Melacak Akun Penipu Cantik Aceh di FB


image
1 akun aseli, 2 fake account

Seperti yang saya posting sebelumnya tentang cewek cantik penipu di Facebook raup puluhan juta yang aselinya bernama Cut Meutia mencatut nama dan foto akun aseli Ariza Farizca asal Aceh.

image
Akun aseli kena fitnah, status Okt 2015

Saya coba lacak (stalking) dengan nama ejaan yang sama ada dua account (akun) yang masih aktif, yang akun 1 aktif sampai sekarang sedang akun 2 terakhir update Agustus. Sedang dengan nama dan foto mirip ada 2 lagi yang aktif terakhir 2009. Saya abaikan.
Saya fokus pada 2 akun di atas, ternyata yang banyak memajang foto narsis (open tidak lock foto) adalah akun 2 dan dari komentar banyak laki-laki yang memujinya, sedang akun 1 nampaknya mengunci sebagian album foto, hanya beberapa foto yang bisa di intip.

image
Aku aseli mempublish berita penagkapan fake account kemarin 6 Des 2015

Saya curiga akun 2 adalah fake account, scammer yang memalsukan nama dan foto. Karena akun 1, dari linimasa yang diupdate nampaknya pihak yang dicolong foto dan dicatut namanya oleh akun 2. Alias akun 1 adalah aseli Ariza Farizca.
Niatnya hari ini saya cek ulang. Ternyata hari ini akun tersebut sudah tidak bisa dilacak di facebook. Nampaknya pihak FB sudah dapat laporan dan mensuspend akun palsu ini. Semalam saya fek beberapa update dari si terduga, ternyata akun tersebut bukanlah akun baru, sudah sejak 2010 aktif dan terakhir update status Agustus 2015. Artinya, akun lama yang mengganti nama dan foto di kemudian hari. Sayang saya tidak sempat mengecek link alamat facebook, karena link alamat FB tidak bisa dirubah.

image
Kurangi narsis di sosmed biar terhindar penyalahgunaan oleh fake account

Misal nama saat daftar FB pertama bernama bawor, meski pengguna mengganti nama menjadi Fatin, link FB akan tetap bawor. Tapi akan sulit dicek jika si akun mengunci info kontak dasar, tapi biasanya penipu di FB tidak jeli sampai disitu, alias info kontak dasar terbuka. Saya pernah menulis tentang ciri penipu dumay ini. Jadi scammer di FB belum tentu akun baru.
Tetap waspada dan jangan terlena, bermain di dunia maya bisa lebih kejam dari dunia nyata. Mending bermain ke dunia fantasi dan nginep di DUYUNG *eh 😀

25 respons untuk ‘Melacak Akun Penipu Cantik Aceh di FB

        1. kmren2 smpet banjir tp malam hari di luar jam kerja, besoknya sudah surut. kl hujan ders seharian kemungkinan akan banjir

          Suka

Tinggalkan komentar