Swing Arm Xabre Dan R15, Serupa Beda Kwalitas


Swing Arm Xabre tidak sama dengan swing arm R15.

Swing arm atau lengan ayun, di Banyumas disebut capit urang atau sapit udang. Eh, itu untuk menyebut shock depan atau  d swing arm ya. Saya lupa. Okelah, anggap saja begitulah, kembali ke Swing arm semplak milik Xabre, saya pikir sama dengan yang diadopsi Yamaha R15, sekilas lihat di jalan mirip. Apalagi masih satu almamater, alias sesama produk Yamaha Indonesia Motorcycle Manufakturing (YIMM).

Ternyata, berdasar informasi yang saya dapat dari blog jusaspal, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Beda kwalitas pastinya. Karena R15 yang lahir duluan tidak kedengaran kabar semplak swing arm, tapi Xabre atau M-SLAZ yang lahir belakangan, ternyata sudah banyak kasus arm patah.

Seperti pada penampakan di atas, Swing arm Xabre lebih tipis dibanding R15, jika diteliti, arm Xabre tidak padat, ada garis atau cekungan kotak di bagian dalam arm, berbeda dengan milik R15 yang padat berisi.

Kabarnya, harga keduanya juga terpaut jauh, Arm R15 dihargai 2,5juta, sedang arm Xabre hanya 1,3juta sampai 1,7juta saja. Selisih hampir 1juta, tentu kwalitas beda jauh. Yang jadi pikiran saya, apakah keduanya bisa ditukar plug n play layaknya arm R15 ke new V-IXION? Kalo bisa, maka masalah arm Xabre yang gampang coklek mudah diatasi tanpa mengurangi kegantengan.

Swing arm Xabre / r15

Maklum kasus terakhir, si Xabre yang semplak, arm nya diganti milik V-Ixion, tentu ini suatu kemunduran model, dari banana arm beralih ke arm konvensional. Jika Arm R15 bisa PNP ke Xabre, si Xabre tetap ganteng dan tahan banting. Tidak takut diajak ajrut-ajrutan pula, karena disinyalir lebih kuat. 

Dari foto OLX di atas, kedua swing arm sebenarnya Plug n play, karena nama jualannya pakai “/” (Xabre/R15) berati keduanya sama. Kwalitaslah yang berbeda. Jadi, gantilah arm Xabre anda dengan arm R15. Untuk perjalanan yang lebih tenang, apalagi sekarang banyak muncul wisata Jeglongan Sewu yang siap menguji kelenturan dan ketangguhan swing arm sepeda motor anda.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di motorcycle dan tag , , . Tandai permalink.

20 Balasan ke Swing Arm Xabre Dan R15, Serupa Beda Kwalitas

  1. Proleevo berkata:

    Arm erlimolas iso dipasang nang verza ora lik. Ben ono kemajuan

  2. Mas Sayur berkata:

    Arem arem maneh… 😀

  3. Ari CX Rider berkata:

    siaapke materaiii

  4. INITIAL vm berkata:

    setop setop kasian,ntar tambah baper

  5. ardiantoyugo berkata:

    keliatan keren belum tentu kokoh yo… 😆
    mending pulsar wae… 😎

  6. Kasamago berkata:

    Xabre oh Xabre..

  7. joko berkata:

    https://www.oto.com/berita-motor/swing-arm-yamaha-xabre-patah-ini-penjelasan-yamaha-2116993

    _________________

    Ia menyayangkan pihak-pihak yang memanfaatkan ini untuk kepentingannya. “Jadi viral karena jadi debat kusir di Facebook digoreng blogger, ditambah media yang menayangkan akhirnya membuat informasi menjadi viral dan kian meluas. Tapi tak satupun yang mengonfirmasi ke kami,” sampainya pada OTO.com.

  8. joko berkata:

    Ati2… Crosschek sumber berita, jangan jadi blogger VCD BAJAKAN… hahahha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s