Mengenal BBM , Asuhan Kang JoeTrizilo


Ngomongin bensin yang kabarnya mau naik, alias subsidi pemerintah terhadap bbm akan dikurangi, yang menyebabkan demo anarkis bikin miris, lalu penasarannya bukan sama harga naik atau demonya, tapi kimianya bijimana seh ? Maka bertanyalah diriku pada penghuni Bontang yang bergoyang :mrgreen: Ialah Mas Joetrizilo, cekibrot copast plek-plekan silahkan cerna sendiri (pegang bathuk)

_____________________________________________________________________________

Bensin adl senyawa karbon khususnya alkana. Rumus Alkana : Cn H2n+2. Senyawa bensin : C7-C11. Misal C7 mk H16…. Smakin banyak C-nya mk BJnya semakin berat. BJ Bensin lebih rendah dari Solar. Karena Rantai C-nya bensin lebih sedikit drpd solar.

Bilangan Oktan. Oktan berasal dari Oktana atau C8. C8 mempunyai sifat kompresi paling bagus dibandingkan dg C7 (Heptana). C8 bisa ditekan sampai volume kecil tanpa tjd reaksi pembakaran spontanitas. Di dlm ruang bakar mesin, bensin (fasa gas) dan udara (O2) ditekan dg piston setelah itu dipantik dg api busi dan terjadilah pembakaran. Namun dg kompresi piston, campuran bensin dan oksigen bisa terbakar sebelum dipantik api. Itulah dasar penentuan bilangan oktan untuk sebuah kompresi. Ruang bakar dg kompresi tinggi 1:10-1:11 harus menggunakan bensin dg bilangan oktan tinggi. Sedang kompresi rendah, cukup menggunakan bensin dg bilangan oktan rendah. Jadi sdh tahu, kenapa kompresi tinggi harus minum bbm beroktan tinggi? 😀 jangan sampai campuran bensin dan udara “mbledos” sebelum dipantik api busi.

Tinggi rendahnya bilangan oktan sendiri di dapatkan dari komposisi Heptana (C7) dan Oktana (C8). Semakin tinggi prosentase C8 mk prosentase C7 akan semakin rendah. Dan Semakin tinggi prosentase C8 mk bilangan oktannya juga semakin tinggi. Misalnya : Bensin dengan oktan 87 terdiri 87% C8 dan 13% C7. Kalo oktan 90 mk??? Silahkan dijawab sendiri.

Knapa smakin besar prosentase heptana, bilangan oktan semakin rendah? Mari kita ulang bahasan kompresi diatas, bahwa dengan ditekan tanpa dipantik api busipun campuran bensin+udara bisa terbakar. Dlm senyawa karbon, semakin rendah jumlah C mk smakin mudah untuk. Terbakar. Misal : CH4 (metana) boiling point :      -107 celcius.

Kenapa hanya kompresi campuran bensin dan udara bisa terbakar. Ingat pressure berbanding lurus dengan temperature. Semakin tinggi pressure mk temperature akan ikut naik.
Contoh gampangnya  begini : saat simbok sedang masak air maka akan lebih cepat mendidih bila panci ditutup. Kenapa begitu?? Karena tekanan dlm panci naik sehingga temperature juga cepat tercapai…

Kembali ke kompresi…. Saat di tekan (kompresi) campuran udara dengan kabut bensin sangat mungkin untuk terbakar. Boiling point C7 lebih rendah dibanding dg Oktana, sehingga hanya dg temperature rendah saja maka campuran udara dan kabut bensin akan sangat mudah menyala.. Loh kok bisa???

Ada yg pernah dengar dasar api??? Dasar api adalah udara+fuel+panas… Atau dikenal dengan “segitiga api”…. Bila ketiga unsur itu bertemu maka akan terjadi proses pembakaran. Mari kita coba masukkan unsur dlm ruang bakar :
Api : Udara (ada) + Fuel (kabut bensin) + panas (pressure naik mk termperature naik)..
Jd…….

________________________________________

(lanjutannya apa yah ?) Wassalamu’alaikum

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di BBM, fisika kimia dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Mengenal BBM , Asuhan Kang JoeTrizilo

  1. Ady Suryo Lukman berkata:

    om ane mau tanya..
    apakah benar Premium di jakarta dan daerah2 lain sudah bebas timbal???
    bagaimana cara membuktikannya??
    ohya pertanyaan satu lagi..
    ada yg menyarankan untuk mencampur antara premium dan pertamax plus supaya hasilnya mendekati oktan pertamax dan bisa dipake untuk mesin berkompresi diatas 9:1??
    apakah bener sesimpel itu itung2annya???
    mohon penjelasannya.. heheh 😀

  2. Yoshi berkata:

    oh begitu ya.
    baru tahu nih . . .

  3. aditninjamaniac berkata:

    trus pengendali api gimana ceritanya kang?xixixi.. :mrgreen:
    sorry OOT..hanya menghibur.. #abaikansaja..

  4. jnakawara berkata:

    dulu pernah diajar pas sma sekarang taunya cuma bensin dan pertamax… hehehe

    mampir sodara sodara…
    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/22/angker-aura-tiger-nose-pada-mio-gt-2/

  5. harga laptop berkata:

    seharusnya pemerintah bisa berpikir jernih untuk menaikan BBM, apakah perlu atau tidak, disaat maraknya kasus korupsi yang terjadi. sehingga membuat rakyat ragu apakah benar dana subsidi ini akan dialihkan untuk kesejahteraan rakyat atau tetap masuk ke kantong para koruptor.

  6. Ping balik: Lanjutan : Mengenal BBM asuhan Kang JoeTrizilo « Triyanto Banyumasan Blogs

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s