Swing Arm Xabre Dan R15, Serupa Beda Kwalitas


Swing Arm Xabre tidak sama dengan swing arm R15.

Swing arm atau lengan ayun, di Banyumas disebut capit urang atau sapit udang. Eh, itu untuk menyebut shock depan atau  d swing arm ya. Saya lupa. Okelah, anggap saja begitulah, kembali ke Swing arm semplak milik Xabre, saya pikir sama dengan yang diadopsi Yamaha R15, sekilas lihat di jalan mirip. Apalagi masih satu almamater, alias sesama produk Yamaha Indonesia Motorcycle Manufakturing (YIMM).

Ternyata, berdasar informasi yang saya dapat dari blog jusaspal, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Beda kwalitas pastinya. Karena R15 yang lahir duluan tidak kedengaran kabar semplak swing arm, tapi Xabre atau M-SLAZ yang lahir belakangan, ternyata sudah banyak kasus arm patah.

Seperti pada penampakan di atas, Swing arm Xabre lebih tipis dibanding R15, jika diteliti, arm Xabre tidak padat, ada garis atau cekungan kotak di bagian dalam arm, berbeda dengan milik R15 yang padat berisi.

Kabarnya, harga keduanya juga terpaut jauh, Arm R15 dihargai 2,5juta, sedang arm Xabre hanya 1,3juta sampai 1,7juta saja. Selisih hampir 1juta, tentu kwalitas beda jauh. Yang jadi pikiran saya, apakah keduanya bisa ditukar plug n play layaknya arm R15 ke new V-IXION? Kalo bisa, maka masalah arm Xabre yang gampang coklek mudah diatasi tanpa mengurangi kegantengan.

Swing arm Xabre / r15

Maklum kasus terakhir, si Xabre yang semplak, arm nya diganti milik V-Ixion, tentu ini suatu kemunduran model, dari banana arm beralih ke arm konvensional. Jika Arm R15 bisa PNP ke Xabre, si Xabre tetap ganteng dan tahan banting. Tidak takut diajak ajrut-ajrutan pula, karena disinyalir lebih kuat. 

Dari foto OLX di atas, kedua swing arm sebenarnya Plug n play, karena nama jualannya pakai “/” (Xabre/R15) berati keduanya sama. Kwalitaslah yang berbeda. Jadi, gantilah arm Xabre anda dengan arm R15. Untuk perjalanan yang lebih tenang, apalagi sekarang banyak muncul wisata Jeglongan Sewu yang siap menguji kelenturan dan ketangguhan swing arm sepeda motor anda.

20 respons untuk ‘Swing Arm Xabre Dan R15, Serupa Beda Kwalitas

Tinggalkan komentar