Cara dan Langkah Mengurus Sendiri KTP dan KK Pindah Alamat Beda Propinsi


cara-mengurus-ktp-dan-kk-pindah-alamatIni adalah pengalaman satu tahun silam, bahkan lebih. Saya juga sempat galaw mengurus sendiri kepindahan alamat antar kota antar propinsi (AKAP), kaya bus aja 😀
Ya, setahun silam saya memang memilih pindah propinsi dari DKI Jakarta ke Jawa Barat dan mengurus sendiri surat pindah, baik dari asal maupun di tempat baru. Bahkan saya potret dengan kamera ponsel, surat demi surat pengantar mulai dari RT, RW dan seterusnya, tapi foto sudah saya pindahkan ke Hard Disk Laptop, sedang postingan ini via ponsel Wonder Roti Jahe. Lain kali diedit cantumin fotonya kalo ketemu. Oks berikut saya rangkum, singkat saja.

Cara atau langkah-langkah dalam mengurus KTP dan KK pindah alamat, beda propinsi:
1. Minta surat pengantar ke ketua RT asal alamat, surat pengantar ini untuk mengurus surat pindah ke kelurahan. (biar Pa RT seneng mudah-mudahan turut mendoakan kelancaran langkah selanjutnya kasih uang administrasi, 10ribu saja.)
2. Legalisir surat pengantar RT tadi ke kantor RW, minta stempel dan tanda tangan ketua/pengurus RW. (jangan lupa uang administrasi seikhlasnya) kalo di sini saya agak lupa jadi gratis.
3. Siapkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga
4. Ke kantor kelurahan bagian kependudukan, serahkan KTP&KK, fotokopi KTP&KK, beserta surat pengantar dari RT/RW. Tunggu dibuatkan surat pengantar ke kantor catatan sipil. Di Jakarta sudah ONline, apes kalo jaringan offline seperti yang saya alami, harus datang lagi esoknya. Entah saya ga paham dengan jaringan ONline buat data apanya, karena langkah berikutnya saya tetap lakukan dengan manual. Alias dari pintu kantor satu ke kantor berikutnya.
5. Esoknya kembali ke kelurahan, ambil surat pengantar pindah (kalo pindah alamat masih satu kabupaten/kotamadya, nampaknya cukup sampai di kelurahan, sudah bisa untuk mengurus KTP dan KK di alamat baru) oh iya kalo tidak salah ada biaya juga di kelurahan, saya lupa tepatnya berapa.
6. Bawa surat pengantar pindah alamat dari kelurahan ke kantor kecamatan untuk dilegalisir oleh ketua/kepala Camat Pak/Bu Camat. Di sini ada nomor antrian (Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat), sistem sudah bagus dan pelayanan cukup cepat (meski sempat saya tinggal keluar makan baso pentol) dan tidak neko-neko. Pengurusan di kecamatan gratis.
7. Lanjut ke kantor catatan sipil tingkat kota/kabupaten.(untuk Jakarta Barat ada di Meruya). Serahkan semua berkas kita ke petugas (surat pengantar kelurahan/kecamatan tadi, KTP&KK, fotokopi KTP&KK)
Hindari mengurus surat di hari Jumat, kalo siang dan hampir masuk Jumat maka akan dipending sampai Senin. Di sini gratis.
Di kantor catatan sipil, data kita akan masuk, kita akan mendapatkan surat keterangan pindah alamat dan KTP&KK aseli juga dikembalikan, tapi masa berlaku KTP tersebut sudah dibatasi, sekira sebulan. Jadi kita harus segera mengurus kependudukan kita di tempat atau alamat baru.
Langkah selanjutnya jangan lupa siapkan berkas kita (surat pindah dari catatan sipil alamat asal, KTP&KK aseli dan fotokopi KTP&KK)
8. Serahkan surat pindah dari catatan sipil tadi (seluruh berkas ditunjukkan) ke ketua RT di alamat/ tempat tinggal baru sebagai bukti guna meminta surat pengantar ke Kelurahan setempat.
9. Legalisir surat pengantar RT ke ketua RW
10. Bawa pengantar RT/RW tadi beserta seluruh berkas ke kelurahan guna meminta surat pengantar permohonan KTP&KK baru. Di sini saya diminta memberi uang administrasi, 10 ribu saja. Goceng takut cemberut 🙂
11. Bawa surat pengantar dari kelurahan tadi ke kantor kecamatan setempat (alamat baru) guna dilegalisir pak/bu Camat. Di sini juga cepat.
12. Selanjutnya ke kantor catatan sipil kodya/kabupaten alamat baru, bawa surat pengantar tadi beserta seluruh berkas dan pas foto color/warna ukuran 2×3 Serahkan ke petugas (jangan malu bertanya biar tidak sesat dan terlihat bingungnya)
13. Di sini kita akan diarahkan ke loket atau ruang tempat mengurus KTP dan KK. Jika beruntung (katanya) hari itu juga selesai, tapi saya dijanjikan14 hari kerja baru bisa diambil. Itupun KTP biasa bukan e-KTP.
Oh iya jangan lupa bukti pengajuan pembuatan KTP/KK dari catatan sipil, jangan sampai hilang guna bukti pengambilan jika sudah jadi nanti.

