Cara Balik Nama Sepeda Motor Second, Satu Wilayah


image
Persyaratan dan tata cara balik nama kendaraan

Cara balik nama sepeda motor second mirip dengan perpanjang pajak kendaraan 5 tahun. Kali ini saya balik nama Jeng Maryate, yaitu Suzuki Hayate merah marun yang saya beli bekas alias second hand. Sebenarnya saya masih bisa pinjam KTP si empunya sebelumnya, tapi sungkan sehingga saya urungkan dan memilih balik nama.

Balik nama sepeda motor second kali ini di wilayah hukum Kota Bekasi, dulu saya balik nama Skydrive masih di Jakarta.

Satu wilayah, karena saya sudah menjadi warga kota Bekasi dan sudah memiliki KTP Jawa Barat.
Alamat Samsat Kota Bekasi tempat mengurus pajak kendaraan bermotor cukup dekat dari rumah, beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.7, Bekasi. Telepon dan Fax: (021) 8842028

Cara balik nama sepeda motor second sekaligus perpanjang pajak tahunan di Kota Bekasi:

1. Siapkan BPKB, STNK, KTP, kwitansi pembelian kendaraan bermaterai 6 ribu (saya bikin instan di tempat fotokopi, karena saat pembelian memang tidak pakai kwitansi, bayar 10ribu), uang, pulpen, air minum juga perlu takut kehausan, gedung samsat Bekasi panas dan sumpek karena wajib pajak bejubel.

image
gesek nosin dan norang di cek fisik

2. Datang, langsung bawa sepeda motor (kendaraan) ke halaman belakang gedung Samsat, menuju cek fisik. Di sini akan langsung ditangani oleh petugas yang sudah memegang kertas gesek nomor rangka dan nomor mesin, bagi sepeda motor Honda Grand series (termasuk Legenda dan supra lawas), siapkan obeng plus dan Honda Vario siapkan kunci pas/ring/shock 10mm, guna membuka bagian body plastik yang menutupi nomor rangka.

3. Setelah gesek nomor rangka dan mesin selesai, ambil/minta berkas pendaftaran di meja informasi, isi sesuai ketentuan. (lokasi di ruang lantai 1, tepat kanan setelah pintu masuk dalam gedung utama)

4. Susun bersama berkas lainya termasuk foto kopi semuanya, serahkan ke petugas fotokopi biar di susun secara benar.

image
loket cek fisik balik nama dan pajak 5 tahun kendaraan bermotor

5. Serahkan semua berkas yang sudah disusun tadi ke loket cek fisik, jangan lupa minta stempel BALIK NAMA, lanjut tunggu dipanggil.

6. Setelah selesai proses di loket cek fisik, lanjut serahkan berkas ke loket 6 di lantai 2.

image
bukti terima berkas persyaratan balik nama oleh loket 6 untuk wajib pajak mengambil stnk baru

Di isni Kita akan diberi BPKB aseli (dikembalikan) dan tanda terima berkas mirip kwitansi, dan diminta kembali lusa, atau 2 hari kerja berikutnya. Kalo pengurusan hari Sabtu maka kita suruh kembali hari Selasa dengan membawa bukti terima berkas.  Proses di sini tertulis 30 jam alias 2 hari kerja.

7. Saya mengurus hari Kamis, dan kembali ke loket 6 hari Sabtu, serahkan bukti tanda terima berkas ke loket tersebut, dan tunggu panggilan dari kasir pembayaran pajak. Menunggu 1 jam lebih, makanya bawa sesuatu untuk mengalihkan kejenuhan, tempat sumpek karena ramainya wajib pajak yang menunaikan kewajibannya.

image
loket kasir bayar pajak di belakang kanan TV, a kiri kita sbg penonton. Speaker pemanggil dari beberapa loket, bersahutan dengan suara yang memekakan telinga, makanya banyak yang antri nunggu depan loket, biar tidak kelewat

8. Bayar pajak kendaraan termasuk biaya balik nama, selesai bayar, tanda bukti terima berkas dari loket 6, dikembalikan ke kita dengan tambahan stempel untuk pengambilan STNK baru atas nama kita di loket penerbitan STNK. Sekali lagi saya kena denda pajak, berupa administrasi PKB dan SWDKLLJ, karena keterlambatan 1 bulan, jatuh tempo pajak Jeng Maryate adalah bulan September, sementara saya baru sempat mengurus perpanjang pajak STNK sekaligus balik nama di Oktober.

image
rincian biaya balik nama STNK motor second dan pajak tahunan

9. Loket penerbitan STNK berada di areal cek fisik kendaraan, tunggu dipanggil sekira 15-20 menit, dipanggil, serahkan kertas bukti dari loket kasir, STNK atas nama dan alamat kita, cek dulu, siapa tahu salah ketik.
Dari nominal di STNK, diketahui besaran biaya balik nama sepeda motor second sebesar 109 ribu, administrasi STNK 50 ribu dan administrasi TNKB 30 ribu.
Jadi total biaya balik nama STNK sepeda motor second Suzuki Hayate tahun pembuatan 2011 sebesar 189 ribu. Jika dihitung dari nominal Pajak Kendaraan Bermotor sebesar 211.300 rupiah, saya rasa cukup hitung dari Biaya Balik Nama Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar 109 ribu, jadi kisaran 50% dari PKB. Sedang administrasi lain bersifat tetap. Silahkan hitung sendiri.Tentu belum penambahan pajak Progressif jika anda memiliki kendaraan lebih dari satu dengan nama dan alamat pemilik sama.

10. Proses di atas baru balik nama STNK, sedang nama di BPKB belum berubah. Proses selanjutnya mengurus BBKB baru atas nama kita ke Ditlantas Polda Metro Jaya, Samsat Jakarta Selatan, karena Sabtu jam kerja hanya setengah hari, saya urung berangkat ke Polda, mungkin Senin lusa melanjutkan “metani” birokrasi cara balik nama sepeda motor second.(tri)

—————————————-
Posted from Wonder Roti Jahe

236 respons untuk ‘Cara Balik Nama Sepeda Motor Second, Satu Wilayah

      1. iya sih, tapi kalo belum tau memang terasa menakutkan, dulu saya saja menyerah urusan balik nama, pasrah ke biro jasa, harus kesini kesitu, eh emangnya sekarang enggak perlu ke kantor Polres po Kang Tri?. ya dengan dijalani sendiri, disamping biaya bisa lebih murah, tau yang sebenarnya dan bisa berbagi pengalaman .

