Kereta Majapahit


Pengetahuan saya tentang Kereta Api Indonesia sangant minim, sehingga saat Kang Nadi @alonrider mengatakan naik kereta Majapahit, saya bilang baru tahu. Karena pensaran dan biar mudah mencari tahu maka saya copy paste artikel Kereta api Majapahit di Wikipedia bahasa Indonesia

kereta api majapahitKereta api Majapahit adalah kereta api penumpang kelas ekonomi AC yang dimiliki dan dioperasikan PT Kereta Api Indonesia yang melayani koridor Malang Kota Baru – Jakarta Pasar Senen Via Semarang dan Sebaliknya.

Rangkaian yang digunakan merupakan rangkaian buatan PT.INKA. Awalnya kereta api ini bernama Senja Kediri yang diluncurkan sejak 5 Desember 2009 dengan rute Kediri – Semarang – Pasar Senen menggunakan rangkaian kelas bisnis. Lalu pada tanggal 23 Desember 2009 rute kereta ini diperpanjang hingga Kota Tulungagung dengan jadwal kedatangan pukul 06.15 di Tulungagung dan pada tanggal 1 Juli 2011 diperpanjang hingga Stasiun Malang (dengan uji coba sejak 27 Juni 2011). Dan seiring dengan berlakunya Grafik Perjalanan KA (GAPEKA) 2011 yang efektif pada 1 Maret 2012, maka mulai tanggal tersebut KA Senja Kediri berubah nama menjadi KA Senja Singosari. Nama “Singosari” diambil dari namaKerajaan Singosari yang dulunya berpusat di Malang. Kemudian pada tanggal 21 September 2012 KA Senja Singosari resmi dihapus dan digantikan dengan KA Majapahit dengan nomor GAPEKA 93L-94L.

kereta majapahit run

Dengan tarif sebesar Rp.210.000,00-Rp.240.000,00, KA Majapahit diberangkatkan dari Stasiun Malang pukul 13.45 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen pukul 05.26 WIB. Sebaliknya, kereta ini diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.15 WIB dan tiba di Malang pukul 07.43 WIB.

Kereta api Majapahit tujuan Malang – Pasar Senen berhenti di Stasiun Malang, Stasiun Kepanjen, Stasiun Wlingi, Stasiun Blitar, Stasiun Tulungagung, Stasiun Kediri, Stasiun Nganjuk, Stasiun Caruban,Stasiun Madiun, Stasiun Paron, Stasiun Walikukun, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Pekalongan, Stasiun Tegal, Stasiun Losari, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatinegara dan Stasiun Pasar Senen.

Gambar dari Tiket.com

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di transportasi publik dan tag , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Kereta Majapahit

  1. ardiantoyugo berkata:

    Suwiii banget ra numpak kreto…

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s