Sekian langkah dan cara mengurus KTP&KK pindah alamat beda propinsi. Mohon maaf jika kurang tepat, sebab sudah setahun lebih kejadiannya. Bisa jadi tempat lain berbeda atau tidak sama persis. Memang repot mengurus surat kependudukan sendiri, mesti luang waktu, tapi lebih cepat dan kita jadi sedikit tahu birokrasi di negeri ini.(tri)

 

—————————-
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Sekitar Kita dan tag , , , . Tandai permalink.

87 Balasan ke Cara dan Langkah Mengurus Sendiri KTP dan KK Pindah Alamat Beda Propinsi

  1. jape methe berkata:

    Hampir sama mas, saya dulu ngurus pindah dari bantul ke jakarta selatan. Cuma bedanya kalau dari luar jakarta mau pindah jakarta harus ngurus skck dan ada jaminan tempat tinggal atau keterangan kerja di jakarta. Ngurus di keluraha dan kecamatan di bantul masing2 suruh bayar infak Rp 2000 ada tanda terima. Skck di polsek bayar tanpa tanda terima jumlah terserah, di polres ada biaya resmi tapi lupa. Di kelurahan sampai dukcapil jaksel gratis

    • wah ini udah antar wilayah yg jauh, cukup merepotkan ya. Kalo ada yg kurang baliknya jauh. nais share mas

      • umbu berkata:

        Selamat malam bang saya ini mau urus surat perpindahan penduduk.nah saya agak kesulitan kalau urus nya di daerah saya sendri di NTT.nah pertanyaan nya apa saya bisa urus di tempat saya tinggal sekarang di malang kah atau bagaimana bang ?
        Mohon di bantu bang

    • devri berkata:

      Mas maaf numpang nanya juga, gini seandai nya kalau pindah ktp dan kk dari kota ke kabupaten cara pengurusan nya gimana ? Apa bisa kah langsung ke dukcapil kabupaten langsung tanpa harus ke dukcapil kota dulu ? Trmksih

      • Harus dari tempat asal dulu, tapi kalo masih 1 propinsi kayaknya ga perlu ke dukcapil. Jalanin aja dari tingkat bawah, mulai pengantar RT – RW – Desa/Kelurahan, nanti dari kelurahan akan diarahkan utk langkah selanjutnya

  2. ocid w@e berkata:

    Mas Tri, waktu ngurusnya istri diajak/ikut ngurus atau suami/Kepala keluarga saja yang ngurus?
    Masa berlaku KTP dibatasi itu masa berlakunya itu dirubah atau diterbitkan KTP baru lagi dengan masa berlaku yang lebih pendek atau didata basenya saja yang dirubah? Matursuwun.

    • -Cukup saya aja mas alias sendiri yg penting bawa KK dan semua KTP anggota keluarga.

      – Masa berlaku hanya dirubah di database, jadi KTP kita tetap. Tapi yang saya alami, selama kita pegang fisik KTP lama dan masa berlaku di KTP masih panjang, sementara KTP baru belum jadi, maka KTP lama tetap bisa dipergunakan, walaupun audah melewati masa berlaku yang disampaikan petugas catatan sipil waktu itu. Termasuk bikin rekening bank

  3. adi wijaya berkata:

    permisi, mw tanya. klo kita mw pindah alamat baru, dan tidak jdi…
    apakah alamat lana udah ke coret…. rt/rw, kelurahan, kecamatan, udah. tggl dispenduk. tpi tidak saya trskan, dan mw kmbli k alamat lma….
    mohon solusix gmn?????

  4. Arief berkata:

    Ass. Mas,saya mau tanya dong,kemarin saya salah masukkan nama kabupaten,pas saya urus lg kok knapa lama yah?

