Penyempurnaan Bracket Box Suzuki Skydrive


image

Pemasangan Top Box di Suzuki Skydrive cukup repot, karena rear hugger atau tanduk buntutnya hanya memiliki satu (1) baut penguat. Apalagi bracket box yang saya pakai adalah model monorack yang memang mengandalkan baut rear hugger untuk pemasangannya.

Pada artikel lalu sudah saya tulis kegagalan pemasangan bracket box ini (klik Pasang Top Box di Skydrive (bisa Gagal)). Bisa dibilang dua kali gagal. Pertama kupingan bracket yang mleot, kedua, setelah bracket diperkuat ternyata baut rear hugger tidak mampu menopang sehingga coplok dari lobang bautnya. Mengakibatkan drat lobang baut aus atau lanas.

image

Kegagalan kedua ini memaksa saya untuk memperbesar lobang baut dan membuat drat baru. Pekerjaan ini disebut TAPPING.
Pembuatan drat ada dua istilah yang saya kenal yaitu Tapping dan senay. Tapping adalah membuat drat dalam lobang, sedang senay adalah membuat drat baut atau drat luar. Maaf jika ejaan kurang tepat.
Proses tapping tidak sempat saya dokumentasikan, sebenarnya cukup mudah, cuma perlu ketelatenan dan kekuatan fisik. Maklum, masih manual dengan tangan.
Jadi lobang baut yang semula memakai baut ukuran 12mm saya upping menggunakan baut ukuran 14mm.

image

Selanjutnya saya merubah kupingan bracket box monorack menggunakan plat besi yang lebih tebal dan lurus, terhubung dari rangka kanan ke kiri. Saya juga memanfaatkan baut bracket stoplamp, sebagai tambahan penguat pegangan bracket. Baut stoplamp ini diganti dengan baut yang lebih panjang. Seperti gambar di atas, hasilnya lebih kuat dan kokoh. Posisi Box juga lebih tinggi dan nungging serta nampak lebih seksi. Kuat? Ya, sudah saya test dengan muatan full dan berat yang lumayan, jarak tempuh sekira 100km. Tapi saya belum coba kalo dibebani lebih, misal diisi buah durian full loaded 😀 . (Tri)

————————————–

Posted from Android The Doctor

6 respons untuk ‘Penyempurnaan Bracket Box Suzuki Skydrive

Tinggalkan komentar