        Suka

        1. Mau tanya kang, kenapa biaya balik nama sepeda motor saya mahal sekali ya?saya pnh minta di hitungkan sama petugas di samsat.biaya di tambah pajak total 800rb.motor saya honda beat thn 2014.

          Disukai oleh 1 orang

        2. Kalo sekarang mahal Mas, penerbitan STNK dan BPKB baru kan naik 100% bahkan lebih
          Penerbitan STNK baru ataupun perpanjangan untuk roda dua atau tiga naik dari Rp 50.000 menjadi RP 100.000,. Untuk  roda empat atau lebih, biaya naik dari Rp 75.000 menjadi Rp 200.000. Penerbitan TNKB roda dua atau tiga naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 60.000, sedangkan roda empat atau lebih dari Rp 50.000 menjadi Rp 100.000.

          Penerbitan BPKB roda dua atau tiga baru  serta hanti kepemilikan naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 225.000. Sementara roda empat atau lebih naik dari Rp 100.000 menjadi Rp 375.000. Penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah roda dua atau tiga dari Rp 75.000 menjadi Rp 150.000, sedangkan roda empat atau lebih dari Rp 75.000 menjadi Rp 250.000.

          Suka

      2. Kalo bikin kwitansi instan itu di samsatnya apa di luar samsat? Soalnya saya jg baru beli motor bekas tp lupa minta kwitansi sama ktp pemilik sebelumnya. Mau ngurus balik nama bingung gada tanda terima dr pemilik sebelumnya. Gimana caranya gan?? Mohon infonya. 🙏

        Suka

    1. Emang ribet utk pertama kalinya, selanjutnya Insyaallah lancar, birokrasi negeri ini mulai membaik kok. Kalo dulu, berdasar pengakuan beberapa wajib pajak memang dibikin ribet, hampir tiap loket bayar atau ada pungli nya. Sekarang semua gratis

      Suka

        1. iya, kemarin ndengerin obrolan para wajib pajak sambil nunggu panggilan loket. Alhamdulillah sekarang membaik, bahkan gesek norang dan nosin di Samsat Kota Bekasi, saya lihat tidak ada yg ngasih tips buat petugas geseknya, di Samsat gn Sahari jakarta, hampir semua wajib pajak ngasih tips buat petugasnya shg yg lain ikut ikutan ngasih krn sungkan

          Suka

  1. mas kalo pas waktu penggesekan/pengecekan kendaraan oleh petugas diperiksa gak ya kelengkapan motornya seperti reting, spion, klaksonnya dan warna kendaran berbeda dari awal karena baru saya deko/dicat warna lain, untuk masalah surat2nya komplit mas…gimana?

    Suka

  2. Halo mas informasinya menarik dan bermanfaat. Saya sudah balik nama stnk dan tinggal bpkbnya aja ni yang belum. Untuk ngurus bpkbnya itu kan kita harus datang ke polda metro jaya, nah setelah saya baca2 salah satu syaratnya adalah hasil cek fisik. Itu kita cek fisik di tempat motor kita berasal (kebetulan saya juga kota bekasi) atau langsung di polda ya? Makasih mas…

    Suka

  3. halo Mas .. Mas minta bantuan nya ..
    saya baru beli motor bekas beli lewat calo, stnk bpkb kumplit rencananya bulan depan mau balik nama ..
    Yang bikin saya pusing nya mas ,pas waktu transaksi sama calo saya cuma di kasih kwitansi pembelian dari pihak pemilik pertama ke pemilik kedua,
    jadi saya ga punya kwitansi pembelian yang menyatakan motor itu sudah di beli sama saya .
    gimana Mas caranya supaya saya bisa balik nama ?
    mohon bantuannya Mas
    terima kasih

    Suka

    1. Halo mas. Gampang kok itu mas. Mas bikin aja kwitansi sendiri yang menyatakan mas telah membeli motor itu. Tulis aja nama mas, terus dikasih keterangan pemeblian motor a senilai x. Jangan lupa tanda tangan dan kasih materai Rp6000 di bagian bawah.
      Jangan lupa mas, nama pembeli yg di kwitansi harus sama dgn nama pemilik baru motor itu, bukan nama pemilik pertama.

      Suka

  4. Biaya balik nama berapa ya mas plus pajak mati 3tahun, trus pajak di blokir sama pemilik pertama,buka blokiran mahal gak apa aja saratnya?

    Suka

    1. Pemblokiran oleh pemilik pertama hanya untuk menghindari pajak progresif bagi kendaraan baru yg dia miliki. Tidak masalah itu.
      Langsung saja daftar balik nama seperti biasa, nanti kena denda pajak 3 tahun, kayaknya ga sampai 200rb utk denda 3 tahun kalo motor kecil. Biaya balik nama sama saja dng yg lain. Jadi anggap saja pajak kendaraan 200rb setahun, kalkulasinya kasar kurang lebih begini begini,
      -pajak x 3 thn = 600rb
      -balik nama stnk = 150rb
      -balik nama bpkb = 150rb
      -total = 900rb

      Maaf jika kurang tepat

      Suka

  5. Oh ya, satu lagi mas, kalo kwitansi pembelian bermaterai itu gimana bikinnya ya?? Apa kita beli blangko kwitansi biasa trus diisi dan dtambah materai githu aja?

