Gerry Salim, Apa Kabar di Moto3 Eropa (CEV Repsol)


Gerry Salim, pebalap asuhan Astra Honda Racing Team (AHRT) sepi pemberitaan setelah hijrah ke Eropa. Berbeda saat Gerry Salim masih mengangkangi CBR250RR di kelas Asian Product AP250 ajang balap Asia Road Racing Championship (ARRC atau AsianGP) serta balap Asia Talent Cup (ATC), dimana Gerry selalu menarik perhatian karena kerap memimpin race dan podium. Posisinya sekarang diisi oleh Mario Suryo Aji, belia yang langsung menggebrak di ajang balap kelas Asia tersebut.

Gerry Salim sekarang mewakili Indonesia sebagai pebalap kelas Moto3 d di ajang balap Eropa, Campeonato de Espana de Velocidad (CEV Repsol), tahun sebelumya diisi oleh Andi ‘Gilang’ Farid Isdihar yang sekarang ‘mudik’ dan menjadi rider kelas Supersport SS600 di ajang ARRC2018. Yah, balap Asia lebih mudah ditundukkan, terbukti, meski 2 tahun nyemplak mesin 250Cc di Moto3, Andi Gilang mampu meraih hasil yang lebih baik di kelas 600cc ajang ARRC. Balap SS600 ARRC, disamping sedikit pesertanya, kemampuan rider juga masih di bawah kelas Moto2 Eropa.

Kembali ke Gerry Salim. Iklim balap Eropa memang beda, Fim CEV Repsol merupakan ajang pencarian bakat menuju balap grandprix dunia (MotoGP), tentu pebalap yang turun di ajang balap Eropa CEV adalah pebalap berbakat, terbukti ajang balap ini mampu melahirkan pebalap-pebalap berkelas seperti Mark Marquez, Lorenzo dan lainnya. Tentu kita berharap ada wakil Indonesia yang juga berhasil digembleng dan menjadi pebalap kelas dunia. Nah Gerry Salim adalah wakil Indonesia di kelas Moto3 dan Dimas Ekky di kelas Moto2. Prestasi Dimas Ekky cukup baik, dan itu tidak diperoleh instan. Perlu penyesuaian dengan iklim, track dan rider lainnya. Gerry Salim baru turun tahun ini sedang, Dimas Ekky sudah mulai ikut ajang balap Eropa CEV Repsol sejak 2014, cukup lama dan cukup waktu untuk menghafal karakter motor dan track sirkuit (baca prestasi Dimas Ekky di Moto2 Eropa). Sementara Gerry Salim baru turun di ajang CEV tahun ini. Jadi masih wajar jika belum mampu kompetitif.

Prestasi Gerry Salim di ajang Moto3 Eropa 2018 memang belum membanggakan, tapi dari 3 seri yang sudah digelar, hasilnya makin membaik. Coba kita tengok

  • SIRKUIT DO ESTORIL

Gelaran pertama balap Eropa CEV Repsol tahun ini dimulai di sirkuit Estoril. Di seri pertama ini hanya ada 1 kali race, Gerry Salim yang memulai balapan, star dari grid 27 dengan catatan waktu 1:49.587, sedang peraih pole position Manuel Pagliani #96 yang juga mengendarai motor Honda, dengan perolehan waktu 1:47.676, selisih hampir 2 detik. Di Estoril ini Gerry tidak berhasil finish. Dan Pagliani, rider Italia dari tim Leopard Junior meraih podium pertama dengan Best lap 1:48.639. Saya tidak menemukan berita resmi, kendala yang dialami Gerry Salim di seri Estoril ini. Saya coba tonton ulang di Youtube, tapi tidak berhasil menemukan Gerry Salim di jajaran pebalap yang jumlahnya 40rider itu. Tentu hanya barisan terdepan yang selalu disorot kamera.

  • SIRKUIT RICARDO TORMO

Balap CEV Repsol di sirkuit Ricardo Tormo berlangsung 2 kali race. Di race pertama, Gerry Salim memulai balap dari posisi atau grid 21 dengan catatan waktu 1:40.715, sedang peraih pole position adalah Alex View #81 dari tim Marineli Sniper, dengan perolehan waktu 1:39.410. Sementara peraih pole sekaligus podium 1 di Estoril, Manuel Pagliani berada di Grid 4 dengan catatan waktu 1:40.032.

Di race 1 Ricardo Tormo ini, Gerry Salim berhasil finish urutan 25, sayang sekali harus melorot 4 grid dari posisi start, dengan meraih best lap 01:41.919. Peraih podium 1 adalah Sergio Garcia yang memulai balap dari grid 5. Diikuti Alex View di podium 2 dan Jeremy Alcoba di urutan 3. Semua podium disabet rider Spanyol.

Pada Race 2 Ricardo Tormo Moto3 CEV Repsol 2018, Gerry Salim memulai balap dari posisi atau grid 22, selisih 1 grid dengan race 1. Di race 2 Ricardo Tormo ini, Gerry Salim finish urutan 27. Makin melorot saja. Tapi dilihat dari jumlah peserta yang mencapai 40 pebalap, posisi 27 tidak terlalu buruk bagi pemula. Peraih podium di race 2 Ricardo Tormo 2018 adalah Raul Fernandes #23 rider Spanyol di podium pertama, diikuti Manuel Pagliani #96 dri Italia dan Ai Ogura #32 rider asal Jepang di urutan 3.

  • SIRKUIT LE MANS

Di seri Le Mans Moto3 CEV Repsol 2018, Gerry Salim memulai balap dari starting grid 24 dengan catatan waktu 01:44.725 dan finish urutan 25 dengan total waktu 30:03.433. Peraih podium adalah Alex View, Raul Fernandes dan Ai Ogura. Nampaknya rider Jepang ini mampu bersaing di urutan terdepan dan berhasil meraih podium berapa kali. Masih ada rider Asia lain yang beberapa kali bersaing di barisan depan yaitu Yuki Kunii rekan senegara dan setim Ai Ogura di Asia Talent Team dengan motor Honda , juga Somkiat Chantra dari Thailand dan beberapa pebalap lainnya.

Lantas, bagaimana peluang Gerry Salim di Moto3 Eropa 2018 ini, jika dibandingkan dengan prestasi Andi Gilang Farid Isdihar, nampaknya tidak jauh beda. Nanti akan saya bandingkan di tulisan selanjutnya. Apakah Gerry Salim akan berhasil memperbaiki posisinya. Kita tunggu saja, dan semoga, karena umur dan prestasinya, tidak lantas diabaikan oleh AHRT.

Iklan

Tentang Triyanto Banyumasan

Mencoba Tersenyum di saat marah itu perlu
Pos ini dipublikasikan di Balap Eropa dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Gerry Salim, Apa Kabar di Moto3 Eropa (CEV Repsol)

  1. Mas Sayur berkata:

    Durung entuk poin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s