkin karena aku memaksakan hal yang memang tidak kualami, dan tidak ada jiwa penyir maupun penyanyi, padahal dulu pas SD sering ikut lomba baca puisi walaupun gak pernah menang (gak menang kok bangga 😀 )

Oks aku mau belajar not balok dan angka lagi aja dulu, tapi sebenarnya sebuah lagu diciptakan dari syair dulu apa not dulu ya ? Kalo aku ya syair dulu bisanya. Musmetkan, mestinya dikumpulin hari ini tugas adeku, gak tahu jadinya gimana tuh 😀 . Sekedar curhat sambil lihat tiket DT kok seharga Wedhuz sakandange sisan. Larang men Kang Ben 😀 . Menyanyi dan tersenyumlah di saat seharusnya anda marah. Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di music dan tag , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Sulitnya Mencipta Lagu

  1. Novian Agung berkata:

    Belajarlah ke esbeye 😀

  2. Maskur berkata:

    aku blas ora bisa

  3. blognyamitra berkata:

    Terdengar sayup2 ucapan wedhuz :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s