    Suka

  6. om mau tnya,kmren sya beli motor th 2013 dari tmen tp udah tgn kedua dan sudah balik nama.,yg sya mau tnyakan plat nomor nya kog jd thn 2020 ya,bukannya 2018 om,.
    .kan gnti plat jngka 5 thn,.mohon pencerahannya.,

    Suka

    1. Setahu saya harus begitu Mas. Jafi cabut berkas dulu di daerah asal motor, dan masuk berkas di alamat baru.
      Dulu (2006) saya beli Smash di Bekasi, balik nama ke Banyumas Jateng, jadi urus cabut berkas dulu di Bekasi baru saya kirim ke Banyumas, kakak saya yg urus di sana.
      Kalo sekarang Insyaallah birokrasi lebih mudah, lebih baik

      Suka

  7. mas saya mau tanya..saya mau balik nama stnk plat B JAKSEL ktp saya JAKBAR saya mau urus balik nmanya sesuai ktp saya jakbar…harus kah saya urus dulu ke jakarta selatan atau langsung d samsat jakarta barat

    Suka

    1. Kalo Jakarta sudah Online Mas setahu saya, langsung saja di Samsat terdekat. Karena saya pernah urus balik nama dari Jakarta Timur ke Jakarta Barat di Samsat Gn Sahari. Tapi untuk balik nama BPKB tetap harus ke Gedung Biru Komdak mas.

      Suka

  8. terima kasih mas tri atas petunjuknya sangat bermanfaat buat saya yg belum pernah melakukan proses balik nama..sangat bermanfaat sekali blog mas triyanto..sekali lg trima kasih.

    Suka

  9. Nyuwun tulung infonya mas sya mau bbn motor bekasi tpi ktp saya sragen trus saya pinjem punya saudara yg dibekasi apa orang harus ikut juga pas kita ngurus dsamsat.mksh

    Suka

      1. Pke surat kuasa gak mas?tdi sya nnya biro jasa habisnya 1200 an pajak 2 tahun + blknama plat ganti,niatnya besuk mau ngurus sendiri biar tahu,suwun infonya ya mas

        Suka

        1. Ga perlu surat kuasa. Langsung saja bawa KTP.
          Saya balik nama Skydruve Second pakai KTP isteri, ya cukup bawa KTPnya saja, utk ongkos total tergantung jenis motornya.
          Biro jasa cenderung mahal krn bagi yg awam birokrasi memang merepotkan, jd biro jasa menghitung ongkos waktu juga mas, coba aja sendiri yg penting tahu alamat Samsat dan Komdak (gedung biru) jkt

          Suka

  10. Makasih mas infonya, sangat membantu,
    Mas ada info kalau misalkan motornya tidak di Bekasi (saya kuliah di sby) mau balik nama, gimana ya?
    Makasih

    Suka

      1. Iya,, misalkan posisi motor jauh dari samsat asal,.
        Apa bisa menggunakan cek fisik bantuan untuk proses balik nama nya?

        Suka

  11. Misi mas mau nanya, kalau ngurus balik nama ini wajib bawa ktp asli pemilik lama ya ? Soalnya pemilik lama udah dluar pulau mas jadi bakal repot kalau mesti ngirim. Tapi saya punya fotocopy ktpnya ama foto ktp aslinya pemilik yang lama mas. Tapi yang asli saya gag punya cuman foto. Gimana ya itu mas. Mohon bantuannya.

    Suka

  12. misi mas, mau nanya..saya balik nama+mutas bpkb dan stnik, motor saya beli tahun 2013 berarti habis pajak 5 tahunan di tahun 2018..setelah plat jadi kok berubah jadi tahun 2021 ya..harusnya bukannya tetap di tahun 2018 ya..makasih

    Suka

      1. iya betul mas..tahun 2016 perpanjanganya..jadi kayk beli motor baru ya..oh iya, untuk besar pajak motor yang dilihat itu dari tahun produksi motor atau tahun pembelian motor?

        Suka

        1. Berikut kurang lebih penjelasan, copas dari otomotif Kompas:

          Berikut istilah yang tercantum di STNK plus perhitungan pajaknya:
          1. BBN KB (Bea Balik Nama kendaraan bermotor). Besarnya 10% dari harga kendaraan (off the road) atau harga faktur untuk kendaraan baru, dan bekas (second) sebesar dua pertiga Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

          2. PKB. Besarnya 1,5% dari nilai jual kendaraan dan bersifat menurun tiap tahun, karena penyusutan nilai jual.

          3. SWDKLLJ (Sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan). Sumbangan ini dikelola oleh Jasa Raharja.

          4. BIAYA ADM (Biaya administrasi): Untuk kendaraan baru tidak dikenakan dan apabila ganti pelat nomor (5 tahun sekali) atau balik nama dikenai biaya ADM.

          5. Denda Pajak Kendaraan Bermotor : Apabila jatuh tempo masa berlaku STNK belum melakukan perpanjangan maka akan dikenai denda PKB dan denda SWDKLLJ.

          Perhitungan Denda PKB: 25 % per tahun
          Terlambat 3 bulan = PKB x 25% x 3/12
          Terlambat 6 bulan = PKB x 25% x 6/12
          Denda SWDKLLJ : besarnya Rp 32.000 untuk roda 2 dan Rp 100.000 untuk roda 4.

          Contoh: Anda punya sepeda motor dan terlambat bayar 6 bulan. Jumlah PKB tertera di STNK Rp 232.000 dan SWDKLLJ Rp 35.000. Maka Anda dikenakan denda keterlambatan sebesar (Rp 232.000 (PKB) x 25% x 6/12 ) + Denda SWDKLLJ (Rp 32.000) = Rp 61.000.

          Sehingga, total yang harus dibayar sebesar adalah Rp 232.000 (PKB) + Rp 35.000 (SWDKLLJ) + Rp 61.000 (denda) = Rp 328.000.

          Suka

  13. Tanya lagi mas tri,,
    cabut berkas hari ini tapi ngurusnya disamsat tujuan masih 1 bulan apa boleh mas, soalnya mau lebaran tanggung bolak-balik..! thk

    Suka

  14. tanya meneruskan yg biaya cabut berkas… sy baca2 diweb biaya cabut berkas 75rb saja.. apa skrng naik jadi 350rb ya.. thk

    Suka

  15. nambah lagi mas, biaya cabut berkas itu sudah termasuk BBN, PKB, biaya Administrasi, cek fisik..? apa cuma cabut berkas saja..? suwun mas tri..

