Cara Balik Nama BPKB Motor Second di Polda Metro Jaya


Cara Balik Nama BPKB bagi yang beli sepeda motor Second, masih banyak yang gagap, alias gagal paham. Menganggap bahwa sudah satu paket dengan balik nama STNK, alias dianggap cukup urus balik nama di kantor Samsat atau kantor bersama. Tulisan ini adalah, lanjutan dari cara balik nama kendaraan bermotor second, yang saya kisahkan saat balik nama Suzuki Hayate.

 

Langkah balik nama BPKB di polda Metro Jaya

Cara Balik Nama BPKB sepeda motor Second, beda tempat dengan balik nama STNK. Hanya saja, ada surat berupa bukti cek fisik dari Samsat setempat untuk pengantar ke Polda. Dalam hal ini saya dari Samsat Bekasi Kota, sedangkan Polda yang di maksud adalah Polda Metro Jaya. Lebih tepatnya gedung Direktorat Lalu Lintas Polda metropolitan Jakarta Raya, umum disebut gedung biru, karena cat gedung tersebut berwarna biru.

Gedung biru polda metro jaya, pict fokusbisnis.com
Lho kok kendaraan Jawa Barat ngursnya di DKi Jakarata? Karena plat B, menginduk ke DKi Jakarta, jadi, semua kendaraan dengan plat nomor berawalan B, maka pengurusan BPKB di Polda Metro Jaya. Mulai DKI Jakarta sendiri termasuk Bekasi (kota dan Kabupaten), Depok dan Tangerang (Tangsel, Kota dan Kabupaten) 

Susunan berkas balik nama

Cara Balik Nama BPKB kendaraan di Polda Metro Jaya cukup mudah, yang penting syarat terpenuhi, datang dan bawa

  1. Masuk antrian di teras gedung biru, disini dilakukan pengecekan berkas oleh petugas dan ambil nomor antrian
  2. Antrian kedua mendapat blanko atau formulir, serta disusun oleh petugas, isi di meja yang tersedia, disusun, mulai dari fotokopi KTP, fotokopi STNK, nomor antrian, formulir pendaftaran, formulir biru
  3. Setor ke loket, dan tunggu panggilan nomor antrian untuk mendapatkan kwitansi untuk pembayaran ke loket BRI (saya agak lupa, apakah ke loket dulu atau sudah dapat kwitansi di antrian kedua)
  4. Ke loket Bank BRI bayar administrasi balik nama sebesar 80 ribu rupiah, dari BRI kita dikasih barcode bukti lunas yang ditempel di blanko biru, susun ulang, masukin kwitansi yang sudah diregistrasi BRI.
  5. Setor ke loket selanjutnya, dan tunggu panggilan, untuk mendapatkan kwitansi atau bukti balk nama, untuk pengambilan BPKB baru pada seminggu yang akan datang
    Bukti penyerahan berkas, untuk pengambilan BPKB baru
  6. Datang pada tanggal yang tertera, je loket PENYERAHAN dan tunggu dipanggil. Kita dapat BPKB baru, jangan lupa cek nama dan alamat biar tidak salah.

    Balik nama BPKB kendaraan bermotor di Polda Metro Jaya cukup mudah dan rapi. 

    29 respons untuk ‘Cara Balik Nama BPKB Motor Second di Polda Metro Jaya

    1. waduh gan kalau fotocopy cek fisiknya gak ada bisa gak ya di polda nya? lupa dan gak dikasih tau juga…. apa harus balik ke samsat lagi minta? bayar wang roko kali ya?

      Suka

    2. Buat info aja:
      Utk balik nama bpkb loket dibuka dr jam 7.30 – 10 pagi, klo dtg siang sebaiknya diundur bsk saja krn percuma. Kalo mau cek fisik gpp atau ambil bpkb baru.
      Biaya bpkb motor 225rb dan mobil 375rb. Diluar biaya perpanjangan dll.
      Contoh: utk balik nama mtr honda beat 2016 kena 600rban + 225rb buat bpkb jd 825rban blm biaya lain spt cek fisik dll. Pokoknya skrg serba mahal, itu aja urus sendiri gmn pake biro jasa… Abis deh…

      Disukai oleh 1 orang

    3. Terima mas tri infonya :
      sy udah coba ngurus balik nama sendiri mas, pas mau ambil formulir, kata petugas, BPKB pemilik lama diblokir, padahal waktu di samsat lancar lancar aja. pas mau buka blokir di loket buka blokir, kata petugas, sy harus ke pt gratama finance buat buka blokir.

      klo kasusnya seperti itu gimana ya mas untuk prosedurnya ?

      Suka

        1. terima kasih mas sudah balas pertanyaan sy.

          sudah beres mas, kebetulan kendaraan yg mau dibalik nama itu adalah kendaraan kredit yg pembiayaannya oleh pt grama, cari cari informasi untuk kendaraan kredit, bpkb nya diblokir oleh leasing untuk antisipasi duplikat bpkb oleh pihak lain.

          terkait kendala sy diatas, sy ke pt grama finance minta surat buka blokir bpkb, kemudian surat tersebut diserahkan di loket buka blokir polda, setelah baru proses balik nama, alhamdulillah tinggal ambil nanti tanggal 2 mei di polda

          Suka

    4. Mau tanya mas. Jadi motor saya udah balik nama stnk tahun lalu. Waktu mau urus bpkb, eh udah tutup, sementara kami harus Bali ke bandung siang itu jg. Ini baru inget klo bpkb belum balik nama. Nah, pertanyaan saya, semua berkas2 yang lama masih bisa dipakai kan? Tidak harus cek fisik lagi kan?terima kasih.

      Disukai oleh 1 orang

    Tinggalkan komentar