Mencuci Helm Snail Supermoto (DIY)


Si Orange, helm Snail Supermoto sudah berumur 2 tahun, mungkin lebih dan belum pernah sengaja saya cuci. Jadi cuma pernah terpaksa kena air karena derasnya hujan, layaknya dicuci
Langkah dan cara cuci DIY (do it yourself) alais cuci dewek sangat mudah, yang penting siapkan pengering kalo tidak ada panas matahari.

image
Melepas busa helm

1. Copot busa lapisan dalam helm yang ditempel dengan kancing, tarik saja. Biasanya ada 3 bagian busa yang bisa dicopot, yaitu : 2 bagian busa pipi kanan kiri dan busa tengah mirip topi/kupluk layaknya peci.
2. Copot pet/kanopi dan visor/kaca utama. Saya belum mencoba melepas visor dalam.
3. Rendam 3 bagian busa dengan detergent beberap menit,

image
Awas lecet

4. Sambil menunggu rendaman busa, kita cuci kepala helm dan bagian lainnya, pet dan kaca. Siapkan alas agar helm tidak lecet.
5. Tiriskan kepala helm dengan menggantung/mencantolkan pada pengait, hindari pengait yang bisa merusak busa/sterofoam helm.

image
Air rendaman menghitam

6. Putar mesin cuci atau kucek rendaman busa helm jika dirasa waktu rendam sudah cukup merontokan debu dan daki yang menempel.
7. Selesai, peras busa dan bilas sampai bersih
8. Angkat kepala helm, letakan terbalik menggunakan ember kosong, jemur di terik matahari. Jika sedang hujan atau mendung, maka keringkan dengan:
a. bisa menggunakan lampu pijar 5-10 watt pada fitting duduk, letakan di bawah dalam helm (posiai helm telungkup), jangan sampai menempel busa atau sterofoam. Perkirakan jarak aman
b. Bisa juga mengggunakan lampu belajar pijar, posisi helm terbuka/dibalik, arahkan lampu belajar pada lobang kepala helm. Perhatikan jarak aman lampu dan helm, daya lampu jangan terlalu besar, menghindari busa/sterofoam terbakar.
9. Tiriskan/jemur 3 bagian busa helm dengan hanger baju. Posisikan sekuat mungkin agar tidak jatuh.

Saat pembilasan busa helm, sebaiknya gunakan pewangi. Murah dan mudah.(tri)

—————————-
Posted from WordPress for Android Wonder Roti Jahe

6 respons untuk ‘Mencuci Helm Snail Supermoto (DIY)

Tinggalkan komentar