    Suka

  16. mas,, mau ngurus stnk tapi byk oprasi utk kesamsat, dulu sy pernah ditilang,,soalnya polisi ndak mau alasan itu apa perlu surat ijin dari polsek dulu ya.. ?thk

    Suka

  17. mas tri, mau ngurus stnk tapi byk oprasi utk kesamsat, dulu sy pernah ditilang,,soalnya polisi ndak mau alasan itu apa perlu surat ijin dari polsek dulu ya.. ?thk

    Suka

  18. Kalau mau balik nama motor tetapi pajak sudah bayar oleh pemilik lama gimana caranya ya?
    ini dari Semarang kota baliknama ke Semarang Kabupaten.

    thx

    Suka

  19. mas Tri saya mau tanya..saya mau perpanjang dan balik nama BBN,,sedangkan jatuh tempo pajak tanggal 27 bulan ini masih ada jarak 22 hari lg sebelum jatuh tempo…apa saya sudah bisa perpanjang sekarang mas Tri.. terima kasih..

    Suka

  20. alhamdulillah berkat baca2 disini,kemaren tanggal 7 saya sudah balik nama,prosesnya 2 hari.hari pertama cek pisik daj maaukin berkas,hari kedua bayar pajak dll sesuai notice dan pengambilan stnk.
    saya belum balik nama bpkbnya nih,rencana abis lebaran kira2 bermasalah gak yah…?
    makasih mas pencerahannya…
    moga suces slalu

    Suka

  21. mas mau tanya, saya mau balik nama tp pajak mati bulan ini persisnya tgl 3 juni lalu.. dr samsat jaksel mau pindah ke samsat depok. itu harus ke samsat jaksel apa bisa lgsg dr samsat depok ya?
    kira” estimasi biaya nya abis brp ya ? *PKB Rp.202.500
    mohon pencerahan nya.. thx

    Suka

    1. Cabut berkas ke Samsat Jaksel, saat cabut berkas ini biasanya disarankan melunasi pajak terhutang, proses di stu juga.
      Balik nama beda wilayah beban biaya terbesar di cabut berkas kalo tdk salah, eatimasi kisaran 500rb diluar pajak tahunan.
      Selanjutnya masuk berkas ke Samsat Depok, utk eatimasi biaya persisnya kurang paham nih mas, siapin aja biaya total 1jt

      Suka

  22. misi kang,, saya juga ingin bertanya, jika motor yang saya dapatkan itu hasil dari tukar tambah, penulisan dimaterainya senilai tukar tambahnya atau gmn ya..?
    Lalu bila motor yang saya TT plat B Tangerang kota, sedangkan KTP saya Tangerang selatan, apa itu nanti dimutasi juga..?
    mohon respondnya ya kang..

    Suka

    1. Bebas mas, itu cuma formalitas persyaratan saja, yg penting ada kwitansi pembelian.
      Kalo beda kbupaten/kota setahu saya harus mutasi. Sama kaya dari Kab Bekasi pindah ke Kodya Bekasi, mutasi sama kaya DKi ke Bekasi.

      Suka

  23. Mau nanya mas sy bli motor second tarikan sy bru tau d stnk gx ad no rangka sm no. Mesin itu gimana ya caranya blik nma sm ganti plat mhon pencerahanya mkasih

    Suka

  24. Duh artikelnya cukup membantu kami mas Tri. Semoga berkah ya mas, oia semua samsat apa beda beda ya letak lokasi cek fisik, pmbayaran dan lokasi loket nya. Kbetulan sy ingin balik nama 1 wilayah cinere ke cinere. Mungkin mas tri ada pgalaman disitu.
    Soalnya ini pgalaman pertama kali hhe. Trimakasih mas

    Suka

    1. Tdk terlalu berbeda si, misal cek fisik (termasuk loket pendaftaran nya) di bagian belakang gedung biasanya dekat dengan loket penerbitan STNK baru dan loket plat nomor.
      Loket yg di dalam gedung biasanya utk perpajakan,

      Suka

  25. stnk saya berbeda masa berlaku dengan stnk sebaliknya,yang pertama berlaku sampai 2016/09 sedang yang sebaliknya sampai 2019/09 sama seperti di plat nomer,berati bulan 09 besok saya pajak tahunan atau pajak 5 tahunan.karna saya dulu beli motor second dan saya balik nama pas pajak sekalian.

    Suka

  26. Mas tri mau tanya nih.. Motor saya terdaftar di samsat Jaktim, KTP saya jg Jaktim.. Saya mau balik nama, krn pemilik pertama sudah pindah ke depok, jd agak ribet pinjem KTP dia klo mau perpanjang pajak, makanya saya mau balik nama aja.. Kira kira dikenakan biaya balik nama/cabut berkas ga mas?klo dikenakan biaya, perkiraan brp mas
    Itu prosedur detail nya gmn mas? Krn kan saya cuma berurusan dgn samsat Jaktim aja nih klo balik nama STNK..

    Suka

      1. Owh.. Iya bnr ya.. Kurang ngeh mas.. Hehe
        Trs kan kebetulan thn ini pajak 5 tahunan sy habis, jd sekalian aja ganti plat baru mumpung di jakarta lg ada pemutihan pajak dan BBNKB balik nama..
        Nanti saat di loket cek fisik, bilang ke petugasnya gmn ya? Yg biar di stempel saat balik nama BPKB ke komdak mas.. Saya kurang paham soalnya cara bilangnya.. Hehe

        Suka

      2. Owh.. Iya bnr ya.. Kurang ngeh mas.. Hehe
        Trs kan kebetulan thn ini pajak 5 tahunan sy habis, jd sekalian aja ganti plat baru mumpung di jakarta lg ada pemutihan pajak dan BBNKB balik nama..
        Nanti saat di loket cek fisik, bilang ke petugasnya gmn ya? Yg biar di stempel saat balik nama BPKB ke komdak mas.. Saya kurang paham soalnya cara bilangnya.. Hehe..