  5. saleskec@p berkata:

    Mas Tri, apakah di tempat tujuan nanti kita di foto lagi untuk pembuatan KTP, atau cukup kita melampirkan foto terbaru kita?
    Matursuwun.

  6. neneng berkata:

    Ass…
    Mf sy mw nanya klo misalkn mw bikin kk baru trus ktp suami sm istri kabupaten/kecamatannya sama, tapi ktp suami cuma beda desa aja itu bisa bikin kk gk?

    • Saya kurang tahu Mba, lebih enaknya langsung nanya ke kantor desa/kelurahan saja dulu, atau ke catatan Sipil. Birokrasi sekarang udah enak kok
      Saya 2x bikin KK, alalamt KTP sama, jadi tidak tahu boleh tidaknya kalo KTP beda.

  7. Christian Zai berkata:

    Salam Sejahtera, Mas tri..

    setelah saya baca artikel menarik ini, yang saya pahami yaitu
    mas seorang diri telah urus pindah KTP dan KK dari Prov.DKI Jakarta (tepatnya kota adm. JakBar) ke Prov.Jabar.

    KTP asli anggota keluarga yang tertera di dalam KK dan KK asli terbitan Jakarta dibawah oleh mas untuk urus2 dari kelurahan dan juga disdukcapil setempat. lalu setelah mendapatkan berkas2 yang diperlukan dari Jakarta lalu mulai urus baru berkas2 yang dibawa dari jakarta mulai urus baru dari tingkat rt/rw-kelurahan-kecamatan hingga disdukcapil di tempat tinggal baru yaitu Prov.Jabar. dengan membawa pas foto berwarna (ukuran 2×3) anggota keluarga yang akan dimuat dalam KK baru Prov.Jabar.

    sampai disini benarkan apa yang saya pahami, mas?

    selanjutnya saya bertanya;
    1.Kok bisa yah mas urus sendiri tanpa harus membawa serta orang yang telah memiliki KTP seperti contoh Istri dan lainnya, untuk di buatkan KTP dan KK baru?
    2. Kok bisa yah KTP lama dan KK lama tidak diminta (ditarik peredaran-nya) untuk pembuatan KTP dan KK baru (walaupun KTP dan KK lama masih panjang berlaku dan juga KTP-KK baru dalam proses pembuatan)?
    3. Itu bener mas cuman bawa pas foto berwarna ukuran 2×3 untuk tiap2 KTP anggota Keluarga, mas? padahal kan biasanya dimintakan Surat Kuasa Bermaterai-Formulir Biodata Diri WNI kalo tidak urus langsung bagi anggota keluarga kita yang namanya tercantum dalam KK untuk proses pembuatan KTP baru yang mana biasanya juga pembuatan KTP baru kan harus foto ditempat setiap orang yang akan membuat KTP baru?

    maap mas banyak nanya (cuman tiga kok =P ), soale saya juga akan mengurus Perpindahan data identitas anggota keluarga yang tercantum dalam KK dan untuk KTP baru dan KK baru.
    Perpindahan dari Prov.Jateng Kabupaten Banyumas ke Prov.Banten Kota Tangerang.

    semoga saya juga dimudahkan prosesnya seperti mas tri hehehe… lah kepenak temen yahh, urus dewekan.. dadine biaya ora larang ngawa anak bini.

    nih lagi cari2 info mutasi/perpindahan identitas.. buka2 website resmi disdukcapil Kab.banyumas juga disdukcapil kota tangerang. sembari coba main2 dulu ke kelurahan dan kecamatan siapa tau ternyata informasi berbeda dengan yang tertera di website resmi disdukcapil kota tangerang.

    Salam mas..

    • Ya memang seperti itu
      1. Bisa
      2. Dikasih batas berlaku (hampir sebulan) sampai KTP baru selesai
      3. Betul, tdk perlu surat kuasa

      Memang alur prosesnya seperti itu. Yang melakukan ini tidak hanya saya lho, cuma mereka bukan blogger jadi tdk ditulis 😃

      Mengapa kalo urus KTP nitip pa RT misalnya jadinya lama? Karena Pa RT nunggu agak banyak, atau berbarengan dengan urusan lainnya, malas kalo jalan mondar mandir cuma 1 urusan. Kecuali mau bayar mahal.

      Semga lekas selesai dan dimudahkan ya.

