Pasang Top Box di Skydrive (bisa Gagal)


image

Memasang Top Box di Sepeda motor berguna sebagai tempat menyimpan barang saat berkendara, jadi tidak perlu ‘nggendong’ tas atau ‘nggembol’ dus di boncengan. Hal yang paling krusial (penting) dan wajib diperhatikan dalam memasang box di sepeda motor adalah bracket atau pegangan box.
Sebelumnya saya memakai top box kappa K42 di Pulsar 220 menggunakan bracket HR4. Pemasangan cukup mudah dan kokoh (klik pasang HR4 dan top box kappa42 di Pulsar220). Nah kali ini saya bermaksud memasang top box di Suzuki Skydrive, sepeda motor yang biasa dikendarai isteri guna antar jemput sekolah anak dan berbagai wira-wiri lain termasuk antar kota. Pemasangan box ini beralasan agar tidak ribet saat bepergian, maklum, Skydrive tidak memiliki bagasi layaknya Suzuki Hayate saya si Jeng Maryate.

Pertama saya hunting bracket yang cocok buat Skydrive, tanya sana-sini tidak ada yang tahu ketersediaannya. Saat nyambangin toko aksesori motor di Bekasi (saya tidak tahu alamat persisnya), ditawarkan bracket bekas model monorack dan plat fitting. Jadi si monorack ini belum difitting, bisa disebut bracket buta. Bracket dan plat fitting saya tebus 50 ribu

image

Selanjutnya saya meluncur ke tukang las, fitting dengan mengandalkan 2 baut rear hugger si skydrive. Las dan fitting kena biaya 20ribu. Hasilnya? Ternyata plat fitting mlenyot (dicek setelah perjalanan nguli sekira 30km), ngampleh saat dibebani top box Kappa K42 dengan isi kisaran 5Kg (total sama box mungkin 10Kg).
Selanjutnya saya tambah besi batang 6 mm (kalo tidak salah) seperti gambar di atas. Las menyilang. Dikait (clamp) ke rear hugger sebagai penguat fitting.

image

Hasilnya bracket tidak ngampleh, tapi setelah perjalanan pulang nguli, mendekati kediaman saya mampir Shalat Isya di Masjid, betapa kecewanya, ternyata 2 baut rear hugger coplok, loss. Box sudah ngampleh tinggal bertahan karena jok masih terkonci. Ada 2 baut scrup kecil yang menyatukan rear hugger dengan bodi belakang (di atas stop lamp). Kalo jok tidak terkonci mungkin 2 scrup ini akan mematahkan plastik bodi motor.
Drat rusak dan nampaknya drat dalam juga lanas atau aus. Sebenarnya hal ini (drat aus) sudah saya ketahui sejak awal bongkar dan pasang, tapi saya pasang masih cukup kuat dan ngonci. 😦
Akhirnya saya pulang harus ekstra hati-hati, karena kaki kiri menjepit box yang saya copot dari bracketnya. Nantilah dipikir ulang, nampaknya harus nyenai (bikin drat ulang) lobang baut rear hugger serta tambahan fitting buat bracket box. Anggap aja ini custom yang perlu kesabaran kaya Pak Camat bikin Scrambler itu 😀 . (Tri)

——————————

Posted from Android The Doctor

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Pasang Top Box di Skydrive (bisa Gagal)

  1. andhi_125 berkata:

    ngalamat, ngetap lagi…
    kalo sekalian dibuatin kayak dudukan SB gitu piye kang, ada plat dudukan yang ngikat ke sekitaran footstep?

  2. Irawan berkata:

    kok bawa2 knalpotku… :sad;

  3. Ping balik: Penyempurnaan Bracket Box Suzuki Skydrive | Triyanto Banyumasan Blog's

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s