        Suka

  27. permisi gan, saya mau tanya kalo balik nama apakah nomor plat nya berubah?
    mutasi dari bekasi ke jakarta
    thx gan sblm nya

    Suka

  28. Mas minta infonya donk
    Sya bli motor seken kondisi plat JAKUT pjak mati 4thn & plat jg mau mati akhir thun ini,berhubung ktp hnya ad fc pemilik sblmny mknya sya mau blik nama aja ktp sya JAKTIM
    Nah yg jd prtnyaan sya bbn kesmsat JKTIM langsung apa kejakut?biingung krna ad tundaan pajak jakut yg blm terbayar 4thun

    Suka

    1. Langsung aja balik nama ke Jaktim Mas, nanti beban pajak terutang akan diakumulasi, ikuti aja langkah yang saya contohkan di artikel ini. Apalagi Jakarta udah Online seluruh wilayah, lebih mudah prosesnya, karena saya balik nama motor Jakut ke Jakbar saja ngurus di Gn Sahari, langsung beres, BPKB bisa nitip, biar gak perlu antri di Komdak.

      Suka

  29. Saya mau tanya mas, kemarin abis balik nama stnk pas mau balik nama bpkb nomor antrian habis, bisa ga balik nama bpkb pakai berkas yg balik nama stnk, soalnya stnk asli udh di bawa ke luar kota

    Suka

  30. Syarat balik nama itu harus di cantumkan ya mas. Sperti foto copy Dan ktp asli itu kah. Terus nota pembelian, tapi kalo ga ada pake nota gitu gimana ya. Kalo harga saya beli itu motor second 10jt. Brapaan kisaran balik nama nya. Trus untuk pkb itu dia motor ke 2. Seharga 370rb

    Suka

  31. Motor saya supra fit 2004. Beli second 2009. Dan sudah d balik nama. Saat mau perpanjangan stnk pihak samsat menolak karena Ktp lama sudah expired. Dan ktp elektronik yg baru datanya berbeda (maklum ktp yg lama datanya banyak yg salah dan ktp elektronik yg baru sudah update data jd berbeda ). Skrg masa berlaku plat sudah habis. Bagaimana saya ganti plat baru sementara stnk nama yg lama juga d tolak samsat. Apa harus balik nama lagi ? Terimakasih sebelumnya buat yg respons

    Suka

  32. Mas Tri yang baik, mau nanya nih…
    Kalau mutasi dari Bogor ke bekasi bagaimana ya ?
    Ada yang punya pengalaman cabut berkas di Bogor ? ribet gak berapa kali harus hadir?
    Bisa diurus setiap hari sabtu saja ? Karena saya bisanya hanya hari sabtu.
    Terima kasih ya

    Suka

  33. Mas tri klo menggunakan cek fisik bantuan bisa g untuk pengurusan cabut berkas / balik nama,.? SoalN posisi kendaraan di jateng,. Posisi plat & pajakN mati, takut ketilang di jalan,.

    Suka

  34. Mas, klo saya plat ag kota kediri, mau saya balik nama, tp ktp saya kabupaten kediri, gimana ya mas ngurusnya? Apa sama aja atau gimana

    Suka

    1. Beda mas, Cabu berkas kayaknya, sama kaya Kaka saya beli mobil Second di Kabupaten Bekasi, sementara balik nama ke Kota Bekasi, ya cabut berkas, tapi kurang tahu persisnya. Soalnya udah lama banget. Coba pastikan aja ke kantor Samsat dulu

      Suka

  35. Mas mau tanya klo balik nama bpkb kira2 berapa hari ya selesainya? Sy mau balik nama stnk d samsat kab bekasi nnti yg urus balik nama bpkb nya org samsatnya apa kita sndiri ya yg k poldanya? Terima ksh.

    Suka

  36. Mau tanya mas,

    sya beli mobil plat B depok, dan pajak telat dari bulan 10.2014 dan pada bulan 10.2015 saya tidak bayar pajak dan ditahun tersebut pula STNK mati alias genti plat kalengnya mas. pertanyaan saya adalah, awal aaya bayar dan urus berkas tuh bagaimana? krna saya sekalian mau balik nama ke wilayah jakarta selatan, apakah ada istilah cabut berkas dari depok ke jakarta selatan? dan besarnya kira2 dari total pajak dan BBN itu berapa yah? misal pajak 1,2 juta. terima kasih sebelumnya mas tri, salam kenal. kalau bisa saya dikasih nomor hp spy bs japri gitu. matur nuwun mas.

    Suka

  37. Mas tri mohon bantuannya, saya beli mtor mau saya balik nama tangan pertama itu dr kota yg sama dr sby tp beda samsat mas dan ktp asliny ga ad orgnya sudah pindah sudah saya cari ga ktemu mohon mgkn ada saran mas

    Suka

  38. Mas tri mohon bantuannya,ini syaa baru beli motor second byson penjual dan saya sma sama bertempatan di bekasi,,kalau mau balik nama sesama kota bekasi dan pajak hidup apakah sama prosesnya?? Dan kira2 estimasi biayanya berapa ya mas?? Apa sama dgn total biaya mas tri di artikel atas??mohonnpencerahan nya mas..trimakasih banyak

    Suka

    1. Sebaiknya secepatnya diurus, paling telat ya jelang pajak tahun berikutnya, krn tanpa BPKB yg sesuai nama di STNK pasti tdk bisa bayar pajak.

      Sedang kalo pakai biro Jasa ya relatif, mungkin ongkos jasanya 200-300rb

      Suka

  39. Rencana blan besok mau tarik berkas motor mio 2014 dr kab bekasi mo di mutasi ke tasikmalaya.kira kira biaya brapa ?pajak masih jauh bln 4 tahun 2017.trus ap harus ke polda jbar dlu….

    Suka

    1. STNK hilang ngurisnya agak repot, setahu saya, pengurusan STNK baru, pemilik kendaaraan harus bikin pengumuman kehilangan di surat kabar dalam kurun sekian hari.
      Kurang tahu juga kalo peraturan sekarang berubah atau belum, coba tanya dulu ke Samsat sebelum membeli kendaraan tanpa STNK, jangan sampai kita dianggap penadah motor bodong Mas.