  8. Etrisst Echa berkata:

    Mas gimana cara urus surat pindah kalo yg mau pindah udah pindah dluan … apakah bsa diwakilkan bukan oleh yg bersangkutan langsung ..
    Bsakah ngurus ini secara online langsng ke kantor pemukiman dan kependudukan kahh .. kalo bsa bagaimana langkahnya ..
    Oke makasih buat infonya mas

  9. dan berkata:

    Numpang ty aku yanto warga dki ingin pindah kepemalang tapi aku dah pindah terlebih dahulu sama keluarga kecilku pertanyaannya apa bisa diurus sama orang lain

    • Bisa Mas, bisa nyuruh RT tp biasanya ada biaya yg lebih besar, lebih baik nyuruh saudara, repot si tp lebih murah, walaupun ngasih biaya banyak mending sama saudara drpada sama RT, kecuali RT saudara sendiri, lebih enak

  10. Agus wira berkata:

    Saya Mau Tanya ,apakah mengurus Surat pindah bisa diwakilkan,asal saya medan Mau pindah ke palembang,tapi saya Mau buat ktp di palembang harus minta Surat pindah dulu,untuk ngelanjutin buat top,dan apakah KTP lama asal medan saya ditarik oleh pihak capil medan,
    Oke trimakasi ,mohon responnya

    • Bisa diwakilkan Bang, dari surat pengantar pindah dst, kecuali tanda tangan KK dan KTP, harus sendiri tentu saja.
      Utk KTP asal wilayah tidak pasti, bisa ditarik bisa tidak oleh Capil wilayah baru. Kalo dr Capil wilayah asal tidak ditarik, cuma dikasih tenggang waktu berlaku.
      KTP saya tdk ditarik oleh Capil domisili baru, tapi kawan saya ditarik, jadi tergantung capilnya

  11. Dimas tejo berkata:

    Saya mau tanya dan minta penjelasan ni mas,,saya sudah punya e-ktp dari JATIM,begitu juga dengan e-ktp istri saya dari JABAR dan KKpun masih ngumpul sama KK orang tua masing”.kita mau pindah satu atap ke Daerah (AKAP) ke DKI.
    Bagaimana cara proses ngurusnya mas?
    apakah harus pisah KK dulu dari orang tua?
    Demikian,,matur suwun,,

  12. chandra berkata:

    numpang tanya mas bro,,,
    saya sudah urus semua nya sampe ke disduk alamat asal saya…
    tiba2 di jakarta si pak RT minta SKCK…lahhh bingung saya…
    dah kampung yang jauh…gimana mw ngurus nya coba…
    tolong masukan nya….

    • Waduh, setahu saya SKCK tidak ada dalam persyaratan deh, kalo surat dari perusahaan tempat kerja baru masuk akal, lompat aja langsung kelurahan, tanya persyaratannya di sana. Ga usah nyinggung SKCK di kelurahan, tanya syarat pindah dari kampung yg diperlukan utk jd warga DKI

  13. Maulana berkata:

    Mas, sebelumnya KK saya masuk dengan tante saya. Nah sekarang tante saya sudah pindah, dan dia lupa memasukkan nama saya di KK barunya. Nah sekarang saya mau pindah ke KK orang tua saya. Itu prosesnya bagaimana mas? Orang tua saya dan tante saya beda provinsi mas.

  14. Harry berkata:

    pak Triyanto, terima kasih sudah sharing,

    saya mau tanya, pernah mengalami atau mengetahui kah mengenai pindah KK ke DKI Jakarta?

    karena yang saya hadapi sekarang adalah lurah daerah tujuan tidak mau ttd berkas pindah dengan alasan saya kontrak disana, jadi harus membawa penjamin ( pemilik kontrakan atau saudara yang sudah tinggal disana ) ke hadapan lurah untuk ttd jaminan. padahal saya telah tinggal disana lebih dari 5 tahun, dan semua berkas saya telah lengkap, berkas lama ( KK dan KTP ) saya telah dicabut dan dicoret dari daerah asal, dan ada surat pengantar rt rw daerah tujuan.

    jadi status kependudukan saya tidak jelas, masuk daerah asal tidak bisa karena tidak tinggal disana lebih dari 5 tahun, sedangkan di tempat tinggal yang sekarang juga tidak diterima dengan alasan saya mengontrak.

    terima kasih

  15. odeng berkata:

