Anda Beriman ? Mari Jaga dan Pertahankan


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَى رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا بَعِيدًا

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (Annisa:136)

Ayat yang memerintahkan orang yang beriman agar tetap beriman, karena dengan iman, Allah menjaga dan memlihara kita, Allah memberikan pertolongan, memberikan kekuasaan, kekuatan. menggambarkan azaz bahwa Iman adalah hal yang tidak isa dipungkiri.
Iman bisa naik turun, Kata Rosul : Iman bisa bertambah bisa berkurang, bertambah saat beribadah kepada Alloh, “tidak kuciptakanjin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada Ku”, lantas apakah setiap ibadah mampu menaikan iman seseorang?Ibadah yang dapat menjaga dan menaikan Iman manakala Ibadah yang dilakukan dilandasi keikhlasan, Alloh memerintahkan beribadah dengan ikhlas. Ibadah yang dilaksanakan seperti contoh yg diberikan Nabi SAW. Tidak ada satu sisi kehidupan yang tidak dicontokan oleh Nabi SAW, dari masuk kamar mandi sampai memimpin negeri, uswatun khasanah, contoh yang baik. “siapa saja yg melakukan amal yang tidak ada contohnya dari Nabi, maka tertolak”
Iman akan turun ketika kita berbuat munkar dan maksiat, meninggalkan perintah Alloh dan melakukan larangan Alloh. Tidak beriman orang yg berjudi, mabuk dan berzina, artinya seseorang yang meninggal dalam kondisi maksiat kepada Allah, maka dia mati tanpa iman.
Arti lain dari ayat di atas dimana memerintahkan orang beriman untuk tetap beriman adalah Bahwa gerakan yang merusak Iman akan terus berjalan sampai Alloh menghancurkan alam ini (kiyamat). Mereka mengajak menjauhi iman atau sekedar menggeser iman kita, memalingkan dan membelokkan kita agar jadi orang yang tidak istiqomah. Pergaulan, tontonan dan segala sesuatu disekeliling kita berpotensi menggeser iman kita.
Bahwa Iman penting, naik turun dan gerakan anti iman. Langkah nyata kita agar iman tidak turun : mempertahankan ibadah yang kita lakukan jangan sampai kurang dan usahakan menambahnya, memaksa diri agar tidak berbuat dosa, menghindarkan iri dari segala perbuatan yang dapat mengantarkan kita pada perbuatan dosa, mendawamkan, membaca dan memahami Al Quran, memperbanyak ingat akan mati. Nabi bersabda “perbayak mengingat sesuatu yang dapat memisahkan nikmat, yaitu MATI”, belajar mengurus orang mati, memandikan mayat secara tidak langsung si mayat menasehati kita, memberikan pengetahuan berbagai macam bentuk mayat, ada yg baik, buruk, ringan, berat. Rajin menengok orang sakit. Sinyal dari orang sakit akan membuat kita interospeksi agar kita tidak mudah sakit, memandikan orang mati menginterospeksi kita jangan sampai mati seperti si fulan yang buruk dan berat.
Semoga Alloh senantiasa memberikan kekuatan kepada kita agar mampu mempertahankan iman disegala sisi kehidupan yang ada saat ini serta mampu meningkatkan kadar iman. Amin. Wassalamu’alaikum

dikutip dari Khutbah Jukat oleh Ust. Syuhada Bahri, LC, ketua Dewan Dakwah Indonesia.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Al-Quran, Alloh dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Anda Beriman ? Mari Jaga dan Pertahankan

  1. zackyjunior berkata:

    tanks Mas Bro telah meningatkan

  2. Dr.Feelgood berkata:

    terima kasih masbro. alhamdulilah sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s