      Suka

  40. Punten kang, mau nanya nih..

    Motor saya Honda Supra X 125 D plat bekasi ( B 6xxx Kxx) masa habis 07.14 (2 tahun lebih 1 bulan)
    Saya punya beberapa pertanyaan yang saya harap akang bisa menjawab, sebagai berikut:
    1. KTP saya di Bogor, apabila ingin balik nama dan mutasi plat jadi F, saya harus mengurus di samsat bekasi atau bogor?
    2. Selain itu, stnk yang telat setahun dan pajak 2 tahun, berapa kira2 biaya yang dibutuhkan?
    3. Apakah ketika cek fisik untuk motor yang sudah dimodifikasi (kopling manual, cat warna polos, knalpot racing) jadi kendala nantinya?

    Tolong akang jawab untuk pencerahannya ke email saya: rantosihotang14@gmail.com
    nuhun nya kang 🙂

    Suka

    1. Maaf, ralat kang untuk nomor 2, Stnk telat 2 tahun, pajak 3 tahun. Saya masih inget mau ngurus samsat setahun lalu jadi salah hehehe

      Suka

    2. Jawab di sini aja ya AA Sihotang
      1. Cabut berkas dulu di Bekasi kemudian masuk berkas di Bogor
      2. Utk persisnya kurang tahu, kalo saya akan saya anggarkan dana sbb: pajak + denda telat pajak (25% x pajak x 2) + bbn STNK (25% pajak) + bbn BPKB (75% pajak)
      3. Jika warna tdk mencolok, sepengetahuan saya tdk masalah, artinya petugas cek fisik tdk detile, lampu aign aja tdk dicek, cuma nosin dan norang. justeru modifikasi tu musuhnya polantas, jadi kendalanya ya saat berkendara bukan saat bayar pajak

      Maaf jika jawaban saya kurang tepat

      Suka

    1. Cabut berkas di Samsat Jakarta, masuk berkas di Samsat solo, Balik nama BPKb di wilayah kepolisian solo, Solo plat ikut mana (karesidenan). Misal R Cilacap, Banyimas, Banjarnegara, Purbalingga, itu ngurus Balik nama BPKb ya di Purwokerto.
      Atau Kebumen Purworejo dsk ikut AA di Kedu

      Suka

  41. Mas tri saya beli motor seken pajk mati 6 th plat mati 2013 trus mu balik nama bisa ga ya kira2 berapa dana yg saya siapkan trus kan pjk mati harus cek fisik klo geseknya di rumah bisa ga ya makasih

    Suka

    1. Selama ada STNK dan BPKB, balik nama bisa dilakukan. utk
      Utk biaya pastinya saya kurang tahu, siapkan saja dana 6x pajak plus 25% sbg denda telat
      Geseknya harus di Samsat, karena kertas gesek diperoleh setelah daftar ke loket

      Suka

  42. Mas tanya dong, saya beli motor B bekasi kota, saya mau balik nama ke nama saya, tapi KTP saya DKI (jaksel) tapi saya tinggal domisi rumah di Cikarang (bekasi kab), saya harusnya ngurus balik nama di polres mana ya mas? Mohon pencerahannya…

    Suka

  43. mas, saya mau balik nama, tp pemilik lama berdomisili di kabupaten kediri(samsat kabupaten kediri), mau saya balik nama pakai ktp kota Kediri, bisa gak mas tanpa mutasi?!

    Suka

  44. Mas try saya mau nanya.sy bli motor plat jakpus dan pajak mau habis bln september ini.ktp sya jaktim.klo balik nama dan bayar pajak di samsat jakpus atau jaktim.atau bsa di samsat jaksel gk?.krn sya tinggl di jaksel.trus ganti plat jg gk?

    Suka

  45. Mas, saya mau beli motor seken. Pajak telat setahun pkb 202.500 swdrllj nya 35 rb… tolong itungin biaya denda nya gan…
    dan biaya cabut berkas ke polda brp ya ? Soalnya nanti skalian mw cabut berkas trus balik nama di polres solo… trims

    Suka

  46. mas mau nanya toLong di bantu jawab ya, kan saya beli motor second lokasi saya jogja kabupaten bantul nah mau tak balik nama atas nama saya sendiri sedangkan pemiliknya lokasi jogja kabupaten kulonprogo, motor saya klx bf per tahun pajaknya 389.000, kira2 kaLau balik nama 1juta cukup tidak ya, nuwun mas

    Suka

  47. permisi mas tri… maafkan ane yang awam ini mau numpang tanya… jadi seperti ini pertanyaanya;
    1.bisakah kita mutasi kendaraan tanpa membawa motornya ke tempat asal? masalahnya gini om. saya abis beli motor yg mileagenya rendah. nah saya mikirnya klo motor ini dikirim kesana. ngga kacek. wong kalkulasi harga jd ngga karuan ntar saya beli murah. tau tau jd mahal aja hehe.
    2. masih soal yg nomor satu. tp pertanyaanya beda… om. jasa ini beneran bisa bikin kita ngga harua bawa motor ke daerah asalnya ngga sih? kasusnya temen ane yang nganterin ane beli motor berkata “udah nanti di urusin sodara saya… dananya sekitar 800 buat cabut berkas” worth it kah? apakah dia membual? atau ini memang ada? kasusnya saya juga wktu itu mau beli motor yg sama lg. ada mas mas yg bilang juga. pake jasa kaya gini…
    so apakah anda juga pernah mendengar cerita ini dan melihatnya sendiri?

    cukup sekian pertanyaan newbie yang sedang galau ini om. semoga blog om tambah sukses dan jaya. salam superrr :v

    Suka

  48. bayar ganti BPKB baru diaturan pajak motor itu cuma 80rb kok ketemu yg ngurusi itu jadi 200rb+ ndak ada notanya lagi… kok bisa bgitu ya?? trim atas jwbannya..