    Sy mo bagi share pengalaman bikin surat pindah KTP istri sy dan anak sy sebelumnya tinggal di Tangerang pindah Ke alamat sy yaitu Pandeglang. Karena sy org awam dan ngerti, tapi sy mencobanya dng mengurus sendiri. Sy KTP ISTRI dan KK mulai dari kelurahan. Setelah mendapatkan blanko F 34 sampai F 37. langsung sy di arah kan ke kantor Kecamatan beres di Kecamatan. itu sy di arah kan ke Disdukcapil tingkat kabupaten. tapi sy bingung mesti ke Kabupaten sy ngk apal banget daerah kantor Disdukcapil daerah istri saya Ahir nya sy mutuskan menyerahkan ke orang Kecamatan utuk di urus, Y gitu deh klo trima beres kita harus Merogoh Kocek yg lumayan. Y ngk jadi masalah yg penting beres. Setelah sy tunggu tunggu ko udah 8 hari blm jg beres. Ahir nya sy marah marah di kantor Kecamatan. Bahkan sempat mau sy laporkan ke bupati tentang pelayanan untuk masyarakat. Mgkin merasa takut sy laporkan kan. Eh malah dia minta maaf kepada sy, dan janji akan di urus secepatnya. Nah mgkin itu saja perihal pengalaman sy. Aslmkm.

  16. Suci yanti berkata:

    Mas saya mw tanya,saya menikah dan blm punya kk….saya ktp jakarta dan suami pekuncen banyumas.kalo suami minta surat pindah dr banyumas untk urus ke jakarta,apa sulit prosesnya dan apa bisa diwakilkan pihak keluarga?terima kasih
    mohon jawabannya

    • Setahu saya bisa diwakilkan, umumnya lewat perangkat desa seperti RT/RW, atau orang yang memang biasa menawarkan jasa di bidang itu.
      Nah utk memastikan kepindahan ke Jakarta baiknya nanya ke kelurahan setempat Mba, karena dulu saya pindah dr Jakarta ke Jawa Barat, sedang waktu bikin KK di Jakarta minta bantuan tetangga yang memang kerap mengurus KK/KTP, saya bayar jasa.

  17. jamal berkata:

    ribet ya ? kenapa tidak dipermudah saja , kan sekarang jaman Online

    inilah salah satu orang malas ganti KTP / rubah alamat dll….Prosedurnya berbelit belit

  18. Nike berkata:

    Saya mau pindah dari bandung ke jakarta tapi ternyata saya telat karna surat di terbitkan harus 30 hari masa berlakunya.sama dengan skck kalau bikin skck harus semuanya ikut atau bisa di wakilkan y ma

  19. adriany berkata:

    Selamat sore pak Try….
    Saya mau nanya..klo pengurusan KTP pindah dari sumatra ke sulawesi gimama ya pak???sementara sratus saya sekarang berada di sulawesi dan yg akan mengurus surat pindah saya adlh perwakilan(keluarga)di sumatra.
    Terus masalahnya lagi KK saya yg aslinya hilang tp saya masih punya fotocopynya
    Klo kasusnya spt ini gimanan ya pak
    Terima kasih

  20. Bima Aria berkata:

    Mlm Pak Tri
    Pak sy ad masalah bgni… KTP sy sdh mati skitar 5 tahun & sy jg sdh tdk trdata di KK manapun (ibu saya wktu pndh dr Cip. Muara ke Pamulang Timur sdh mmbt KK sndiri), jdi data di KK yg slama ini sy pegang udh tdk valid lg, krn msih bralamat di Cip. Muara. Sy udh 3 thn trakhir stay di Pamulang Timur. Bln Sept 2016 ini kan di-sbut2 sbg bln trakhir utk pngurusan e-KTP. Boleh sy mnta saran, ap yg sharusnya sy lalukan, & dmulai dr tahap yg mana. Mhon pncerahannya Pak.
    Trima ksih.

  21. ripka berkata:

    mau tanya mas itu kelurahannya g pakai bawa kk asli apa gpp y.. cm fotocopy kk

  22. zein berkata:

    assalamualaikum mas try..
    saya mau pindah dari lampung ke karawang, tapi posisisaya disini bekerja, terus untuk surat pindah sendiri bisa di wakilkan pada orang tua saya tidak mas, ( ada satumasalah , : Ktp saya hilang ) mohon bantu infonya mas thaks..

    • Bikin surat kehilangan KTP utk urus KtP baru. Utk urus surat pindah setahu bisa diwakilkan, tapi syaratnya kan ada KTP dan KK, jadi baiknya urus dulu KTP yg hilang itu, karena saya tidak tahu apakah surat kehilangan bisa menggantikan syarat kepemilikan KTP saat bikin surat pindah

  23. Cika berkata:

    Hallo mas, saya mau tanya.
    saya udah pindah dari pulau jawa ke pulau kalimantan, sayangnya ayah saya kemarin tidak sempat mengurus surat pindah.
    kemarin saya mau buat KTP katanya harus cabut berkas dulu di tempat sebelumnya, jadi yg mau saya tanyakan, “Bisakah jika yang mengurus surat pindah di tempat lama tersebut Saya, bukan ayah saya (yg tercatat di KK sbg Kepala Keluarga)?” Thx.

