Curug Gemawang, Sayang Jalur Belum Beres


curug gemawang, Banyumas

Curug Gemawang dari Maskur

Banyumas adalah kabupaten yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan, maka tak asing jika diwilayah Banyumas terdapat banyak potensi wisata yang perlu dieksplorasi. Salah satunya Curug atau air terjun. Salah satu air terjun yang masih dalam proses eksplorasi adalah Curug Gumawang, yang terletak di Desa Kemawi, Kecamatan Somagede. Dan pada kesempatan mudik kemarin saya penasaran dengan jalur yang katanya sudah diperbaiki, alias roda 2 bahkan mobil bisa masuk.

Berbekal bebek ngatini alias Yamaha Vega R aku sekeluarga berangkat “MANJAT NGGUNUNG” ke arah desa Kemawi, Desa Kemawi masih satu kecamatan dengan desaku yaitu Tanggeran, melaju lebih ke atas lagi, melewati Desa Klinting dengan aspal lumayan mulus, tak kalah dengan panorama Puncak Bogor bahkan di sini lebih alami, karena belum tersentuh modernisasi metropolitan, meski tak sedingin puncak bogor, tapi jalur yang dilalui cukup menantang.

Sampai Puskesmas kemawi belok ke arah kanan, eits bukan yang ke arah Sumpiuh lho, tapi jalan masuk sebelumnya, melewati Tapak BIma yang sudah gak nampak tapaknya lagi, jalan lumayan bisa dilalui roda dua, tapi selanjutnya jalurnya makin curam, dan berbahaya karena masih berupa jalan tanah dengan sedikit bebatuan yang diatur mulai pada nglotok kegerus hujan, nampak ada pak tua sedang memperbaiki batu-batu yang copot.

rajin sekali bapak ini

Begitu menurun melewati jalan yang sedang diperbaiki Bapak ini, jalanan makin curam dan licin, beberapa tempat ketutup tanah merah yang longsor kecil menambah licin…wiihhh ngeri. Akhirnya balik memutuskan balik kanan. Dan begitu menanjka kembali lewati si Bapak Ngatini nggerem gak kuat, ngerem depan sekuatnya, eeehhh… ban depan ga nggigit lagi, nyrosot sampai miring, akhirnya ditahan pakai kaki baru berhenti, anak isteri turunin, lanjut nanjak sendiri bawa ngatini, baru kuat. Dan keluarga jalan kaki menanjak dikitlah..daripada meksa nyusruk

cape dech

maaf batal ngelihat curug

Mungkin perlu motor enduro kayak Pak bupati Banyumas, saat meninjau lokasi Curug ini.

Yah akhirnya kita balik kanan, dan memutuskan untuk menikmati jalur ke Sumpiuh yang menggoda untuk Cornering pelan, maklum jalan gak lebar, tapi aspal mulus… tunggu review jalanan asoooy ini ya, pesona buat yang demen touring neh… Wassalamu’alaikum

 

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di fan, wisata dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Curug Gemawang, Sayang Jalur Belum Beres

  1. shumy27 berkata:

    kangen si kembar 😀

  2. gofree berkata:

    kalo mau ke curug gemawang saat musim kemarau saja mas, saya pake smash 2004 yang servis setahun sekali saja kuat, asal gak licin hehehe… kapan2 mampir lagi ke gemawang.

  3. Indra VOC'B berkata:

    Haha, mampir meng SMAN Sumpiuh sisan Pak Dhe, Ngomong2 Sampeyan Banyumase pundi???

  4. PERCA ONLINE berkata:

    fotone kurang banyak pak,… curug-e

  5. paslam berkata:

    Terima kasih kanca sedulur mayuh bareng ngembangkan wisata curug gumawang

  6. SocialsPR berkata:

    After looking into a few of the blog articles on your blog, I really appreciate your technique of writing a blog. I book marked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Take a look at my web site too and tell me what you think.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s