Ganti Oli CVT dan Gagal Servis Karburator Hayate



Karbu hayate susah dibongkar

Beberapa waktu lalu, tepatnya 2 Agustus 2016, Jeng Maryate alias Suzuki Hayate Marun ngambek. Tidak mau starter, disinyalir Accu/aki drop, anehnya, kick starter juga susah banget. Berulang-ulang dicoba engkol. Padahal dulu aki skydrive pernah ngedrop, tapi kick starter berfungsi dengan lancar. Apakah Hayate ketergantungan dengan aki/accu? 

Sampai akhirnya saya pasang aki Pulsar di skutik Suzuki tersebut. Selanjutnya elektrik dan kick starter di cobain. Mesin menyala normal. Sudah dipastikan permasalahannya adalah accu yang lowbatt. Saya memutuskan meminang accu baru, karena ukuran dan Amphere aki Pulsar terlalu besar.

Selanjutnya saya berniat Cleaning karburator dan ganti oli gardan. Maklum udah setahun tidak diservis si Maryate ini. Penggantian oli gardan Suzuki Hayate cukup mudah. Giliran membongkar karburator ternyata cukup merepotkan, sampai saya membatalkannya.

Pompa dan valve bensin?

Di sini saya jadi tahu, bahwa BBM di Hayate tidak akan mengalir ke karburator kalo mesin tidak hidup, karena antara tangki dan karbu terdapat pompa bensin yang berfungsi mengalirkan bensin. Saya juga tidak yakin apakah itu pompa atau hanya ‘klep tabok’, yang membuka saat mesin hidup dan menutup saat mesin mati.

Ganti oli cvt hayate 06 Agustus 2016

Saya juga mengganti oli gardan si Hayate. Beberapa kali ada suara ‘serak’ dari area CVT, mungkin olinya sudah terlalu encer. Maklum sudah setahun silam oli belum ganti lagi. Cukup mudah menuangkan oli gardan dari SGO (Suzuki Genuine Oil) ini. Jangan lupa ditap dulu oli lamanya. Tinggal buka baut penutup pembuangannya.

Entah kapan jadi servis karburator, soalnya sampai saat ini si Maryate baik-baik saja, meski dibejek full throtle.(Tri)

19 respons untuk ‘Ganti Oli CVT dan Gagal Servis Karburator Hayate

  1. hehehe penyakit neng yatee sepertinya memang di aki, dan bohlam depan yang kadang mati sebelah……selebihnya ngak ada rong rongan

    Suka

        1. Matic karbu koq masih kepengaruh aki soak ya mas? Bukane ga butuh fuelpump? Harusnya motor karbu walo ga pake aki bs nyala, atau strum cdi lgsg dr aki? Krna di motor bebek cdi ada spulnya sendiri

          Suka

        2. Hayate pakai fuelpump Mas, dan setahu saya, bensin ga ngalir tanpa mesin ON. Nah mengkin fuelpump ini perlu tegangan stabil langsung dari aki.
          Saya juga belum paham banget, yg jelas saat saya buka selang bensin, ga ngalir pada kondisi mesin off

          Suka

        3. Dari fotonya sampean kayaknya dia ga pake mekanisme katup vakum, makanya pake fuelpump,,,, kalo saya sih mending ta ganti katup vakum kayak di motor bebek ato pake katup vakum motor lain,, lah kalo misale mogok tengah jalan gara2 aki soak lak ngrepoti jadinya… Hehehe

          Suka

Tinggalkan komentar