  24. umbu berkata:

    Mohon maaf bang saya ini agak kerepotan untuk mengurus surat pindah daerah bang saya asli nya NTT mau pindah di malang.Apa bisa kami mengurus nya di malang kah ?mohon bantuan nya.terima kasih

  25. umbu berkata:

    tapi orang tua dan keluarga ku tidak bisa mereka lepas untuk pindah penduduk bang.mereka mati matian tdak mau bang.

  26. umbu berkata:

    itu apa bisa di buat di daerah tmpat tnggal sekarang atau tidak bang ?

  27. Share pengalaman mengurus pindah KTP dan KK dari daerah ke Jakarta
    1. Mintalah surat pindah ke tempat asal. Syaratnya : pengantar dari RT, KTP asli, dan FC KK. Karena kami (saya dan isteri) sudah menetap di Jakarta, jadi yang urus hal ini adalah orang tua masing-masing yang masih berada di daerah. Lama pengurusannya berbeda-beda.
    2. Kalau sudah jadi, minta surat pengantar dari RT disahkan RW daerah tujuan. Siapkan juga fotocopy KK keluarga penjamin, dan materai 6000. Surat Pindah dari daerah asal jangan lupa ditanda tangan oleh orang yang pindah. Dalam hal ini, kami berdua masing-masing harus tanda tangan surat pindah itu.
    3. Berkas Surat Pindah, Fotocopy Surat Nikah dibuat rangkap 4. FC KK penjamin rangkap 2. Semua berkas dibawa ke Kelurahan. Jangan lupa semua harus ikut, kalau mau selesai 1 hari, yaitu : suami, isteri, dan kepala keluarga penjamin.
    4. DI Kelurahan akan diberikan 2 Form Surat Pindah Datang, juga surat pernyataan dari Keluarga Penjamin. Isi sesuai dengan data, 1 untuk suami, 1 untuk isteri. Masing-masing ditanda tangan. Kalau isteri dan keluarga penjamin tidak ikut, berarti Form dibawa pulang, diisi di rumah, ditandatangan baru esoknya dibawa kembali untuk diserahkan.
    5. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas. Kalau sudah lengkap, pulang deh. FC Surat Pindah dari daerah asal dibawa 1 rangkap untuk pengambilan jika KTP dan KK sudah aktif. Katanya sih sekitar 3 minggu untuk pindah provinsi.
    Enaknya di Jakarta, tidak usah repot-repot sampai Kecamatan atau ke Dinas Dukcapil. Dari Kelurahan yang akan mengurusnya. Kita tinggal menunggu pengambilan aja.
    Biaya : gratis. Paling untuk RT dan RW biaya administrasi seikhlasnya aja, dan buat keluarga penjamin, karena mereka kita bisa bikin KTP dan KK.
    6. Setelah 3 minggu, bawa FC Surat Pindah, untuk mengecek KTP dan KK sudah ada atau belum. Punya kami….masih menunggu 3 minggu lagi. Kan baru kemarin urusnya. Mudah-mudahan bisa lebih cepat……

    • Terimakasih mas Yudhistira atas berbagi pengalamannya. Mudah-mudahan lebih cepat Selesai.
      Kalo saya diurus sendiri, dari rt sampai Disdukcapil asal (Jakarta) juga di rt sampai Disdukcapil alamat baru (Bekasi) lebih repot emang, tapi dari kelurahan waktu itu memang suruh jalan sendiri

      • Novia D Yusuf berkata:

        bg triyanto sy mau tnya . ini kan sy mau urus surat pindah dtg ke bekasi . mau bikin kk dan ktp . nah yg sy tanyakan . skrg kan ktp sy dan suami sdh e ktp , kalau nnt waktu ngurus surat pindah dri daerah asal ktp sudah ditarik gmn bg . apa nnt di dbekasi tidak dimnta ktp lama kita ? mohon infonya bg

        • Setahu saya, KTP lama tetap dikasih ke kita, nanti di domisili yg baru dibuatkan KTP sementara (sampai eKTP alamat baru jadi), nomor ktp tetap sama. Kemungkinan ktp lama akan ditukar saat ktp sementara ini jadi

