Usman Harun, Saya yang tidak paham Sejarah


image

Saya tersentak, malu tepatnya. Menyadari betapa ceteknya saya mengenal sejarah bangsa ini. Sejarah yang kukenal tak lebih dari pelajaran Pendidikan Sejarah dan Perjuangan Bangsa (PSPB) saat sekolah dulu, selebihnya hanya sepintas lalu tanpa keseriusan memahami.
Isu manipulasi sejarah ikut andil menjadikan apatis untuk membaca sejarah pasca kemerdekaan. Bahkan saya baru tahu bahwa kata Irian (untuk menyebut Irian Jaya) memiliki kepaniangan Ikut Republik Indonesia Anti Netherland.

Usman Harun, dua nama yang selama ini saya abaikan. Karena maraknya pemberitaan Alutsista pada acara HUT ke-69 TNI Tahun 2014 di Markas Komando (Mako) Armatim, Surabaya, Selasa 7 Oktober 2014, saya jadi penasaran dan bangga atas keunggulan Alat Utama Sistem Pertahanan TNI. Dan nama Usman Harun masuk dalam daftar alutsista tersebut.
Obrolan dengan tetangga dalam rapat bulanan RT juga tidak lepas dari kehebatan alutsista TNI terkini dan menyinggung dua nama tersebut. Nama yang dibenci oleh Singapura katanya.
Siapa sih Usman Harun ini?

Langsung saja saya searching di google opera mini, dan dari bacaan yang saya dapat menyebutkan bahwa Usman Harun adalah nama salah satu kapal perang TNI. Usman dan Harun merupakan tokoh heroik pengeboman hotel Mac Donald Singapura pada tahun 1965. Hal inilah yang membuat Singapura keberatan dengan nama salah satu kapal perang TNI.

Keberatan Singapura dilatarbelakangi oleh peristiwa konfrontasi antara Malaysia dan Indonesia tahun 1962-1966. Saat itu Singapura masih bagian dari Malasysia. Akibat konfrontasi tersebut, pada 10 Maret 1965 dua  nggota Korps Komando atau KKO (kini Marinir) Indonesia, yakni Usman Haji Mohamed Ali dan Harun Said melakukan pengeboman di MacDonald House, Orchard Road, Singapura, yang menewaskan tiga orang dan melukai 33 lainnya. Keduanya, tertangkap setelah melakukan pengeboman dan gugur setelah dihukum mati oleh pemerintah Singapura pada 17 Oktober 1968. Jenazahnya lalu dikirim ke Indonesia dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata karena mereka dianggap sebagai pahlawan nasional. (sumber kutipan: anataranews.com)

Untuk lebih jelasnya silahkan googling saja.
Jadi Usman Harun adalah teroris bagi Singapura dan pahlawan bagi NKRI.
Karena kepahlawanannya itulah, dua nama anggota Korps Komando Operasi (KKO sekarang marinir) Angkatan Laut di jadikan sebagai nama salah satu kapal perang TNI AL, KRI Usman-Harun 359, kapal dengan tipe F2000 Corvette buatan BAE System Maritime Naval Ships, Inggris.

Semoga alutsista TNI menjadikan negeri ini makin disegani bangsa lain. Dan semoga dengan ketertarikan akan alutaisista membantu saya mengenal sejarah bangsa ini.
Kapan terakhir pembaca membaca pelajaran sejarah Republik Indonesia?(tri).

**************
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di sejarah dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s