Momok BB Torch Dan Tips Beli Spare Part HP


blackberry torch 9800Handheld Blacberry Torch 9800 yang mengadopsi slide up dan touch screen terkenal rentan rusak. Sekedar mengganti casing tidak sembarang orang berani melakukan. Hal ini karena kabel flexible Torch yang sangat sensitif. Kerusakan umum pada Torch 9800 yaitu

  • Keboard virtual tidak muncul
  • Touchscreen tidak berfungsi
  • Autorotate screen tidak berfungsi
  • LCD Screen BLANK
  • keyboard, Trackpad dan Keypad Menu tidak berfungsi
  • earphone mati

Bagi saya yang awam akan beranggapan bahwa kerusakan seperti di atas bisa diperbaiiki satu-satu.  Ternyata tidak (meskipun mungkin bisa) tapi semua bersumber dari flexible cable yang jelek/rusak dan jalan keluarnya harus ganti satu set. Bagi yang tlaten mungkin bisa mengganti sensor-sensor yang nempel di flexible, tapi amat susah karena jarang yang memiliki alat bongkar pasang micro spare part. (solder uap dan lainnya)

bongkar BB Torch 9800

Hal sama terjadi pada Handheld BB saya, BB seconhand adik saya ini juga rusak berawal dari penggantian casing. Beberapa bulan (mungkin minggu, saya lupa) setelah penggantian casing, handheld torch mulai ada keluhan. Akhirnya dibawa ke tukang servis, bebrapa kali error sampai diserahkan ke saya dalam keadaan tidak normal. Saya sempat ganti trackpad. Beberapa kali bongkar tanpa otodidak menyebabkan kerusakan flexible dan akhirnya coba bongkar ulang bebrapa kali sampai buntu di 2 baut terakhir, dengan panduan di Sini Alhamdulillah bisa dibongkar dan Flexible bisa dikletek.

Flexible BB Torch 9800

Langkah selanjutnya adalah membeli flexible ke toko spare part. Saya dianjurkan oleh kawan saya membawa serta Handheld BB yang sudah dibongkar untuk mengetes flexible di tempat pembelian, agar jika tidak berfungsi normal dapat ditukar langsung. Berikut tips (berlaku untuk semua spare part yang mungkin ditest tanpa merusak barang yang akan dibeli) jika pembaca ingin memperbaiki sendiri gadget kesayangan :

  1. Pastikan kerusakan gadget anda, efektif browsing di google
  2. Jika yakin bisa perbaiki sendiri, bongkar gadget anda, jangan sok tahu, tanya teman yang mungkin tahu jika di internet tidak ada informasi terkait.
  3. Jika sudah pasti kerusakan dan spare part yang dibutuhkan, bawa gadget anda ke toko spare part untuk pengetesan nantinya
  4. Sampaikan pada pemilik/pelayan toko bahwa anda akan menukar kembali barang yang anda beli jika tidak berfungsi normal, agar pelayan toko menyampaikan batasan-batasan barang yang bisa ditukar
  5. Batasan-batasannya biasanya, tidak terjadi bercak pada barang, lipatan, segel tertentu tidak rusak dan sebagainya
  6. Pilih dan minta acuan harga spare part yang berkwalitas ( di Cempaka Mas, harga yang ditawarkan untuk Flexible Torch beragam, 75ribu, 100 ribu, 175ribu dan 280ribu, saya ambil yang 100ribu dengan acuan banyak yang memakai barang tersebut, 3 hari sebelumnya di Roxi saya mendapat harga 68ribu dan 165ribu tapi saya belum yakin mampu memasangnya jadi saya batal membelinya)
  7. Pada kasus flexible Blackberry Torch 9800, perlu kerjasama orang lain, karena 2 tangan kita akan memegang bagian-bagian gadget yang belum dibaut, menghindari terlipatnya flexible.

Pada kasus ini, saya melakukan kesalahan, yaitu saat pengetesan flexible hanya berpatokan pada layar lcd menyala, tanpa mengetes fungsi lainnya. Setelah saya pasang dengan baut ternyata keypad tidak berfungsi, baik kebopard, trckpad maupun menu. Akhirnya saya harus bayar 2 kali, pada percobaan kedua, sebelum dibaut touchscreen berfungsi, tapi saat pemasangan selesai, ternyata tidak, autorotatescreen juga tidak berfungsi. Jadi jangan heran jika tukang servis membanderol perbaikan Torch dengan kisaran harga di atas 300ribu. Karena trial and error bisa berulang.

Penggantian Flexible yang kedua sudah tidak mungkin saya tukar, karena sudah terpasang sempurna, yang berarti sudah terlipat dan pasti meninggalkan bekas sertta segel yang disyaratkan sudah saya kletek mengakibatkan timbul bercak. Cukuplah, Layar sentuh dan autorotatescreen tidak begitu penting. (Tri)

39 respons untuk ‘Momok BB Torch Dan Tips Beli Spare Part HP

  1. sparepart BB emang mahal-mahal daripada harga sparepart n*k*a/ s*ms*ng,
    udah dibenerin sendiri aja masih terasa mahal.
    belum lama ini ane juga abis benerin bb Storm dan torch.
    Ganti lcd storm, lcd 2 macam, hijau dan kuning (tergantung di bbnya pake kuning atau hijau). Untungnya cuma kuning yang harganya 150rb, kalo yang hijau 250rb.
    Lalu di bb torch seperti punya juragan warung, penyakit umum, kena flexiblenya.
    Kalo di tempat ane pilihannya cuma tiga, made in korea(150rb), made in cina(100rb),dan made in mexico(300rb).
    Nah kalo cuma flexi hp n*k*a paling 15rb-50rb.
    Lcd juga antara 40rb-100rb.

    Suka

  2. Wah saya sudah 2 kali ganti fleksibel . Harga terlalu mahal di jombang di service 77 sekali ganti Rp625.000.katanya sih original. Baru Setahun ganti, 7 bln ganti lagi bayar Rp 600rb lagi . Wah kecewa dg BB 9800 ini .

    Suka

  3. Mas mau tny, kebetulan bb saya juga sama bermasalah dg fleksibelnya, kira2 kalau di ganti bukan di servis center (servis di luaran) punya mas bis tahan brp bln ya? mksh

    Suka

    1. Servis centre mungkin lebih mahal tapi lebih terjamin, servis di luar lebih murah tp ya resiko dapat barang yg kwalitas kurang.
      Servis sendiri dengan beli spare part sendiri juga perlu pengalaman. Lebih aman servis sama bengkel yang kita kenal baik, jadi resiko lebih minim dan komplain bisa segera diatasi

      Suka

      1. okey mas makasih atas infonya, akhirnya pilihan jatuh ke servis di tempat temen ajah, sekalian bisa maksa klo minta garansi hehehe

        Suka

  4. Mas Tri, makasih banget. Analisa dan keteangannya adalah persis di BlackBerry torch saya. Dulunya banyak yang bilang layarnya. Harganya kan mahal banget. Sekalai lagi makasih, sekarang sudah nge jos lagi. Lancar jaya

    Suka

Tinggalkan komentar