  28. sya berkata:

    Selamat pagi mas tri, sebelumnya senang sekali ada blog ini,..
    Saya mohon teman disini bantu share solusi buat saya, dan terimakasi sebelumnya.
    KK Saya jakarta barat, tp brp tahun yg lalu kk di bawa ke kelurahan untuk perubahan data karena ada anggota keluar.
    2011 saya ke klurahan mau minta kk, ditanyalah saya KTP dan saya tunjukan KTP saya,berhubung msh blm eKTP saat itu jg mereka lgsg minta,saya utk rekam foto spy mau di keluarkan eKTP dan KK baru, tp sampe skrg blm di kasih, dan karena saya sdh tdk d jakarta, sdh plg kampung, di kampung saya rekam buat baru, dikampung nda bisa keluarin karena saya katanya sdh pernah rekam di jakarta barat, akhirnya saya dtg ke jakarta lagi, dgn biaya tiket mahal keadaan sbenarnya tdk mgkn mlkukan perjalanan jauh, hany untuk urus KTP KK.
    Singkat cerita, dari kelurahan minta KTP dan KK, KTP saya tunjukin sdangkan KK saya critakan kronolgi waktu saya dtg dlu, akhirnya disuruhlah saya ke kantor polisi buat srt khilangan dan ke RT RW minta srt pengantar, masalahnya disini, saya hanya ketemu mba mgkn art di rmh RT dan saya meninggalkan berkas copy sama mba, jg nomor hp.
    Seminggu bbrp hr kmudian saya tlp yg angkat jg mbaknya, katanya ibu RT tdk ada tp mau ambil berkas saya, datang aja nanti ketemu mbak jg. Kmrn rabu tgl 23 nov saya ksana ketemunya mbaknya ambil berkas, dan saya mendapatkan tulisan diatas kertas buku yg biasa kita pake skolah, intinya di tulis saya tidak terdata di Rt rw tersebut (skalipun situ ada KTP saya). Nah sini yg saya bingung, saya mau gimana ya selanjutnya, mau bikin dmn pun saya sdh rekam d jakarta barat, hrs minta srt pindah keterangan Rt saja saya tdk terdata.
    Teman teman mohon info,..
    Saya pusing mesti bolak balik pdhl keadaan saya lg tdk boleh cape..
    Terima kasih ya untuk semua, terimakasih pak Tri.

    • Subhanallah.
      Udah lama banget ya, 2011. Sayang waktu itu tidak langsung diurus aja. Kalo sudah betlarut begini agak repot.
      Coba ke kelurahan lagi dan cari orang atau pegawai yang bisa membantu menyelesaikan permasalahan ini.
      Saya juga bingung, kalo sudah begini, sekelas RT kemungkinan kecil bisa memahami dan membantu. Yang pasti kan udah pernah rekam e-KTP, setahu saya, data tersebut masih tersimpan di database. Lacak aja terus ke kelurahan, kalo mentok, langsung ke kecamatan dan Disdukcapil. Ceritakan kronologinya. Semoga ada pegawai yang bisa membantu dan masalah lekas terselesaikan. Aamiin

  29. chida berkata:

    mas mau tanya dong,kan tadi ngurus surat pindah di desa eh ternyata kelurahan dan kecamatannya terbalik.kira2 bisa ga dirubah nya langsung ke dukcapil nya?soal nya mau balik lagi jauh..trims

  30. Jonas berkata:

    Selamat malam mas… jadi begini cerita nya mas, saya bekerja di karawang, tapi KTP saya KTP DKI. Berhubung akan di adakan update data di perusahaan, maka saya ingin bikin KTP Karawang aja, tapi ga bisa karena KTP DKI saya udh mati 4 tahun dan di Kelurahan di Jak Tim saudara saya bilang bahwa data saya sudah ga ada lagi. Minta tolong penjelasannya mas gimana proses pengurusannya, termasuk mengurus KTP DKI yg udh mati 4 tahun. Mksh sebelumnya.

  31. Allan Helan Diaz berkata:

    Mas Triyanto, saya waktu itu berencana buat KTP jakarta dan saya sudah minta surat pindah dari daerah asal saya NTT ke Jakarta tapi saya tidak jadi bikin ktp Jakarta karena saya harus balik ke NTT. Apa satatus kependudukan saya sekarang NTT atau Jakarta? Sedangkan di Jakarta juga saya belum melapor surat pindah saya ke kantor lurah.
    Terimakasih mas.