    Suka

  49. Assalammu alaikum bang,
    ma’af ni mampir mau nanya soal mutasi motor dr samsat cikarang ke pemalang proses baru di samsat cikarang, proses sudah smua, bayar admnya cuma 75rb, dan di suruh nunggu 1½ bln untk mengambil berkasnya.

    Apa bener cm 75rb biaya admnya? Tdk ada tambahan lg?

    Trims sebelumnya.

    Suka

    1. 75 rb mas, bagus, sesuai peraturan. Di Samsat Bekasi Kota dan Jakarta Gn Sahari, peraturan dan nominal dipasang besar memakai standing banner dan stiker di dekat loket, memang 75 rb utk admin mutasi, kalo ada tambahan biaya, pasti memang ada aturan mainnya.

      Suka

      1. Ok, mas triyanto. Trima kasih dan salam kenal, bulan depan lanjut untuk nyerahin berkas ke samsat pemalang.

        Namun kmrn pas sedang di loket mutasi sy mendapat keganjilan, seseorang bareng ngurus mutasi tp di tawarin nitip untk di urus oleh petugas atau urus sendiri. Orang td lsg bilang nitip, bayarnya lbh dr 75rb.
        Nah saya jg di tawarin cm sy jawab tetep urus sendiri lalu di sodori nota untuk pengambilan satu bulan kedepan. Petugasnya 1½ ya mas utk datang mengambil. Sy tanya ada yg jalur lbh cepet tidak pa? Tdk ada mas.

        Aneh yg pertama, nitip petugas ttp lama 1 bln jdnya. tp ada tambahan bayaran.

        Aneh yg ke dua, di nota yg saya trima jangka waktu 1 bln tp petugas nyuruh datangnya 1½ bulan.

        Tp tetep sy untk coba akan dtg 1 bln barangkali sdh jd.

        Itu kasus uang tambahan maksudnya kira² apa ya?

        Jk itu sebuah permainan di luar aturan ko masih tidak ada rasa takut sama aturan tanpa pungli,

        Suka

        1. Masih ada memang Mas, tp mereka tidak sevulgar dulu. Saya dulu sempet nitip pengurusan balik nama BPKB, bayar 160rb. Mereka yg menawarkan diri. Tapi beberapa bulan belakangan, saya yg nanya langsung ditolak. Artinya mrk juga tidak sembarangan menawarkan ke semua orang tp pilih pilih, sepertinya begitu

          Suka

  50. Mw tanya mas saya bulan juli kmren perpanjang pajak stnk eh kata samsat outlet gbsa soalnya alamat di di ktp saya dah beda padahal cuma ganti rt re aja trus mash 1 samsat yaudah saya ke biro jasa aja stnk udah jd trus udah pake alamat baru tapi bpkbnya belom apa bpkbnya harus diganti pindah alamat jg apa nanti mas pas pajak 5 taunan makasih mas mohon pencerahannya

    Suka

  51. Mas Tri mau tanya kalo balik nama tapi belum / tidak bertepatan dengan pajak kendaraan habis, apakah boleh dilakukan? bagaimana dengan pembayaran pajak nya? (contoh pajak bulan juni 2016 sudah dibayarkan, apakah harus membayar lagi dengan menjadi bulan saat ganti bbn?) dan biaya apasaja yg harus dibayarkan apabila saat ini ada bbn gratis untuk propinsi JABAR, biaya yg dikeluarkan untuk proses bbn tsb, terima kasih atas perhatiannya,..

    Suka

      1. mas tri.. motor bekas saya pajak berahir januari 2017 sekalian ganti plat 5 tahunan. lalu sekarang denger2 ada gratis biaya balik nama.. kalo balik nama sekarang apabisa sekalian perpanjang plat yg seharusnya habis januari 2017. biaya apa saja yg harus di bayar dgn kondisi seperti itu. thanks.

        Suka

        1. Bisa saja si mas, tp menurut saya, sayang, karena otomatis pencatatan pajak akan mundur ke Oktober yg seharusnya Januari, jadi pajak selanjutnya bukan Januari 2018, tp Oktober 2017.
          Karena saya pernah bayar pajak tahunan telat 1 bulan, ternyata pajak tahun berikutnya juga mundur 1 bulan.

          Padahal BBN kan cuma 75ribu, dan cuma denda pajak dan bbn STNK yg gratis bulan ini. Sedangkan BBN BPKB tdk gratis (80rb), kalo dihitung malah rugi. Menurut saya lho.
          Tp kalo mau dijalanin ya ga papa

          Suka

        2. kalo saya ambil opsi balik nama saja bulan ini.. ga pake ganti plat 5 tahunan. (nunggu januari) apakah waktu kita bayar pajak ter.reset lagi.. ? dan apakah biaya pajak tetep masuk pd proses balik nama bulan ini.

          Suka

  52. mas tri, saya mau tanya klo sessama jakarta tapi beda wilayah… misalkan plat b jakarta selatan mau dibalik nama ktp jakarta barat, perlu cabut berkaskah mas? terima kasih mas

    Suka

  53. Mas..mau tanya saya beli motor seken plat f ..tapi saya ktp depok..bagaimana cara balik nama tanpa calo..
    Saya dulu pernah kredit mtr baru mas..trus tidak saya lanjutkan..bagaimana yah caranya blokir pajak progresifnya..
    Terima kasih

    Suka

    1. Balik nama plat F Bogor ke B Depok, setahu saya :
      1. Ke Samsat Bogor cabut berkas
      2. Ke Samsat Depok masuk berkas dan balik nama STNK
      3. Ke Polda metro jaya, balik nama BPKB

      Blokir kendaraan lama datang saja ke Samsat, cek dan minta diblokir

      Suka

  54. mas triyanto yang baik hati,

    saya awal tahun kemaren beli mobil plat jakarta, jakarta utara pas nya dan saya mau balik nama dari jakarta utara ke jakarta timur. karena ktp saya jakarta timur. klo balik nama gini apakah plat nomor harus ganti ya mas.. pingin saya plat nomor gak ganti.. krn no polnya lumayan cantik.. makanya saya pinginnya gak mau ganti..

