Lupa itu Nikmat, tapi Pelupa ?


“Pelupa banget seh Lo..!!” itulah kata-kata yang kerap kita lontarkan atau kita dengar, juga ada “waduh saya lupa” saat kita melupakan hal yang semestinya kita bawa atau kita kerjakan, nah kenapa mesti ada lupa diantara kita ?

Lupa bukanlah suatu hal yang harus dihindari atau ditinggalkan, lupa merupakan bagian dari nikmat Alloh kepada hambanya, ada saat lupa harus dilawan tapi saat lain lupa memang diperlukan, bayangkan jika semua ingatan dari kita dalam kandungan sampai sekarang masih terngiang di otak kita, betapa njlimetnya kita ingat saat kita lahir, betapa ngerinya saat kita dipotong tali pusarnya, kita lupa sudah, betap penuhnya memory otak ini jika semua kejadian terus teringat oleh otak kita, perlu ada recicle bin, agar otak ini ga mampet karena kelebihan memory.

Tapi lupa juga perlu dilawan agar kita tidak menjadi pelupa, lawan paling tangguh adalah dengan mencatat setiap kejadian dan hal penting baik di kertas maupun di komputer, nah menulis menjadi penting untuk melawan lupa, apapun tulisan itu kaitkan satu atau lebih kejadian yang perlu diingat agar tidak hilang begitu saja, bisa dijadikan atau dianalogikan ke cerpen, atau diare…

Dan kita tak perlu kecil hati karena mempunyai sifat lupa, karena lupa adalah bagian dari kesempurnaan manusia, dan melawannya adalah tugas manusia itu sendiri.

Pena hukum diangkat dari orang yang lupa hingga dia sadar. Orangpun bermain-main dengan lupa. Lupa juga dipakai sebagai alat politik. Perjuangan manusia melawan kekuasaan, kata Kundera, adalah perjuangan ingatan melawan lupa.

LUPA memang benar sebuah NIKMAT, tetapi LUPA akan NIKMAT yang telah Allah berikan, atau lupa bersyukur maka kita disebut KUFUR.

Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Alloh dan tag , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Lupa itu Nikmat, tapi Pelupa ?

  1. zaqlutv berkata:

    alhamdulillah semalem gak lupa ngasi jatah 😳

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s