  32. janah berkata:

    maaf mas numpang nanya..saya mw pindah ngikut suami +mw ganti KTP klw saya dri tegal pindah ke bekasi .. apakh jika saya balik lagi ke tegal sya gak diterima lagi ditegal

  33. nurhidayah berkata:

    Saya mw taya..saya blom pya ktp tp saya ingin mecah kk / pindah kk ke kk kluarga lain it gmna ya

  34. meutiaku berkata:

    Salam Mas Tri,
    Kalau saya pernah daftar haji dengan KTP Jateng lalu saya pindah Provinsi, kira2 kalau saya pindah KTP ke domisili baru (Provinsi lain) nanti akan bermasalah waktu ada panggilan haji gak ya?

    • Harusnya tidak ada masalah, karena kuota yg dipakai adalah kuota wilayah pendaftaran pertama, bukan berdasar domisili KTP terbaru.
      Sama halnya, KTP DKI daftar haji di Jateng, krn kuota yg kosong di Jateng, setahu saya tdk masalah.
      Maaf kalo kurang tepat

  35. Jasmer Siregar berkata:

    Numpang nanya mas.
    Saya dari bekasi timur. Saya mau nanya baru baru ini saya ngurus surat pindah ke batam. Karna ada niat mau nyari kerjaan disana. Ternyata saya tidak jadi pergi kesana pada hal saya sempat ngurus surat pindah ke batam. Tiba tiba ada yang nerima saya kerja di jakarta. Apakah bisa saya urus kembali ktp sma kk di jakarta ini walaupun surat pindah saya tertulis tujuannya ke batam…??
    Mohon info bantuannya mas… thank’s

  36. Alena berkata:

    Malam Mas Tri.
    Numpang tanya, saya sdh mengurus surat pindah dari Lampung ke DKI (via kelurahan byr 100rb krn 50rb di tolak) tanpa mengurus skck krn tdk tau & sy jg sudah tinggal di DKI sebelum mengurus srt pindah tsb. Pertanyaan nya:
    1. Apakah di perlukan skck ?
    2. Jika diperlukan skck, apakah bisa sy urus di DKI saja skck tsb yg katanya tdk bs di wakilkan hrs urus sendiri ?
    3. Masa berlaku srt pindah 30hari ( trcatat tgl 23.12.16 sedangkan saat sy terima dri kelurahan tgl 31.12.16. Apa akibatnya jika sy belum sempat atau melewati batas 30hari tsb dlm pengurusan di kota tujuan DKI?
    4. Krn srt pindah atas nama sy utk ikut suami yg domisili & KTP sdh DKI. Apakah bisa hanya suami saja yg dtg utk mengurus atau sy hrs turut serta ?
    Demikian, terima kasih.

  37. Fetria berkata:

    Mas, maaf mau tanya bapak saya mau pindah KK dari Jakarta ke Tangerang tetapi adik saya belum 17thn apa perlu dibuatkan surat kuasa? Terima kasih.. mohon bantuannya agak bingung soalnya

  38. Novia berkata:

    Assalamualaikum mas ,, maaf sy mau tnya . Suami sy kan org kendal semarang ,, dan sy solo . Saat ini suami sdg mengurus srat pindah dari kendal dengan dwkilkan guna membuat kk di solo . Ktp suami sy sudah e ktp . Yg sy tnyakan ,, kalau nnt mngurus surat pindah dtg ke solo apakah ada perekaman e ktp lagi mengingat bapak sy di solo yang akan mengurus surat pindah dtg , kk dan ktp baru trsebut . Mohon infonya ya mas . Ditunggu . Terimakasih

    Balas

  39. A jhuangun berkata:

    kita punya angota keryawan ini urus surat pindah dari jember ke kalimantan utara tapi angota syaa tdak punya keluarga yang mengurusin dan lagi pula angota sya sedang hamil dan tdk mungkin bsa urus surat pindah dia hanya mau buat surat pindah ke kalimantan untuk buat kk baru dan tdk di perboleh lan smntra ini dia ikuti kk keluarga nya saja apa bisa di nonaktif kan ktp nya

  40. A jhuangun berkata:

    apa bila bisa di nonaktif kan e-ktp nya saya mohon informasi biar kita bisa mengurusin surat pindah secara online supaya tdk ribet krna ini urusan dgn nyawa mohon informasi kepada kepala desa jember khusus nya desa dahlok hub saya 081333144678

  41. A jhuangun berkata:

    kalau bisa saya mohon informasi dari jember hub saya di nomer 081333144678

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s