Corsa S-33, Awet dan Retak


image

Penggunaan ban Corsa S-33 tipe Tube less di Suzuki Skydrive sudah 4 tahun lebih. Artikel pemasangan satu set ban Corsa tersebut yaitu pasang ban corsa di Suzuki Skydrive publish pada 5 Oktober 2011, jadi sekira 4,3 tahun sampai saat ini.

Kembangan atau motif ban nampak masih tebal, tapi kondisinya memprihatinkan, terutama ban belakang. Beberapa titik retak parah dan bocor alus. Karet ban keras, mungkin karena umurnya yang seharusnya sudah diganti jadi ban mati.

Ban ring 14 cukup mudah didapat dan pilihan juga banyak, tidak seperti ban Hayate yang memakai ring 16, yang memaksa saya memasang ban merk Mizzle, merk ban yang tidak pernah saya perhitungkan. Walaupun selama ini baik baik saja.

Swallow-SB117-dan-Michellin-M45Nah untuk ban Skydrive kali ini saya tidak mau asal comot, saya mengincar ban Moto Adventure (MA wannabe 😀 ) alias motif kotak atau kembang tahu, layaknya ban Zeneos Turino di pulsar saya atau SB117-nya Swallow atau merk lain. Saya beberapa kali melihat Vario mengaplikasi ban model kotak nampak kokoh, layaknya kendaraan dual purpose.

harga ban michellin M-45 ring 14 di tokopedia
harga ban michellin M-45 ring 14 di tokopedia
harga ban street enduro ring 14 swallow sb-117 di tokopedia
harga ban street enduro ring 14 swallow sb-117 satu set depan belakang di tokopedia

Ada 2 merk yang menawarkan ban dual purpose ring 14 (yang masuk akal harganya) yaitu Swallow dan Michelin.
Untuk Michellin tipe M-45 sudah lama dan ukuran yang ditawarkan terbatas. Yaitu hanya ada 110/80 dengan banderol di tokopedia kisaran 360 ribu. Sedang Swallow SB-117 terdiri dari beberapa ukuran dan harga yang ditawarkan:
80/90-14 HET Rp 161 ribu/bh
90/90-14 HET Rp 195 ribu/bh
100/80-14 HET Rp 240 ribu/bh.
Itu harga awal launcing di 2014. Entah saat ini. Saya juga belum menentukan pilihan. Mungkin yang lokal saja kali ya? Lebih murah dan banyak yang merekomendasikan.(tri)

 

———————————-

Posted from Android The Doctor

12 respons untuk ‘Corsa S-33, Awet dan Retak

  1. kok aku pake corsa sport rain di vixion depan belakang cepet abis ya kembangannya, pdhl baru satu tahun… apa pengaruh bobot ridernya yg nyampe 135kg?

    Suka

    1. Untuk produk baru Corsa banyak yang soft Compound, terutama yg Platinum. Katanya si. Tapi info dari beberapa toko ban spt Planet Ban dan Sitepat seperti itu. Jadi perbaikan produk sudah dilakukan. Kalo produk lama, banyak yg keras, karet mati sampai hamil alias mblendhung karena kawat ban putus di dalam lapisan karetnya.
      Kemungkinan yg Om pakai sudah produk yang bagus, soft compound yg memang cenderung mudah habis tp tidak licin di aspal. Tentu selain faktor berat badan yg overweight itu 😀

      Suka

  2. wah ngeri jg ya sy pake yg corsa ss-z mas untuk yg depan tp yg belakang udah pakai corsa lorenzo
    owh iah mas punya artikel untuk pemasangan vrossi vixion ngga mas ?

    Suka

  3. brarti ngga banyak penyesuaian ya mas ? (seperti bubut atau ganti as roda)
    sy sebener’a udah pakai tromol scorpio (jari-jari) tp skrng mau ganti yg racing tp ada’a yg punya old vixion yg ukuran 4,5 inc

    Suka

  4. sy motor’a pulsar 200 dtsi mas rencana mau ganti velg v-rossi old vixion ukuran 4,5 dan sebelum’a jg udah pakai velg 4,5 jari jari di pulsar 200 dtsi 😀
    yg bikin sy ragu buat ganti velg vixion di pulsar adalah bengkel sy yg biasa ngoprek pulsar 200 dtsi tidak menyarankan memakai velg vixion krna lebih banyak pemyesuaian ketimbang velg scorpio

    Suka

Tinggalkan komentar