    apakah mungkin mas no pol gak ganti.. krn saya nanya sana sini jawabannya beda beda mas..

    terima kasih

    Suka

  55. Mas,maaf nih saya mau tanya dong..
    Byson saya kebetulan beli bekas dari orang Bekasi Kabupaten (platnya leter F). Nah saya mau balik nama sekalian mutasi ke depok. Sudah cek fisik dan lolos di samsat depok sini,tapi dijegal karena saya belum mutasi/cabut berkas dari samsat cikarang katanya. Kira-kira saya harus bawa motornya lagi gak ya kesana untuk di cek fisik? Terus kira-kira berapa lama ya prosesnya? Suwun mas…

    Suka

  56. Gimana jika pembuatan STNK baru untuk motor second namun hanya ada BPKB. Sedangkan ktp pemilik motor sebelumnya tidak ada. Udah dicari ternyata pemiliknya pindah? Ada solusi?

    Suka

    1. Utk pastinya, saya tidak paham. Setahu saya, syatus STNK harus jelas dulu, kalo hilang, harus ada surat kehilangan dan membuat pengumuman di media cetak (dulu begitu, kurang tahu sekarang)
      Coba langsung saja ke Samsat bagian informasi

      Suka

  57. Gan, urus bpkb gak bawa motor, cuma bawa stnk sama ket ambil bpkb dari samsat bisa gak?? soalnya motor dah di bandung.. perjalanan bandung ngawi pan jauh.. rencana mo pake Kreta aja.. trimakasih

    Suka

  58. Pagi Gan, ane pny motor hibah, jadi gak ad kuitansi pembelian. Buat sendiri aj ya pakai kuitansi biasa? Formatnta gimana y? Ane mo balik nama STNK. KTP pemilik motor sebelumnya dibutuhkan gak ya? Satu lagi, plat nomor depan tidak ada. Menurut agan apa saya urus plat dulu baru balik nama STNK?

    Suka

    1. 1. Bikin kwitansi sendiri, ga pakai formatlah, kan kwitansi tinggal ngisi doang, bikin di tukang fotokopi Samsat juga bisa
      2. KTP pemilik lama ga perlu
      3. Ga perlu, nanti tinggal tunjukan STNK baru ke loket plat nopol, nanti dibikinin, gratis

      Suka

  59. Gan mau nanya dong . Ane rencana mau beli motor second.
    Pertanyaan ane Klo mau balik nama BPKB+STNK apa harus ada KTP pemilik motor pertama ?
    Soalnya ane beli dari tangan ke 2 tapi KTP ga dikasih sama orang pertama nya .
    bisa ga gan di balik nama BPKB+STNK nya ? Makasihh

    Suka

  60. mas tri.. sy mau balik nama . untk stnk ktnya cukup ke samsat KOTA bogor(Plat F)krna msh 1 kotamadya… nah klo untuk balik nama BPKB hrus ke POLDA jabar dng ya.. ke bandung gt?

    Suka

  61. mas tri ppermisi kondisi ssaya pengen balik nama pajak 5 tahunan juga habis bulan ini nah posisi bpkb saya di bank minta pencerahannya bisa ga buat balik nama dan caranya bagaimana .mksih

    Suka

  62. mase kan saya mau balik nama motor ni tapi nama pemilik sebelomnya itu ayah sy sendiri dan beliau sudah almarhum nah jadi gimana ni apa kah harus pake kwitansi atau tidak untuk persaratannya ?…..
    ditunggu yaa mase jawabannya….
    makasih yooo……..

    Suka

      1. trimakasih atas jawaban sbelom’a…
        Maaf pak saya mau tanya lagi?kira” untuk estimasi biaya balik nama dan pajak telat 3thn + ganti plat itu kisaran brapa…dan proses nya brapa hari..trimakasih

        Suka

  63. Maaf pa’tri mau tanya?kmaren saya ngurus balik nama + pajak 3th dan ganti plat,saya beli motor second setelah saya urus itu motor ada masalah kena blokir pelanggaran lalulintas dan yg ingin saya tanyakan bisa gk ntuk diurus dan kira” itu pelanggaran apa ya pak?trimakasih…

    Suka

    1. Saya belum paham kasus Bapak, tapi dari yg saya pahami Kemungkinan pemilik sebelumnya pernah kena tilang, tapi tidak hadir di persidangan tilang atau tidak/belum bayar denda tilang. Itu adalah dasar pemblokiran data kendaraan
      Biasanya dari samsat atau polisi menginformasikan untuk memnuhi kewajiban atas tilang tersebut ke pemilik saat akan bayar pajak kendaraan.
      Coba Pak Edi tanya ke petugas samsat, kalo tidak ada info, berarti cukup repot krn mungkin harus lacak ke pemilik sebelumnya, pernah kena tilang di mana yg belum memnuhi kewajiban denda tilang ? Baru lacak ke polres/pengadilan wilayah tilang

      Suka

  64. permisi mas tri,
    numpang nanya, saya beli motor 2nd, dan rencana mau balik nama pake KTP tante saya. nah, perlu bawa surat kuasa atau tidak ? karena yang dating k kantor samsat itu adalah saya.
    terima kasih

    Disukai oleh 1 orang

      1. mohon info lagi mas
        tangan pertama motor saya ini, adalah motor ketiganya, berarti kena pajak progresif 3
        nah, tante saya ini jadinya motor pertama
        gmn perhitungannya ya mas kalo boleh tau ?

        Suka

  65. permisi pak saya mau tanya kendaraan saya plat B tp saya ktp kampung anggap sata tegal,nah saya mau balik nama atas nama sendiri tp tanpa di mutasi kedaerah cuma balik nma atas nma saya aja apakah bisa pak? mhon pencerahannya trimakasih

    Suka

  66. Mas,nanya dong,
    berkas mutasi keluar sudah selesai dengan data pemilik baru si A
    saat ke samsat tujuan pas mau mutasi masuk, bisakah diganti data pemilik si B ( masih satu KK )

    Suka

Tinggalkan komentar