Hotenko, Kampas Rem Honda buat Suzuki


image
Kampas rem ZSW tipis dan besi pad menyerempet piringan rem

Kampas rem atau brake pad merupakan part fast moving dan krusial bagi kendaraan sebagai piranti keselamatan berkendara, oleh karenanya harus rajin dicek. Jika lengah dan abai bisa berakibat fatal.

Karena pemakaian tiap hari kadang kita lupa sampai ada gejala aneh baru kita cek. Ini yang saya alami untuk sekian kali pada kampas rem atau brake pad depan Suzuki Hayate yang berupa disk pad. Hal terakhir karena diluar dugaan, pemasangan atau penggantian terakhir (klik lartikelnya cara pasang kampas rem suzuki hayate dengan cepat dan mudah) pada 23 November 2015, saat itu menggunakan brake pad atau kampas rem Honda Blade merk ZSW.

image
Kampas rem KW Honda Blade merk Hotenko

Berarti, kampas rem ZSW ini bertahan selama 1,5 bulan saja, padahal kampas rem original Suzuki Hayate atau SGP merk Nissin bertahan kisaran 4 bulan, selisih 2,5bulan. Dengan selisih harga antara ZSW dan Nissin sebesar 35ribu (ZSW 25ribu dan Nissin 60ribu), bisa dikalkulasi bahwa part original SGP merk Nissin lebih unggul dalam hal durability. Harga tidak bohong. Tapi, tidak sembarang bengkel jual part SGP ini.

image
Ada cara dan langkah melepas dan memasang disk pad, lain kali ditulis ilang saja, barangkali bahasa saya pada artikel lalu kurang bisa dipahami

Dan kebetulan saya sudah menyiapkan gantinya alias stok kampas rem atau disk pad ini 2 pasang. Masih menggunakan part kw untuk Honda Blade, kali ini merk Hotenko. Disk pad ini adalah pertukaran dengan disk pad Vario yang dikira sama dengan Suzuki Hayate (klik artikelnya kampas rem Vario dan Hayate, serupa tapi tak sama) alias salah beli, jadi di bengkel yang berbeda dengan tempat beli merk ZSW, makanya merknya juga beda yaitu Hotenko. Harga kalo tidak salah malah lebih murah dari ZSW. Anggap saja sama.

Pemasangan kampas rem depan Auzuki Hayate masih memakai cara yang sama, cepat dan mudah seperti penggantian sebelumnya seperti video di atas. Kira-kira bertahan samapai berapa lama?
Oh iya, sebagai pengingat bagi saya dan semua, mengganti kampas rem jangan tunggu pad habis, karen pad yang paling dalam ternyata lebih keras (baik original maupun kw) dan bisa mengikis disk atau piringan. Seperti yang saya alami, piringan jadi ada got yang terbentuk karena terkikis kampas rem. (Tri)

Posted from Android The Doctor

16 respons untuk ‘Hotenko, Kampas Rem Honda buat Suzuki

  1. bro…klo untuk subsitusi saringan oli ma O-ring suzuki hayate pakai punya motor apa?
    lagi binggungni nyari subsitusinya,,, smentara pakai saringan lama cuma di bersihin…

    Suka

Tinggalkan komentar